10 Rekomendasi Ice Breaker yang Seru

10 Rekomendasi Ice Breaking Online yang Seru!

Tingkatkan team bonding dengan games ice breaking ini!

10 Rekomendasi Ice Breaking Online yang Seru!

Membangun suatu tim yang baik dan dinamis, diperlukan adaptasi untuk saling bekerja sama dengan baik. Dari kondisi tersebut, diperlukan ice breaker atau hal yang dilakukan untuk mencairkan suasana. Salah satunya adalah lewat permainan.

Dalam artikel ini, Popbela berikan 10 rekomendasi permainan yang bisa menjadi ice breaking seru dan bisa kamu coba dengan teman ataupun rekan kerjamu secara online maupun tatap muka. Simak selengkapnya berikut ini, ya!

1. Trivia quiz

10 Rekomendasi Ice Breaking Online yang Seru!TriviaNerd

Kuis trivia rasanya sudah menjadi permainan ice breaking andalan tiap orang. Kamu dan teman-temanmu berlomba-lomba untuk menjawab seluruh pertanyaan dengan cepat. Kuis trivia begitu mudah dilakukan dan tidak akan pernah ketinggalan zaman. Ada banyak topik pertanyaan trivia yang bisa kamu buat, seperti pengetahuan umum, dunia hiburan, atau bahkan fakta unik dari lingkungan pertemanan dan pekerjaanmu.

So, apa kamu mau mencoba buat trivia quiz? Sekarang ini, sudah banyak platform pembuat kuis trivia yang bisa kamu pakai, di antaranya Kahoot!, Quizziz, TriviaNerd, dan masih banyak lagi.

2. Tebak nama figur publik

10 Rekomendasi Ice Breaking Online yang Seru!youtube.com/TonightShowNet

Kalau kamu pernah menonton salah satu sesi ini di program acara Tonight Show, pasti kamu tidak asing dengan konsep permainan ini. Ya, permainan ini meminta kamu untuk menebak nama figur publik berdasarkan foto-foto yang tersedia oleh pemimpin games. Seperti pada foto di atas, terdapat foto jeruk limau dan lambang jempol ke bawah—yang bermakna jelek atau buruk. Nah, bisa disimpulkan bahwa jawabannya adalah Limbad.

Begitu juga dengan tebakan selanjutnya yang jawabannya adalah Olla Ramlan, yakni karakter Olaf dari film animasi Frozen dan ilustrasi meramal dengan tangan. Permainan satu ini cukup unik sekaligus menantang, apalagi kamu mendiskusikan jawabannya bersama teman satu timmu yang berambisi untuk menang.

3. Sambung kata

10 Rekomendasi Ice Breaking Online yang Seru!freepik.com/pikisuperstar

Permainan sambung kata mengharuskan kamu bersama temanmu untuk membuat kalimat dari paduan kata setiap orangnya. Seseorang harus menyebutkan satu kata terlebih dahulu untuk memulai permainannya, kemudian orang selanjutnya harus menyebutkan kata sebelumnya dan mengeluarkan satu kata baru lagi agar membentuk kalimat yang padu. Jika ada yang lupa dengan kata sebelumnya atau kata yang terucap tidak logis, maka orang tersebut yang akan mendapat hukuman.

Permainan ini bisa melatih konsentrasi pertemanan dan timmu serta daya ingat setiap pemain, lho!

4. When we go to somewhere

10 Rekomendasi Ice Breaking Online yang Seru!freepik.com/pch.vector

Masih memiliki konsep yang sama dengan permainan sebelumnya, namun ide ice breaker yang satu ini cukup berbeda dan perlu memakai daya ingatmu. Permainan when we go to somewhere ini berasal dari salah satu acara varietas Korea yang juga melakukan hal yang sama, tetapi dengan sebutan eodie gamyon. Permainan ini awalnya harus menentukan suatu tempat yang akan menjadi topiknya, misalnya kantor.

Cara bermainnya adalah setiap orang harus menyebutkan satu benda yang ada di kantor sekaligus memperagakannya. Contohnya, "When we go to the office, there is a tree." sembari memperagakan bentuk pohon. Kemudian, orang selanjutnya juga menyebutkan kalimat sebelumnya, lalu menambahkan dengan pilihan bendanya, "When we go to the office, there's a tree, and air conditioner," seraya menggerakan bagaimana AC berfungsi. Jika ada yang salah memperagakannya, berarti orang tersebut kalah dari permainan.

5. Lipat-robek kertas

10 Rekomendasi Ice Breaking Online yang Seru!freepik.com/pch.vector

Dalam memainkan lipat-robek kertas ini, kamu hanya menggunakan kertas origami ataupun kertas bekas. Di sini, kamu bersama teman-temanmu akan terbagi dalam beberapa kelompok. Satu kelompoknya harus ada yang melakukan lipat-robek kertasnya, dan yang lain bertugas untuk menebak apa yang orang tersebut buat. Berilah waktu lima menit untuk membuat suatu bentuk dari kertas tersebut sesuai keyword yang ia dapat dari pemimpin permainan.

Mudah, kan? Namun, teman-temanmu harus berusaha secepat mungkin untuk menebak apa yang kamu buat sebelum waktunya habis. Kalau kamu mendapatkan keyword gajah, maka bagaimana kamu akan membentuknya dari kertas-kertas itu? Ingat, kamu hanya boleh melipat atau merobeknya, ya.

6. Bos berkata

10 Rekomendasi Ice Breaking Online yang Seru!freepik.com/tirachardz

Contoh ice breaking yang bisa dilakukan secara online adalah permainan melatih setiap orang untuk menyimak dan berkonsentrasi terhadap pemberi perintah. Permainan bos berkata hanya membutuhkan satu orang yang berperan sebagai Bos. Setiap pemain harus mengikuti perintah dari ucapan Bos jika di awal kalimat terdapat kata 'Bos berkata'. Misalnya, ada perintah, "Bos berkata pegang telinga," maka setiap pemain harus memegang telinganya masing-masing.

Jika di awal perintah tidak ada kata 'Bos berkata', pemain pun tidak perlu melakukan arahan tersebut.

7. Tebak kata kunci

10 Rekomendasi Ice Breaking Online yang Seru!youtube.com/SCTV

Apakah kamu masih mengingat acara Indonesia Pintar, yang menghadirkan anak-anak perwakilan sekolahnya dan berlomba menebak kata kunci seperti pada foto di atas? Konsep permainannya juga sama, di sini hanya membutuhkan satu penebak dan penentu jawaban dengan mengucapkan, "Ya, bisa jadi," atau "Bukan,". Sang penebak harus terus mengucapkan kata-kata yang berkaitan sebelum waktunya habis hingga sesuai dengan keyword yang ia dapat.

Si penentu jawaban juga perlu cepat memahami perkataan dari sang penebak, apakah sesuai dengan kata kunci ataupun berbeda jauh. Permainan ini begitu menguras otak apalagi waktu juga terus berjalan. Namun, permainan menantang ini melatih berpikir kritis dan juga bonding antar sesama, seakan kamu memberikan telepati kepada temanmu.

8. Menghitung hari

10 Rekomendasi Ice Breaking Online yang Seru!freepik.com

Permainan satu ini lumayan tricky karena ada kaitannya dengan hitung-hitungan. Kamu perlu fokus terhadap tujuh hari yang ada di kalender, yakni Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Jika kamu mendapatkan pertanyaan, seperti "2+2 itu 4, 4+3 itu 7, kalau 7+3 berapa?", mungkin kamu akan menjawab sepuluh, namun rupanya itu salah, ya.

Fokus terhadap tujuh hari yang ada di kalender. Hal ini berarti setelah Minggu, kembali lagi ke Senin. Maksudnya, setelah angka 7 maka kembali lagi ke 1. Mengingat clue-nya adalah "menghitung hari", maka 7+3 seharusnya jawabannya 3 karena setelah angka 7 kembali lagi ke angka 1-2-3, dengan kata lain Senin-Selasa-Rabu.

9. Hitung mundur

10 Rekomendasi Ice Breaking Online yang Seru!freepik.com/tirachardz

Masih mengusung konsep hitung-hitungan, permainan ice breaking satu ini berfokus pada clue "hitung mundur". Misalnya, kamu dihadapi dengan pertanyaan, seperti "Ibu pergi ke pasar membeli 3 barang, yang pertama beli Tas, kedua Dompet, lalu yang ketiga beli apa?", kamu dapat menyebutkan barang dengan awalan huruf ketiga angka tersebut.

Jadi, kamu menjawabnya dengan huruf pertama angka 3, yaitu T (Tas), huruf pertama angka 2, yaitu D (Dompet), dan huruf pertama angka 1, yaitu S (barang apapun yang berawalan huruf "S").

10. Tebak gaya

10 Rekomendasi Ice Breaking Online yang Seru!freepik.com/benzoix

Contoh ice breaking online terakhir, adalah permainan satu ini membuatmu harus menebak sesuatu berdasarkan gaya atau gerakan si peraga. Kalau kamu mendapatkan perintah untuk memperagakan ular memakai sarung, bagaimana kamu melakukannya? Di satu sisi, kamu bisa mempersiapkan perintah yang unik atau sedikit nyeleneh agar permainan tebak gaya berlangsung menarik. Hal ini biasanya terjadi karena setiap orang memperagakannya tidak sesuai dengan gerakan awal, alhasil jawabannya jadi tidak karuan.

Itulah deretan 10 rekomendasi permainan ice breaking yang seru dan bisa kamu coba dengan teman ataupun rekan kerjamu secara online maupun tatap muka. Kamu tertarik mencoba yang mana, Bela?

Baca Juga: Dijamin Seru, Inilah 5 Games Tahun Baru Kalau Berkumpul di Rumah Saja

Baca Juga: Hati-hati, 6 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menurunkan Daya Ingatmu

Baca Juga: 5 Tips Membangun Pertemanan dengan Rekan Kerja di Kantor

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Jangan Tinggalkan Salat, Ini Niat dan Tata Cara Salat Jamak Taqdim

Jangan Tinggalkan Salat, Ini Niat dan Tata Cara Salat Jamak Taqdim

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Working Life

Guinness World Records Sebut Lisa BLACKPINK Cetak 3 Rekor Dunia!

Guinness World Records Sebut Lisa BLACKPINK Cetak 3 Rekor Dunia!