Basa-basi atau small talk, adalah sebuah percakapan kecil yang diyakini membawa pengaruh besar dalam komunikasi antara dua orang atau lebih. Dari percakapan berupa pertanyaan seputar cuaca, dapat berujung menjadi membangun koneksi yang bermanfaat.

Namun sayangnya, nggak semua orang bisa berbasa-basi, terlebih pada orang asing. Bukan karena introvert, hanya mereka nggak tertarik berbicara hal sederhana bersama orang lain. Kamu salah satunya, Bela? Jika ya, situasi seperti ini pasti akan terasa sulit untukmu.

1. Diajak bicara dengan orang asing saat dalam lift

7 Situasi Canggung yang Hanya Dipahami oleh Orang yang Nggak Suka Basa-Basileedsinspired.co.uk

Mengutip Elite Daily, besar kemungkinan kamu akan selalu berada dalam satu lift bersama orang asing setiap harinya. Situasi di mana hanya kamu berdua dengan orang asing yang tiba-tiba berbicara sendiri, seolah sedang mengajakmu sebagai lawan bicaranya, menjadi momen yang sangat menyulitkan untukmu. Rasanya, ingin segera sampai lantai tujuan!

2. Karaoke di mobil bersama teman

7 Situasi Canggung yang Hanya Dipahami oleh Orang yang Nggak Suka Basa-Basibbcamerica.com

Karaoke di mobil atau carpooling memang sangat menyenangkan. Namun nggak ada yang lebih buruk daripada teman-teman yang berada dalam mobil memutar musik yang kurang kamu suka dan chatting hal-hal sepele. Nggak nyaman dan terlalu ramai.

3. Mendapat pertanyaan soal cuaca dari orang asing

7 Situasi Canggung yang Hanya Dipahami oleh Orang yang Nggak Suka Basa-Basiunsplash.com/Jonathan Bowers

Mungkin kamu bertanya dalam hati, "Apa serunya membahas cuaca hari ini?", "Mengapa harus bertanya soal langit kemarin sore?" Namun faktanya, banyak orang mengangkat hal ini sebagai topik basa-basi untuk bisa berbicara dengan orang asing di sekitarnya. Mungkin kamu merasa nggak nyaman atau terheran, tapi coba balas dengan anggukan pelan. Setidaknya, kamu memberi sedikit respon pada orang asing itu.

4. Satu meja bersama rekan kerja yang cerewet

7 Situasi Canggung yang Hanya Dipahami oleh Orang yang Nggak Suka Basa-Basi unsplash.com/Corinne Kutz

Halangan terbesar untuk menyelesaikan tugas kantor adalah saat kamu duduk satu meja dengan teman yang cerewet. Ia nggak akan berhenti berbicara apapun yang ada dalam pikirannya, tanpa menyadari jika kamu sudah menunjukkan wajah lelah untuk terus mendengarnya. Duh, pekerjaan nggak akan bisa beres sebelum jam pulang kerja, nih!

5. Menghabiskan waktu dengan saudara jauh

7 Situasi Canggung yang Hanya Dipahami oleh Orang yang Nggak Suka Basa-Basiunsplash.com/Matheus Ferrero

Jujur saja, bertemu dan menghabiskan waktu bersama saudara jauh adalah hal yang ingin kamu hindari, 'kan? Meski keluarga, kamu nggak pernah bertatap muka dan berinteraksi dengannya. Kamu tahu jika mereka rindu, namun situasi ini sangat berat untukmu yang nggak suka basa-basi. Jika memang harus, coba ajak saudara kandung atau orangtua untuk menemanimu.

6. Bertemu dengan teman dari temanmu

7 Situasi Canggung yang Hanya Dipahami oleh Orang yang Nggak Suka Basa-Basiunsplash.com/Helena Lopes

Membangun jaringan memang sangat bermanfaat dan menyenangkan. Namun lagi-lagi bagi orang yang nggak suka basa-basi, ini menjadi hal yang sangat menantang. Terlebih ketika harus bertemu dengan teman dari temanmu dan berkenalan dengannya berdua saja. Rasanya canggung! Ajak teman yang ingin memperkenalkanmu dengan orang itu, dan pesan kopi untuk mencairkan suasana.

7. Meladeni orang asing di kafe atau bar

7 Situasi Canggung yang Hanya Dipahami oleh Orang yang Nggak Suka Basa-Basiunsplash.com/Paloma A.

Sendiri di kafe maupun bar memang bisa sangat membosankan. Namun situasi itu akan terasa lebih baik bila dibandingkan dengan ditemani orang asing secara tiba-tiba. Ia duduk di hadapanmu, mengajak berkenalan, dan menceritakan kisah hidupnya. Hmm, rasanya ingin segera pamit pergi dari tempat ini.

Nggak semua orang menganggap kalau small talk itu mudah dilakukan dan menyenangkan.  Tapi, nggak ada salahnya untuk belajar melakukan itu, Bela.

BACA JUGA: Ayo Tambah Teman dan Kuasai Seni Berbasa-basi dengan 10 Langkah Mudah Ini​