Haters gonna hate, tapi bagaimana kalau dia muncul di tempat kerja yang harusnya memberikan kenyamanan untukmu? Begitu kamu memiliki haters, entah itu dari pihak atasan atau rekan kerjamu sendiri, apa pun yang kamu kerjakan bisa jadi salah di mata mereka. Lalu bagaimana seharusnya kamu menghadapinya? Yuk, kita simak berikut ini.

1. Punya Haters di Tempat Kerja? Hadapi dengan Cara Ini

Face to face memang bukan keputusan yang mudah untuk dijalani, kamu butuh keberanian dan mengendalikan emosi yang baik agar tidak memperkeruh suasana tidak nyaman yang sedang kamu hadapi. Pastikan kamu sudah siap untuk menghadapi si haters secara langsung sebelum kamu melakukannya.

2. Punya Haters di Tempat Kerja? Hadapi dengan Cara Ini

Jangan pedulikan kecemburuan dan kebencian mereka, hindari interaksi langsung dengan haters dan lakukan hal-hal yang lebih bermanfaat. Pokoknya selama kamu tidak ada urusan dengan mereka, jangan mencari-cari perkara. 

3. Punya Haters di Tempat Kerja? Hadapi dengan Cara Ini

Buktikan bahwa kamu tetap bisa bekerja dengan sangat baik dan profesional walaupun mereka membencimu. Tapi jangan menunjukkan sisi arogan dan kesombongan tentang hasil kerjamu. Ini hanya akan memperkeruh suasana saja bagimu. Ingat, tujuanmu berkarya adalah untuk mengembangkan diri, bukan untuk mengesankan orang lain. 

4. Punya Haters di Tempat Kerja? Hadapi dengan Cara Ini

Tidak akan ada asap kalau tidak ada api. Maka tak ada salahnya kalau kamu juga berintrospeksi diri, mungkin saja ada hal-hal yang tidak benar dan belum kamu sadari sepenuhnya. Coba lihat kemungkinan-kemungkinan itu. Mungkin kamu pernah menyakiti hati mereka atau berbuat sesuatu yang kelewat batas. 

5. Punya Haters di Tempat Kerja? Hadapi dengan Cara Ini

Salah satu cara terbaik untuk melecutkan diri adalah dengan mengubah energi negatif dari orang lain menjadi energi positif yang mendorong kita untuk menjadi lebih baik. Kamu harus mencari sisi positif dari setiap kalimat negatif yang mereka lontarkan!

6. Punya Haters di Tempat Kerja? Hadapi dengan Cara Ini

Menjalani masa-masa sulit dengan mengandalkan diri sendiri bisa membuatmu stres dan depresi. Jika ada orang-orang terpercaya yang mau mmendengarkanmu, kenapa tidak menjadikan mereka teman untuk bercerita? Siapa tahu mereka juga bisa menawarkan solusi yang cemerlang untuk masalahmu ini. 

7. Punya Haters di Tempat Kerja? Hadapi dengan Cara Ini

Membantu para haters? Tidak salah? Iya, sama sekali tidak salah. Membantu orang yang membencimu adalah cara terbaik untuk "membunuh" kebencian itu sendiri. Api tak akan bisa dilawan dengan api, jadi padamkan kebenciannya dengan perbuatan baikmu. Jika tak percaya, kamu harus mencobanya hari ini! 

Bagaimana, Bela? Sudah tidak galau lagi kan saat harus menghadapi haters di tempat kerja? Jangan biarkan pembencimu menang dengan merasa down. Kamu jauh lebih berharga dari apa mereka katakan, Bela!

 

BACA JUGA: Jangan Jadi Orang yang Membosankan, Kenali Tandanya