Perempuan sering mendapatkan stereotip galak, bawel, dan sering protes. Tapi, pernahkah orang-orang berpikir kalau itu karena perempuan sangat perhatian dengan detail dan mengetahui apa saja yang layak mereka dapatkan? Stereotip tersebut telah membuat banyak perempuan merasa bahwa dia nggak bisa jadi seperti apa yang dia inginkan. Kalau kamu selama ini merasa hidup bukan atas kendalimu, ayo ciptakan dirimu yang baru dengan menjadi girl boss lewat 5 cara ini.

1. Selalu coba untuk berkembang

Girl Power! Ini 5 Tips Menjadi Girl Boss di Usia Muda shutterstock.com/garetsworkshop

Kamu pasti memiliki mimpi yang tinggi dan ingin mewujudkan mimpi tersebut. Tapi, sering mengalami kegagalan dan terlalu memikirkan ucapan orang lain membuatmu merasa sulit untuk meraih mimpimu. Bukan cuma itu aja, kamu juga merasa telah melakukan banyak hal untuk meraih mimpimu tersebut. Bela, kamu perlu tahu bahwa mentalmu yang seperti itu malah membuatmu sulit untuk maju. Kegagalan adalah batu loncatan untuk menuju kesuksesan. Ketika kamu melalui kegagalan, kamu harus berpikir bahwa kamu semakin tinggi mencapai kesuksesan.

Tapi, kamu juga perlu mencari tahu apa yang membuatmu gagal dan jangan mengulangi cara yang sama. Cobalah untuk berkembang dengan mencoba hal-hal baru ya. Dalam proses ini, kamu perlu mengamati atau melakukan observasi sebelum mengejar mimpimu kembali.

2. Bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang

Girl Power! Ini 5 Tips Menjadi Girl Boss di Usia Muda shutterstock.com/garetsworkshop

Percaya nggak percaya, semangatmu akan muncul ketika lingkunganmu juga mendukung apa yang akan kamu kejar. Ketika kamu menemukan seseorang yang telah sukses di bidangnya dan kamu bertanya serta ingin belajar darinya, dia pasti akan senang hati menerimamu. Pengalaman yang selama ini nggak pernah kamu dapatkan akan bertambah jika kamu mulai bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang yang juga sama-sama sedang mengejar mimpi.

3. Jangan lupa untuk love yourself

Girl Power! Ini 5 Tips Menjadi Girl Boss di Usia Muda shutterstock.com/cookiestudio

Mencintai diri sendiri adalah hal paling utama karena ini merupakan bentuk penghargaan kepada dirimu sendiri. Jadi, ketika kamu memiliki kelemahan, kamu akan menerimanya dengan suka cita seperti menerima penghargaan. Cara yang paling tepat untuk menerima diri sendiri adalah dengan “sadar diri”. Bukan bermaksud merendahkan, tapi, sadar diri yang dimaksud adalah, kamu mengetahui apa yang kamu suka dan kamu butuhkan tanpa mendengarkan pendapat orang lain. Ketika kamu mengejar mimpi dirimu sendiri dan mengalami kegagalan, kamu tidak serta-merta kecewa lho. Hal ini jelas berbeda jika kamu mengejar mimpi orang lain untuk dirimu sendiri.

Ternyata hal ini sama dengan apa yang dilakukan oleh Siti Sarah Nur Ayiffa, seorang seller atau penjual di Lazada Indonesia. Merasa kurang cocok dengan environment dunia hukum, Siti Sarah yang pernah bekerja di startup hukum memutuskan ‘banting setir’ menekuni bisnis online retail yang menjual sepatu wanita. 

“Setelah resign, saya memutuskan untuk mulai mencoba usaha retail. Usaha ini dimulai dari kegemaran saya berbelanja online. Kini, saya telah memiliki label sendiri bernama Bebbishoes,” ungkap Sarah.

Ia merasa bekerja kantoran kurang cocok dengan dirinya. Secara psikologi, ia tidak dapat manage dan tak sesuai dengan idealisnya. Memang bukan hal mudah saat ia membangun Bebbishoes, kesabaran sangat diperlukan.

Girl Power! Ini 5 Tips Menjadi Girl Boss di Usia Muda Popbela.com/Lazada

Mencintai diri sendiri juga berdampak besar pada bisnis Janet Prasetio, seller di Lazada Indonesia dengan bisnis fashionnya yaitu Wearstatusquo. Industri fesyen yang identik dengan perempuan adalah gambaran dirinya. Perempuan muda, cantik, yang mengerti menampilkan diri. 

“Perempuan yang cantik adalah perempuan yang menarik, yang cinta pada dirinya sendiri,” jelasnya.

Wearstatusquo dipasarkan oleh dirinya lewat online bersama sahabat dan saudaranya. Janet tak berhenti belajar dalam mengelola lini fesyen ini. 

“Jangan mudah puas dan putus asa. Terus motivasi diri dan tim Anda untuk maju dan menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Membangun usaha tidak hanya membutuhkan niat saja kan Bela? Kedua sosok tersebut sebagai bukti bahwa hal utama meraih kesuksesan adalah mencintai diri sendiri dan mencintai apa yang dilakukannya. So, have you loved yourself, Bela?

4. Temukan passionmu dan kejar

Girl Power! Ini 5 Tips Menjadi Girl Boss di Usia Muda shutterstock.com/olesya yarmolyuk

Jelas, menjadi seorang girl boss berarti memiliki passion yang akan digeluti nantinya. Untuk membangun sebuah bisnis, kamu bukan hanya memilih berdasarkan apa yang sedang hot dan viral, tapi apa yang kamu sukai. Sama seperti Janet Prasetio, dia terlahir memiliki bakat seni, hal inilah yang membuat dirinya terjun di bidang seni terutama fashion. Jadi, ketika kamu telah menemukan passion-mu, kamu akan mengejar passion tersebut dengan suka cita dan penuh semangat. Nggak percaya? Coba sendiri!

5. Mandiri dan berempati tinggi

Girl Power! Ini 5 Tips Menjadi Girl Boss di Usia Muda shutterstock.com/deandrobot

Perempuan diciptakan dengan rasa empati tinggi dan mandiri. Hal ini jelas sangat menguntungkan bagi seorang perempuan untuk menjadi boss. Seorang perempuan akan melakukan sesuatu berdasarkan hati sehingga nggak merugikan banyak pihak. Malahan, bisa membantu orang lain lho. Dalam hal ini, sangat sejalan dengan pemikiran Siti Sarah yang becita-cita dapat membantu orang lain. Berbagi adalah hal yang indah, Bela. Ketika kamu sudah berbagi ke orang lain, rasa puas dan kebahagiaan kamu akan bertambah.

Itulah lima tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi girl boss di usia muda. Kamu jangan lagi berpikiran jika hanya laki-laki yang bisa berbisnis dan menjadi seorang boss ya. Laki-laki dan perempuan memiliki tanggung jawab yang sama, Bela. Seharusnya, kamu lebih berbangga karena perempuan selalu bertindak dengan hati, hal inilah yang jarang dimiliki oleh kamu laki-laki.

Nah, untuk mengapresiasi seluruh peran perempuan, Lazada menghadirkan Lazada Women’s Day dengan tema “New Women, New You” yang digelar dari 24 Mei 2019. Akan ada rangkaian promo hingga 80% produk fesyen dan kecantikan untuk semua perempuan hebat Indonesia.

Jadi, kamu jangan sampai ketinggalan ya untuk memborong produk-produk berkelas dari Lazada Women’s Day ini. Biar nggak lupa, kamu cukup klik di sini dan tinggal pilih-pilih aja deh. Selamat berbelanja perempuan hebat Indonesia!