Rentetan judul film kesukaan, begitu membekas di hati dan pikiran setiap orang. Terlebih lagi kemampuan akting para aktor dan aktris yang tampil totalitas, sehingga membuat para penonton seperti benar-benar memasuki kehidupan karakter yang dilakoni.

Inilah akting. Ketika para pelaku seni memerani karakter tertentu, kamu tidak lagi melihat sosok selebriti atau figur publik yang kamu kenal melalui media. Ketika mereka bermain antagonis, kamu merasa muak. Ketika bermain sebagai protagonis, kamu kembali suka.

Eits, tahukah kamu? Kemampuan akting tidak hanya sebatas pada peran antagonis dan protagonis, maupun figuran. Sebaliknya, beberapa artis Hollywood kian menguji kemampuan akting mereka melalui ragam peran karakter beda gender. Siapa saja?

1. Angelina Jolie

8 Artis Hollywood yang Totalitas Memerankan Karakter Beda Genderiloveimages69.blogspot.com

Peran: Evelyn Salt | Karakter: Salt (2010)

Terlibat dalam film Salt (2010), aktris kenamaan Angelina Jolie memerani karakter Evelyn Salt yang merupakan pembunuh perempuan dari suatu organisasi asal Rusia. Namun, satu adegan mengharuskan dirinya tampil sebagai seorang pria dalam aksi penyamaran.

Untuk itu, Angelina Jolie mengubah dirinya dengan tampilan pria khas agen pemerintahan. Parasnya yang begitu anggun dan sempurna pun seketika berubah menjadi tampan dan bold.

2. Cate Blanchett

8 Artis Hollywood yang Totalitas Memerankan Karakter Beda Gendersbs.com.au

Peran: Jade Quinn | Karakter: I'm Not There (2007)

Mengangkat kisah bertemakan musik, Jade Quinn diperkenalkan dalam I'm Not There (2007) sebagai sosok musisi pria yang mewakili sisi Bob Dylan di era 60-an, dengan karisma yang refleksif dan filosofis. Karakter tersebut diperani oleh Cate Blanchett.

Dengan begitu, Cate Blanchett-pun jelas mengubah perawakannya menjadi sosok pria muda dan mengatur setiap gesture tubuhnya sebagaimana musisi pria di zaman tersebut.

3. Hilary Swank

8 Artis Hollywood yang Totalitas Memerankan Karakter Beda Genderzimbio.com

Peran: Brandon Teena | Karakter: Boys Don’t Cry (1999)

Terinpsirasi dari kisah nyata, Boys Don't Cry (1999) memperkenalkan sosok Brandon Teena yang dikenal sebagai seorang transeksual. Dalam kisah tersebut, Brandon mengalami pemerkosaan hingga akhirnya dibunuh secara tragis oleh teman laki-lakinya.

Hilary Swank yang memerani tokoh tersebut pun fokus pada pembawaan yang sangat sempurna hingga turut mengemas penampilannya sedemikian rupa. Termasuk memangkas rambutnya dan membentuk tubuhnya layaknya seorang pria.

4. Eddie Redmayne

8 Artis Hollywood yang Totalitas Memerankan Karakter Beda Genderlpmarena.com

Peran: Lili Elbe | Karakter: The Danish Girl (2015)

Mengambil latar di pertengahan tahun 1920-an di Denmark, The Danish Girl (2015) memperkenalkan kisah seorang Lili Elbe yang merupakan seorang transgender sekaligus salah satu penerima operasi penggantian jenis kelamin pertama yang teridentifikasi.

Dalam hal itu, Eddie Redmayne-pun ditantangan untuk dapat menunjukkan akting transisi dari seorang pria hingga akhinya masuk ke dalam tahap menemukan jati diri yang baru sebagai seorang perempuan. 

5. Adam Sandler

8 Artis Hollywood yang Totalitas Memerankan Karakter Beda Genderreddit.com

Peran: Jill Sadelstein | Karakter: Jake and Jill (2011)

Menonjolkan unsur komedi, Jake and Jill (2011) mengangkat kisah mengenai kehidupan saudara kembar lelaki dan perempuan yang saling bertolak belakang. Menariknya, keduanya dilakoni oleh Adam Sandler termasuk karakter Jill yang merupakan sosok perempuan.

Dalam memerani karakter Jill tersebut, Adam Sandler-pun harus menunjukkan sisi yang condong feminin serta tampil dengan segala atribut perempuan. 

6. Cillian Murphy

8 Artis Hollywood yang Totalitas Memerankan Karakter Beda Genderid.pinterest.com

Peran: Patrick 'Kitten' Braden | Karakter: Breakfast on Pluto (2005)

Dengan kombinasi genre komedi dan drama, Breakfast on Pluto (2005) mengisahkan kehidupan seorang perempuan transgender yang menyebut dirinya sendiri Patrick atau Kitten. Karakter ini pun diperani oleh Cillian Murphy yang menunjukkan totalitas dalam berakting.

Bagaimana tidak, Cilian Murphy harus menunjukkan penekanan terhadap transisi jati diri hingga mengubah penampilan dan gerak-gerik sebagai seorang perempuan transgender, dengan memahami setiap detail yang penting untuk dipelajari.

7. Amanda Bynes

8 Artis Hollywood yang Totalitas Memerankan Karakter Beda Genderit.wikipedia.org

Peran: Viola | Karakter: She's the Man (2006)

Ketika seorang siswi bernama Viola bertekad untuk mengikuti perlombaan sepakbola, ia pun memutuskan untuk menyusup masuk ke dalam sekolah pria dan menggantikan posisi saudara kembarnya. Di sana, Viola merubah penampilan sebagai siswa laki-laki.

Amanda Bynes memerani karakter Viola tersebut dalam She's the Man (2006). Setiap adegan yang mengharuskan transisi berakting sebagai perempuan dan laki-laki, bisa sangat menggemaskan.

8. John Travolta

8 Artis Hollywood yang Totalitas Memerankan Karakter Beda Gendershavoltron.moonfruit.com

Peran: Edna Turnbald | Karakter: Hairspray (2007)

Sebagaimana judulnya, Hairspray (2007) akan memperkenalkanmu pada ragam karakter dengan penampilan rambut yang mengesankan. Di antaranya adalah Edna Tumbled yang merupakan seorang ibu-ibu yang memiliki kesukaan terhadap musik.

Siapa sangka, karakter Edna Tumbled nyatanya diperani oleh aktor senior John Travolta yang terkenal dengan ragam perannya di film-film bertemakan action. 

Jadi, kamu paling terkesima dengan akting penuh totalitas siapa, nih?

Baca Juga: Totalitas Peran, 7 Artis Muslim Ini Berani Perankan Tokoh Beda Agama

Baca Juga: 9 Karakter di Drama Korea Populer yang Hampir Diperankan Aktris Lain

Baca Juga: 7 Aktris Terbaik dan Terburuk yang Pernah Memerankan Putri Diana