Sudah nyamankan kamu dengan pekerjaanmu saat ini? Hidup terlalu singkat untuk dihabiskan melakukan sesuatu yang tidak kamu suka. Jika pekerjaanmu sekarang tidak membuatmu nyaman, mungkin sudah saatnya kamu mundur dan memulai bisnismu sendiri, menjadi bos untuk dirimu sendiri. Kamu masih muda dan selagi bisa, kamu sebaiknya mengikuti keinginanmu. Tak perlu takut gagal atau semacamnya, karena pada dasarnya kita semua memiliki kemampuan dan potensi untuk membangun sebuah bisnis, kamu saja yang belum menyadarinya.
 
Jika kamu berpikir memulai bisnis itu akan sulit karena kamu masih membutuhkan uang yang 'pasti' untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Popbela.com akan membantumu menunjukkan tahapan bagaimana cara membangun bisnis meskipun kamu masih bekerja full time.
 

Ingin Membuka Bisnis Tapi Masih Sibuk Kerja? Terapkan 5 Cara Ini

Salah satu alasan kenapa sebuah bisnis gagal biasanya karena tidak ada modal untuk mendorong perkembangan bisnis tersebut. Bagi pemula mengupayakan pinjaman di awal bisnis adalah sesuatu yang sulit. Akhirnya banyak orang mengandalkan dana pribadi, teman, dan keluarga. Mengurangi biaya hidup adalah salah satu cara yang sangat dibutuhkan untuk mengatur sumber keuangan pribadi. Membatasi biaya hidup artinya kamu hanya menggunakan uangmu untuk apa yang kamu butuhkan apa bukan yang kamu inginkan.
 

Ingin Membuka Bisnis Tapi Masih Sibuk Kerja? Terapkan 5 Cara Ini

 
Kamu hanya punya waktu 24 jam sama seperti orang yang lainnya. Bagaimana kamu menggunakannya sangat menentukan kesuksesan bisnismu. Sebelum memulai bisnis, kamu harus sudah yakin bisa meluangkan paling tidak 2-3 jam per hari untuk menjalankan bisnis tersebut. Sesibuk apapun kamu pasti ada waktu yang bisa kamu sisihkan jika manajemen waktumu baik.
 

Ingin Membuka Bisnis Tapi Masih Sibuk Kerja? Terapkan 5 Cara Ini

 
Kamu dan bisnismu harus memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Untuk menentukan tujuan para pebisnis biasanya menggunakan sistem SMART: Spesific, Measureable, Achieveable, Realistic, Time-bound. Kalau tujuanmu sudah memenuhi kelima hal tersebut berarti bisnis kamu sudah siap diluncurkan.
 

Ingin Membuka Bisnis Tapi Masih Sibuk Kerja? Terapkan 5 Cara Ini

Kamu butuh banyak sekali pengetahuan tentang bisnismu. Tapi pastikan kamu tidak membuang uang dan waktumu untuk mempelajari pengetahuan itu. Kamu bisa gunakan analisis SWOT: Strengths, Weakness, Opportunities, Threats. Ketika kamu sudah mengetahui semua komponen dalam bisnismu, kamu akan lebih mudah untuk mengambil keputusan.
 

Ingin Membuka Bisnis Tapi Masih Sibuk Kerja? Terapkan 5 Cara Ini

 
Kalau kamu merasa punya ide bisnis yang bagus, ini saatnya untuk meluncurkan itu dan memperkenalkannya pada dunia. Ceritakan dan tunjukkan pada teman, keluarga, rekan kerja, dan bahkan orang asing yang kamu temui. Jangan takut ide bisnismu akan ditiru oleh orang lain karena kalau kamu benar-benar berkomitmen, bisnismu pasti akan tetap maju. Kalau bisa dipatenkan akan lebih bagus.

Ingat Bela, setiap hari tidak akan sama saat kamu sudah memulai bisnis, kadang bisnismu akan bagus, kadang juga tidak. Yang perlu kamu lakukan adalah merencanakan dan berkomitmen penuh pada bisnismu. Semangat berbisnis ya Bela!
 
 

BACA JUGA: Bagi Kamu yang Sudah Bekerja dan Ingin Memulai Bisnis, Simak 3 Tips Ini!