Awal tahun 2018 netizen dihebohkan dengan kabar penangkapan aktris Jennifer Dunn karena terciduk memesan narkoba. Pemberitaan ini menambah panjang daftar artis yang mengonsumsi obat-obat terlarang itu. Bahkan dilansir dari beberapa media, ini kali ketiga wanita dengan sapaan Jedun ditangkap polisi. Sebelumnya, sudah ada beberapa artis yang telah lebih dahulu diciduk karena ketahuan memakai narkoba di sepanjang tahun 2017 yang lalu. Siapa saja dan bagaimana kabar mereka sekarang, ya?

1. Marcello Tahitoe

Sebelum Jennifer Dunn, Ini 10 Artis yang Tersandung Kasus Narkoba Pada Tahun 2017instagram.com/marcello_tahitoe

Penyanyi berperawakan brewok ini ditangkap sekitar bulan Agustus 2017 dengan dugaan kepemilikan ganja. Marcello atau yang akrab disapa Ello diketahui menggunakan obat terlarang ini untuk dikonsumsi sendiri. Ia kini telah menerima vonis satu tahun penjara, namun sebelumnya telah menjalani masa rehabilitasi sembari berkarya. Di sisi lain, kekasihnya, Aurelie Moeremans, setia menyemangatinya.

2. Andika "The Titans"

Sebelum Jennifer Dunn, Ini 10 Artis yang Tersandung Kasus Narkoba Pada Tahun 2017instagram.com/andikathetitans

Pianis band The Titans ini ditangkap sekitar bulan Maret 2017 karena memiliki narkoba. Dalam pengakuannya, pria dengan nama lengkap Andika Naliputra ini mengonsumsi narkoba sebagai sebuah kebutuhan untuk mencari ketenangan. Ia telah menjalani hukuman penjara selama 8 bulan, namun telah bebas pada bulan Agustus 2017 lalu. Kini, ia bersama band-nya tengah mempersiapkan diri untuk menemui para fans mereka dengan karya terbaik.

3. Ridho Rhoma

Sebelum Jennifer Dunn, Ini 10 Artis yang Tersandung Kasus Narkoba Pada Tahun 2017instagram.com/ridho_rhoma

Di bulan Maret 2017 lalu juga, Ridho Rhoma turut ditangkap atas kepemilikan narkoba jenis sabu. Menurut sang ayah, Rhoma Irama, Ridho mengonsumsi benda itu lantaran ingin menguruskan badan. Ia harus mendekam di bui selama 10 bulan dan rehabilitasi. Menariknya, anak dari Raja Dangdut ini siap menjadi duta narkoba setelah bebas nanti agar generasi muda nggak terjerat seperti dirinya.

4. Iwa K

Sebelum Jennifer Dunn, Ini 10 Artis yang Tersandung Kasus Narkoba Pada Tahun 2017instagram.com/iwaktherockfish

Rapper ini diboyong ke kantor polisi setelah ketahuan membawa beberapa linting ganja ke bandara Soekarno-Hatta pada bulan April 2017. Kasus ini membuatnya terancam hukuman penjara selama 12 tahun. Namun beruntungnya, Iwa hanya menjalani masa buinya dalam hitungan bulan. Ia telah bebas pada awal Novemeber 2017 dan baru saja manggung di penghujung Desember lalu di salah satu kafe Jakarta Selatan.

5. Ammar Zoni

Sebelum Jennifer Dunn, Ini 10 Artis yang Tersandung Kasus Narkoba Pada Tahun 2017instagram.com/ammarzoni

Pesinetron tampan ini ditangkap setelah ketahuan mengonsumsi dua jenis narkoba pada bulan Juli 2017. Karena kasus ini, kekasih dari Ranty Maria harus didepak dari sinetron yang ia jalani saat itu, Anak Langit. Menurut sang ayah, Ammar mengonsumsi narkotika sebagai relaksasi karena sulit tidur. Hakim menjatuhi hukuman satu tahun penjara, namun aktor berusia 24 tahun ini melanjutkan masa hukumannya di panti rehabilitasi.

6. Pretty Asmara

Sebelum Jennifer Dunn, Ini 10 Artis yang Tersandung Kasus Narkoba Pada Tahun 2017instagram.com/prettyasmara

Pesinetron yang namanya melambung sejak sinetron lawas Saras 008 ini diciduk atas kepemilikan dan pengedaran narkotika ke kalangan artis pada bulan Juli 2017. Vonis masih belum dijatuhkan, namun ia telah mendekam di bui selama sekitar 6 bulan. Kabarnya, suasana penjara yang kurang nyaman membuatnya kehilangan berat badan sebanyak 21 kg!

7. Axel Matthew Thomas

Sebelum Jennifer Dunn, Ini 10 Artis yang Tersandung Kasus Narkoba Pada Tahun 2017instagram.com/axelmatthewthomas

Putra dari aktor kawakan Jeremy Thomas juga tersandung kasus narkoba dengan penangkapan penuh drama pada pertengahan tahun 2017 lalu. Kabarnya, Axel memesan salah satu jenis narkoba dari luar negeri lantaran ingin mencobanya. Hakim kemudian menjatuhi vonis penjara selama 4 bulan. Kini, Axel telah kembali ke London untuk bersekolah sekaligus mengembalikan kondisi mentalnya. Baru-baru ini, ia liburan bersama keluarga dan Pevita, loh!

8. Tora Sudiro

Sebelum Jennifer Dunn, Ini 10 Artis yang Tersandung Kasus Narkoba Pada Tahun 2017instagram.com/t_orasudi_ro

Pada bulan Agustus 2017, suami-istri Tora Sudiro dan Mieke Amalia dicudik polisi atas pemakaian narkoba jenis dumolid. Keduanya sama sekali nggak tahu jika obat itu adalah narkotika sebab mereka mengonsumsinya sebagai obat penenang. Menurut hukum yang berlaku, ia bisa dikenai hukuman 5 tahun penjara dan denda sebesar 100 juta rupiah. Namun selang sepuluh hari dari penangkapan, ia menerima penangguhan penahanan dan telah kembali pada keluarganya. Namun, ia masih harus menjalani rehabilitasi.

9. Rio Reifan

Sebelum Jennifer Dunn, Ini 10 Artis yang Tersandung Kasus Narkoba Pada Tahun 2017instagram.com/rioreifan

Aktor yang pernah bermain di sinetron "Tukang Bubur Naik Haji" ini ditangkap karena memiliki alat hisap sabu yang ditemukan di mobilnya pada bulan Agustus 2017. Faktanya, ini kali kedua ia diciduk dengan kasus yang sama pada tahun 2015 silam, dengan vonis hukuman 14 bulan lamanya. Pada kasus terbaru, ia menerima hukuman satu tahun dua bulan penjara.

10. Tio Pakusadewo

Sebelum Jennifer Dunn, Ini 10 Artis yang Tersandung Kasus Narkoba Pada Tahun 2017imbd.com/Photo by Akhirwan Nurhaidir

Artis lain yang kembali terciduk karena narkoba adalah Tio Pakusadewo. Pada bulan Desember 2017 lalu, ia ditangkap atas kepemilikan sabu. Menurut pengacaranya, aktor kawakan ini mengonsumsi sabu selama 10 tahun lantaran ingin menghilangkan rasa sakit serta menyembuhkan kakinya pasca-kecelakaan. Saat ini, polisi masih memproses hukuman untuknya, namun Tio telah menjalani rehabilitiasi sampai waktu yang belum ditentukan.

Ada beragam alasan artis sampai melarikan diri dengan mengonsumsi narkoba, kebanyakan karena gaya hidup. Semoga di tahun 2018, para pelaku dunia hiburan bebas dari jeratan narkoba, begitupun seluruh masyarakat Indonesia!

BACA JUGA: Belum Kapok, Jennifer Dunn Kembali Tersangkut Kasus Narkoba