Kegiatan bersepeda akhir-akhir ini kembali menjadi sebuah tren. Di tengah kondisi pandemi, banyak orang yang memilih untuk menggandrungi salah satu jenis olahraga kardio ini. Alhasil, penjualan sepeda pun ikut meningkat. Menurut catatan, permintaan akan sepeda meningkat gila-gilaan, di mana sejak bulan Juli permintaan tersebut melonjak hingga 30% dari biasanya.  

Salah satu jenis sepeda yang paling diminati oleh masyarakat ialah jenis sepeda gunung. Dari jenis sepeda tersebut, dua merek yang memimpin penjualan tertinggi ialah sepeda gunung dengan merek United dan Pacific. Kedua merek sepeda produksi Indonesia ini laris manis di pasaran lantaran memiliki kualitas sepeda yang baik dengan harga yang terjangkau. 

Nah, kedua merek sepeda tersebut sangat bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang sedang mencari sepeda gunung. Untuk kamu yang sedang bimbang memilih antara sepeda United atau Pacific, kamu enggak perlu bingung lagi. Berikut Popbela berikan perbandingan antara sepeda United dan Pacific beserta dengan kelebihan dan kekurangannya. 

Spek

Paling Dicari, Ini Perbandingan Sepeda Pacific VS UnitedDok. Internet

Berbicara mengenai spek, kedua merek ini mempunyai keunggulannya tersendiri dalam sistem pengereman. Sepeda Pacific unggul dengan fitur pengeremannya yang canggih. Sepeda yang diproduksi di Semarang ini menggunakan sistem hidrolik untuk pengeramannya, sehingga sangat cakram dalam mengeram ban bagian depan ataupun bagian belakang. Sistem hidrolik ini juga membuat pengguna sepeda hanya perlu mengerem dengan tekanan yang rendah untuk memberhentikan sepeda secara maksimal. 

Mirip dengan sepeda Pacific, sepeda United pun sudah menerapkan sistem pengeraman hidrolik. Kelebihan lainnya yang dipunyai sepeda United ialah dilengkapi dengan sistem saklar pengucian suspensi yang canggih. Sistem ini berguna untuk melakukan pengereman secara mendadak pada jalanan yang terjal.

Desain

Paling Dicari, Ini Perbandingan Sepeda Pacific VS UnitedDok.Internet

Sepeda Pacific memiliki desain dan warna yang beragam serta dilengkapi dengan sistem fork yang bagus. Salah satu contohnya bisa terlihat dari jenis sepeda Pacific Exotic 200. Sepeda elegan dengan kombinasi warna abu-abu muda dan hitam ini sudah dilengkapi dengan fork dari bahan zoom sehingga membuat penggunanya nyaman ketika mengendarai. Berbeda dengan Pacific, sepeda united tampak lebih monoton dengan desain dan warna yang terbatas. Selain itu, pada beberapa tipe sepeda United, hanya memiliki satu gear. Keberadaan gear tunggal tersebut membuat sepeda tidak bisa digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh karena akan membuat penggayuh sepeda merasakan lelah yang luar biasa.

Harga

Paling Dicari, Ini Perbandingan Sepeda Pacific VS UnitedDok.Internet

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kedua sepeda ini memang dibandrol dengan harga yang standar dan bisa dibilang murah dari kebanyakan merek sepeda lainnya. Sepeda Pacific ranzline 600 misalnya, dibandrol dengan rentang harga Rp2,8 juta, yang menggunakan fork depan dari Suntour dengan grupset Alivio. Sepeda Pacific juga memiliki distrubusi yang merata bahkan sampai ke pelosok desa. Sama halnya dengan sepeda Pacific, sepeda United, yang berpengalaman lebih dari 50 tahun, pun juga dibandrol dengan harga yang standar dan relatif murah.

Itulah perbandingan Sepeda Pacific dan United. Jadi, pilihanmu akan jatuh ke mana, Bela? Sepeda Pacific atau United?

Baca Juga: Bersepeda Aman di Tengah Pandemi, Amankah?

Baca Juga: Awas, Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Membeli Sepeda Lipat

Baca Juga: Dari Rp1 Jutaan, Ini Daftar Lengkap Harga Sepeda Lipat Terbaru 2020