Apa pun jabatanmu di kantor, kamu hanya memiliki 24 jam dalam sehari. Jadi kamu harus benar-benar pandai dalam mengatur waktumu. Apalagi kalau kamu punya banyak pekerjaan setiap harinya. Nah, kalau selama ini kamu selalu merasa dikejar-kejar waktu, sudah saatnya kamu mendengar nasihat dari tiga pengusaha sukses dunia ini soal cara mengatur waktu yang efektif. Disimak dengan baik ya, Bela. 

1. Kamu tak bisa menyelesaikannya sendirian - Merritt Baer, CEO TodayTix

Trik Mengatur Waktu yang Efektif dari 3 Pengusaha Sukses
ew.com

"Bisnis adalah kerja sama tim. Kamu tak mungkin bisa sukses dan menyelesaikan segalanya tepat waktu tanpa bantuan dari timmu. Entah atasan, manajer, atau karyawan, semua orang memiliki kewajiban untuk saling membantu satu sama lain. Jadi jangan takut meminta bantuan orang lain saat kamu diburu oleh waktu." 

2. Kerjakan yang lebih penting dahulu - Mark Sperry, MPowerd

Trik Mengatur Waktu yang Efektif dari 3 Pengusaha Sukses
atlantablackstar.com

"Tanyakan pada dirimu sendiri, apakah yang sedang kamu kerjakan begitu penting? Apakah sifatnya mendesak? Kerjakan yang lebih penting dulu baru yang tidak begitu penting. Ini berarti kamu harus fleksibel apabila ada pekerjaan yang mendesak dan tiba-tiba saja mendarat di meja kantormu." 

3. Batasi dan atur waktu di media sosial - Raul Gutierrez, Tiny Bop

Trik Mengatur Waktu yang Efektif dari 3 Pengusaha Sukses
hollywoodreporter.com

"Setiap hari, tentukanlah waktu yang akan kamu habiskan di media sosial. Membalas e-mail atau chat dari orang lain tak perlu menghabiskan banyak waktu, kok. Lagipula salah satu ciri khas media sosial adalah cepat dan singkat. Jadi jangan malah membuat aktivitasmu di media sosial lama dan bertele-tele." 

Cara-cara mengatur waktu dari tiga pengusaha sukses di atas sangat bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yang kamu butuhkan hanyalah komitmen dan kedisiplinan. Tapi tenang saja, disiplin itu bukan bawaan lahir, kok. Kamu bisa melatihnya setiap hari supaya semakin terbiasa dan mudah menjalaninya. Kamu punya cara lain dalam mengatur waktumu? Coba ceritakan pada Popbela, ya, di bagian komentar!

 

BACA JUGA: Ini Lho Dampak Kalau Sering Bergosip