Tidur siang menjadi salah satu aktivitas yang selalu dilakukan saat berusia kanak-kanak. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya kegiatan yang dilakukan, tidur siang kini hanya jadi kenangan masa kecil yang selalu dirindukan, atau setidaknya aktivitas yang hanya dilakukan kalau sedang libur. Karena di kantor, belum tentu dapat melakukan hal itu.

Memejamkan mata dan beristirahat sejenak saat jam makan siang di kantor sering dianggap sebagai salah satu tanda malas atau manja. Namun faktanya, tidur siang cukup efektif untuk meningkatkan performa bekerja dan dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, lho. Nggak percaya? Cek manfaat tidur siang berikut ini.

Membantu menjaga kesehatan jiwa

Bukan Pemalas, Ini 7 Alasan Pentingnya Tidur Siang Saat Jam Istirahat 

Sudah bukan rahasia lagi kalau tugas di kantor bisa memberikan tekanan yang begitu berat pada pikiran dan perasaan kita. Mengutip dari Underciver Recruriters, ketika waktu istirahatmu terasa kurang saat di rumah, tandanya kamu nggak memiliki cukup waktu untuk memulihkan tubuh dari stres akibat pekerjaan. Secara nggak langsung, kondisi ini akan memengaruhi performa bekerja. Karena itu, nggak ada salahnya untuk tidur siang di waktu istirahat. Ini akan mengurangi tingkat stres yang kamu rasakan dan membantu memulihkan kondisi kesehatan jiwa.

Meningkatkan produktivitas

Bukan Pemalas, Ini 7 Alasan Pentingnya Tidur Siang Saat Jam Istirahat pexels.com/Ivan Obolensky

Tidur siang tanda malas? Sebaliknya, Bela. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan produktivitas saat bekerja kembali. Mengutip dari Forbes, penelitian NASA menemukan kalau tidur siang selama 40 menit dapat meningkatkan performa sebanyak 40% dan ketajaman sebanyak 100%. Kemudian mengutip dari Men's Journal, peneliti dari Saarland University di Jerman mengungkapkan kalau tidur siang selama 45-60 menit dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat.

Termasuk ke kategori polyphasic sleeper

Bukan Pemalas, Ini 7 Alasan Pentingnya Tidur Siang Saat Jam Istirahat pexels.com/Pixabay

"Lebih dari 85% dari spesies mamallia adalah polyphasic sleepers. Artinya, mereka tidur dalam jangka waktu tertentu di siang hari," menurut National Sleep Foundation. Manusia adalah mamalia. Dengan kata lain, boleh jadi kamu adalah salah satu orang yang termasuk dalam kategori polyphasic sleepers. Bukan berarti pemalas, kamu hanya memiliki tubuh yang dapat berfungsi lebih baik jika mendapat kesempatan tidur siang.

Memperkuat sisi kreatifitas

Bukan Pemalas, Ini 7 Alasan Pentingnya Tidur Siang Saat Jam Istirahat pexels.com/bruce mars

Penelitian dari Center of Functional and Molecular Imaging di Georgetown University, Washington, menunjukkan kalau orang yang tidur siang dapat memperkuat kemampuan kreativitas. Ini karena saat istirahat singkat itu, otak kiri (yang berfungsi menangani logika dan analisis) beristirahat dan menjadi lebih tenang. Sedangkan otak kanan (yang berperan sebagai sisi kreatif) melakukan komunikasi sendiri. Ini yang menjadikan kamu merasa lebih kreatif setelah bangun tidur.

Belajar hal baru dengan lebih efisien

Bukan Pemalas, Ini 7 Alasan Pentingnya Tidur Siang Saat Jam Istirahat pexels.com/Pixabay

Jika ada tugas baru yang harus kamu kerjakan, atau kamu adalah seorang fresh graduate yang harus banyak belajar di kantor pertamamu, tandanya kamu memerlukan bantuan untuk memahami dan menyimpan banyak informasi dari atasanmu. Sebuah penelitian yang dilakukan University of California  menemukan kalau tidur siang dapat membantu membersihkan area memori sementara otak sehingga dapat memberikan ruang untuk hal-hal baru yang kamu pelajari.

Menghindari rasa lapar

Bukan Pemalas, Ini 7 Alasan Pentingnya Tidur Siang Saat Jam Istirahat 

Sebuah penelitian dalam jurnal PLoS Medicine menemukan kalau seseorang yang mengalami kekurangan tidur akan memiliki peningkatan rasa lapar. Sebaliknya saat tidur, tubuh akan mengurangi level ghrelin, yaitu hormon lapar. Kamu sering merasa mengantuk dan lapar secara bersama saat di kantor, Bela? Tidur siang menjadi alternatif yang tepat untuk mengobati kedua hal itu.

Kamu mungkin membutuhkannya

Bukan Pemalas, Ini 7 Alasan Pentingnya Tidur Siang Saat Jam Istirahat 

Melakukan tidur siang nggak dapat melengkapi kekurangan waktu tidur malam hari. Namun, mengutip dari Psychology Today, dengan melakukannya, kamu dapat mencegah tubuhmu dari rasa lelah, yang dapat berdampak pada kesehatan secara  keseluruhan. Luangkan waktu istirahat siang untuk tidur sejenak, tubuhmu akan merasa lebih baik saat bangun nanti.

Itulah beberapa manfaat tidur siang. Masih ada banyak lagi alasan yang mengharuskanmu untuk tidur siang di kantor, dan semua demi kebaikan tubuh juga performa di kantor. Jadi, jangan takut dianggap pemalas. Dengan tidur siang, justru kamu menyiapkan tubuh untuk bekerja dengan penuh semangat lagi!

Baca Juga: 6 Tips Mudah dan Jitu Atasi Masalah Insomnia, Bye-bye Susah Tidur! 

Baca Juga: Minuman yang Membuatmu Mudah Tertidur

Baca Juga: Makanan yang Membuatmu Cepat Tidur