Sebelum Mencapai Kepala 3, Ini Nih Langkah-langkah Penting yang Harus Kamu Ambil dalam Berkarier

Karena waktu cepat sekali berlalu di usia 20an.

Sebelum Mencapai Kepala 3, Ini Nih Langkah-langkah Penting yang Harus Kamu Ambil dalam Berkarier

Masa muda itu tidak lama lho, Bela! Apalagi usia 20an. Waktu rasanya berputar dengan sangat cepat, dan kamu akan terkejut sendiri saat menyadari banyaknya kesempatan dan waktu yang sudah berlalu. Maka itu, jangan pernah menyia-nyiakan apalagi menunda lima langkah penting ini kalau kamu mau kariermu sukses dan stabil di usia 30an. Yuk, simak baik-baik. 

 

1. Datangi berbagai acara yang bisa memperluas jaringanmu

unleashyourinnerfoodie-6e60f18bca0d2fc9a6d2d352509793ea.jpgunleashyourinnerfoodie.com

Membangun jaringan yang luas memang tak mudah dan kadang menakutkan, terutama jika kamu baru saja lulus kuliah. Tapi di masa depan kamu akan berterima kasih pada dirimu sendiri yang telah melawan kegugupan dan mau menjaga koneksi dengan banyak orang di usia mudamu. Jangan menolak ketika diajak ke acara konferensi pers atau kelas-kelas keterampilan, di acara-acara inilah kamu bisa bertemu dengan banyak orang berpengaruh yang akan sangat kamu butuhkan nanti. 

 

2. Berikan pencitraan yang baik di media sosialmu

fp-2-9039276b80364a9b9d339061cd2e1b37.jpgfanpop.com

Buang jauh-jauh konsep bahwa hal yang sifatnya pribadi dan profesional itu harus dipisahkan. Nyatanya, kamu menghabiskan kebanyakan waktumu bekerja, bukan menjalankan hidup pribadimu. Kamu juga memiliki passion yang besar dalam pekerjaanmu, maka bagaimana caranya memisahkan dua hal tersebut? Jawabannya, tidak bisa. Jadi perbaiki profil media sosial pribadimu seperti Instagram, Facebook, Path, LINE, dan Whatsapp. Hapus foto, gambar, dan kata-kata yang kurang pantas dari akunmu. Bayangkan saja, apakah kamu mau konten tertentu yang ada di media sosialmu dilihat oleh bosmu? Kalau tidak, bersihkan sekarang juga karena bahkan kehidupan pribadimu akan jadi bahan penilaian bagi perusahaan. 

 

3. Ujilah zona nyamanmu

warnerbros-co-uk-3ed330e6370ec952040e75da0a654ca7.jpgwarnerbros.co.uk

Sebelum memasuki usia 30an, kamu harus menjelajahi seluas mungkin batasan-batasanmu. Entah itu berarti mencoba ide gila yang sebelumnya tak akan kamu lakukan karena takut gagal, membuka bisnis sendiri, berganti haluan karier, atau memasang target yang lebih tinggi. Usia 20an bukanlah saat untukmu merasa takut gagal. 

 

4. Cari kerja sampingan

puls4-8e6a554739dc0d7d7d7a6d6e92bf8a6e.jpgpuls4.com

Tak semua orang bisa langsung mendapat pekerjaan impiannya dalam satu loncatan. Misalnya kamu sebenarnya ingin jadi model tapi kamu juga masih membutuhkan pendapatan tetap dan pengalaman kerja di bidang mode. Kamu pun diterima sebagai seorang asisten pembeli. Jangan puas di situ saja, tetap lanjutkan karier modelling-mu meskipun tidak bisa full-time. Ini penting agar pengalamanmu dalam dunia modeling masih tetap terasah dan kamu masih punya pilihan kalau nantinya ingin secara penuh fokus dalam dunia tersebut.  

 

5. Tunjukkan kerendahan hatimu

popcornreel-98b095fe73da2640673ff421d82e74ef.jpgpopcornreel.com

Mungkin kamu berpikir, apa hubungannya kerendahan hati dengan langkah penting dalam berkarier? Nah, Popbela hanya mau mengingatkan bahwa kerendahan dan kebaikan hati adalah aset yang sangat berharga bagi perjalanan kariermu, Bela. Semua orang menyukai karyawan yang ramah dan bisa mendekati siapa saja mulai dari supir ojek, satpam kantor, hingga jajaran atasanmu. Jangan pernah menganggap siapa pun lebih rendah dari kamu dan secara alamiah orang-orang akan menghormati kamu. 

 

Kalau banyak orang bilang waktu adalah uang, Popbela kurang setuju nih. Menurut Popbela, waktu justru lebih penting dari uang! Jadi tunggu apa lagi, Bela? Ayo segera buat langkah yang berarti dalam kariermu dan ukirlah prestasi yang akan membuatmu puas dan bangga dengan dirimu sendiri sepuluh tahun dari sekarang. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here