"Selamat tahun baru" bukanlah ungkapan yang terdengar sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pergantian tahun tidak mengindikasikan pandemi COVID-19 telah berakhir. Meski begitu, harapan baru terhadap hari yang lebih baik tetap ada.

Sebagaimana yang disebutkan oleh RM, anggota boyband BTS, "There are many sad days. But rather than sad days, we hope to make better days. That's what makes us live. That's what makes us dream." Apakah kamu setuju?

Untuk itulah, mari kita jangan berkecil hati dan tetap semangat untuk menjalani hari yang lebih baik melalui lima resolusi tahun baru di era pandemi berikut!

1. Memberikan ruang untuk sendiri

5 Resolusi Sederhana Tahun 2021 di Era PandemiPexels.com/Min An

Sebagaimana yang dijalani oleh seluruh penduduk dunia, social distancing tetap berlaku untuk kamu terapkan di tahun baru 2021. Itu artinya, kamu akan sekali lagi menghabiskan waktu dengan melakukan pembatasan diri terhadap kegiatan sosial dan kerumunan.

Memang, hal ini merupakan sesuatu yang cukup menantang. Akan tetapi, sadarkah kamu? Dalam waktu bersamaan, kamu diberikan kesempatan untuk memiliki ruang untuk dirimu sendiri. Entah dalam hal self-communication maupun memanjakan diri sendiri.

So, make sure, you set you own space for yourself!

2. Kesehatan mental melalui meditasi

5 Resolusi Sederhana Tahun 2021 di Era PandemiPexels.com/Andrea Piacquadio

Masa pandemi turut memberi dampak yang cukup signifikan terhadap kesehatan mental seseorang. Sehingga, meditasi dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi sekaligus menjaga kesehatan mentalmu.

Berdasarkan Headspace Guide to Meditation (2021), mediasi telah teruji secara medis untuk meningkatkan daya konsentrasi sekaligus mengatasi beberapa emosi negatif, seperti rasa cemas dan takut yang berlebihan. Tanpa terkecuali, meningkatkan rasa bahagia.

Untuk melakukannya, kamu dapat memulai dengan menutup mata, mendengar lagu intrumen yang merdu, menarik napas dan membuangnya selama beberapa menit.

3. Belajar hal baru dan hiburan baru

5 Resolusi Sederhana Tahun 2021 di Era PandemiPexels.com/Mann Quang

Menerapkan social distancing artinya mengharuskan kamu untuk menghabiskan waktu lebih lama di dalam rumah. Tentu, hal ini akan terbilang cukup menantang sebagaimana rumah menghadirkan nuansa yang cukup unmotivating untuk bekerja.

Akan tetapi, kamu dapat mendorong diri untuk tetap produktif dengan melakukan hal-hal baru yang meningkatkan semangat produktivitasmu. Sebagai contoh, bagaimana jika kamu belajar hal baru, seperti bahasa atau alat musik? It will be awesome, right?!

4. Setidaknya mensyukuri tiga hal

5 Resolusi Sederhana Tahun 2021 di Era Pandemiunsplash.com/ValentinaAleksandrovna

Tidak menutup fakta bahwa masa pandemi COVID-19 tampaknya membuat semua orang sulit untuk berupaya melihat hikmah di balik cobaan. Tentu, tidak adalah salahnya untuk meresapi emosi yang menyedihkan sebagaimana semua emosi adalah valid.

Akan tetapi, coba kamu membuka mata dan membangun kebiasaan untuk mensyukuri hal-hal kecil yang masih dimiliki. Berdasarkan Headspace Guide to Meditation (2021), kebiasaan tersebut merupakan bagian dari meditasi.

Dalam penjelasannya, kamu dapat melakukannya dengan memberi jeda waktu 30 detik untuk mensyukuri aktivitas yang hendak kamu lakukan. Atau bisa juga memulai hari atau mengakhiri hari dengan mengingat setidaknya tiga hal yang paling kamu syukuri.

Sebagai contoh, Popbela mensyukuri buku jurnal untuk menulis, playlist Spotify yang mewarnai hari, serta Cha Eun Woo dalam drakor True Beauty (2021) yang menyemangati. Bagaimana denganmu, Bela?

5. Membatasi penggunaan media sosial

5 Resolusi Sederhana Tahun 2021 di Era PandemiPexels.com/RF._.studio

Hidup di era modern sekarang ini, kamu tentu mengalami kemudahan dalam memperoleh informasi. Tidak hanya informasi seputar Indonesia maupun kehidupan di mancanegara, kamu pun dapat memperoleh beragam informasi dari kehidupan pribadi orang lain.

Apabila kamu merasakan beberapa efek negatif dari hal tersebut, kamu sebaiknya mengambil langkah untuk melakukan pembatasan media sosial. Bisa juga dengan memilah akun-akun yang sebaiknya kamu follow untuk masuk ke dalam feed media sosial.

Sekarang, kamu sudah nggak kebingungan lagi kan, mengenai resolusi tahun baru yang sebaiknya dijalani di masa pandemi COVID-19. Stay safe!

Baca Juga: Resolusi Berhenti Kecanduan Drama Korea, Lakukan 4 Hal Ini! 

Baca Juga: Hadapi 2021 dengan 11 Tips Wujudkan Resolusi Tahun Baru Realistis

Baca Juga: Masuki Tahun 2021 dengan Melantunkan Doa Ini