​Perusahaan idaman memanggil untuk interview! Saatnya mempersiapkan diri untuk menjawab seluruh pertanyaan dari HRD. Kamu mulai mencari tahu soal perusahaan itu, mengulik soal deskripsi pekerjaan yang kamu lamar, nggak lupa dengan dokumen yang akan dibawa. Habis itu, apa lagi ya?

"Banyak orang yang lupa jika sesi interview pertama layaknya kencan kedua," ujar Heather Davidson, pengajar di Department of Communication, Western Washngton University. Artinya, jawaban terbaik yang kamu berikan nggak akan memberikan kesan berbeda jika memiliki kepercayaan diri yang rendah. Melansir dari Self, ada beberapa cara kekinian yang perlu kamu lakukan sebagai persiapan sebelum interview.

1. Mendengarkan lagu yang memotivasi

Besok Interview Kerja? Persiapkan Diri dengan 7 Cara Kekinian Inipexels.com/Pixabay

Para ilmuwan telah menemukan adanya hubungan antara musik dan mood. Sebelum menghadapi wawancara, coba dengarkan lagu dengan tune heavy bass yang membuatmu merasa bersemangat. Para atlet sendiri sering mendengarkan lagu untuk membantu mereka meningkatkan performanya.

2. Kenakan pakaian keberuntunganmu

Besok Interview Kerja? Persiapkan Diri dengan 7 Cara Kekinian Inipexels.com/rawpixel.com

Entah itu sepatu, kemeja, dress, entah celana yang membuatmu merasa membawa keberuntungan, pakailah. Pastikan semuanya bersih, rapi, dan nggak rusak. Mengenakan pakaian seperti ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan optimismu.

3. Melatih improvisasi

Besok Interview Kerja? Persiapkan Diri dengan 7 Cara Kekinian Inipexels.com/energepic.com

Layaknya aktor, berlatih improvisasi dapat bermanfaat untuk kelancaran berkomunikasi antara kamu dengan pewawancara. Panggil teman atau saudara, latih kemampuan merespon lawan bicara bersama mereka.

4. Olahraga

Besok Interview Kerja? Persiapkan Diri dengan 7 Cara Kekinian Inipexels.com/Startup Stock Photos

Olahraga sederhana seperti berjalan selama 10 menit atau melakukan beberapa gerakan tarian sebelum berangkat interview mengurangi stres dan kecemasan. Sebab saat berolahraga, tubuh merilis homorn endorphin yang mengurangi level ketegangan, menaikkan dan menyeimbangkan mood, meningkatkan kualitas tidur dan self-esteem.

5. Mengenakan pakaian dalam yang seksi

Besok Interview Kerja? Persiapkan Diri dengan 7 Cara Kekinian Inipexels.com/rawpixel.com

Mengapa nggak? Pakaian dalam baru atau yang terbaik memberikan dua hal untukmu: kepercayaan diri dan mendukung postur tubuh sehingga membuatmu merasa lebih nyaman. Meski berada di balik baju, pakaian dalam terbaik dapat menjadi sebuah tameng tubuh yang melindungimu dari pikiran negatif, serta meningkatkan rasa percaya diri.

6. Menunjukkan bahasa tubuh yang bertenaga

Besok Interview Kerja? Persiapkan Diri dengan 7 Cara Kekinian Inipexels.com/Startup Stock Photos

Bahasa tubuh memiliki peran besar dalam berkomunikasi, terutama dengan orang yang baru kamu temui (pewawancara). Melalui sikap tubuh, lawan bicara dapat menilai jika kamu gugup atau merasa nyaman. Karena itu dalam wawancara, berikan bahasa tubuh yang bertenaga. Duduk tegak, ambil nafas yang dalam, dan bergaya seperti Wonder Woman saat jalan masuk ke dalam ruangan. Gerakan ini mengekspresikan rasa percaya diri pada dirimu

7. Tata rambutmu

Besok Interview Kerja? Persiapkan Diri dengan 7 Cara Kekinian Inipexels.com/energepic.com

Sebuah penelitian yang dilakukan Yale Universtity mengungkapkan jika bad hair day bisa memberikan pengaruh buruk pada self-esteem dan anggapan pada kecerdasan dirimu. Jadi sebelum wawancara, sempatkan diri untuk pergi ke salon dan menata rambut, atau melakukannya sendiri di rumah, atau bahkan mendapatkan gaya rambut baru! 

Sebelum berangkat interview kerja, pastikan kamu melakukan 7 persiapan kekinian ini, ya. Good luck, Bela!

BACA JUGA: Tips Sukses Hadapi Interview Kerja Bagi Fresh Graduate​