Jam pulang kantor adalah saat yang paling ditunggu-tunggu hampir setiap karyawan. Bahkan ketika masih duduk di meja kerjamu, kamu sudah membayangkan apa yang akan kamu lakukan setibanya di rumah. Tapi apa sih yang sebenarnya paling baik untuk dilakukan sepulang bekerja? Tentu kamu memanfaatkan dengan baik jam-jam tersebut agar kualitas hidupmu tetap terjaga dan tidak stres karena kebanyakan kerja. Nah, Popbela merekomendasikan enam hal ini nih, yang baik untuk kamu lakukan sepulang kantor sebelum kamu beristirahat. Segera dipraktekkan ya, hari ini! 

1. Pulang Kantor Enaknya Ngapain, Ya? 6 Hal Ini Terbukti Paling Baik untukmu!

Memang sulit hidup di era teknologi yang mengharuskan kita untuk menanggapi setiap e-mail dan pesan yang masuk sesegera mungkin. Jadi hal pertama yang harus kamu lakukan setelah menginjakkan kaki di kediamanmu adalah memeriksa inbox sekali lagi, untuk yang terakhir kalinya untuk melihat apakah ada yang kamu lewatkan tapi harus selesai hari itu. Tindakan ini juga berguna supaya kamu tidak merasa dihantui oleh pesan-pesan yang belum kamu baca. 

2. Pulang Kantor Enaknya Ngapain, Ya? 6 Hal Ini Terbukti Paling Baik untukmu!

Setelah memeriksa semua pesan masuk, saatnya mengakhiri jam kerjamu hari itu secara resmi! Matikan laptop, tablet, dan semua notifikasi aplikasi chatting atau e-mail. Jangan sentuh lagi hal-hal yang berbau pekerjaan. Kalau kamu membutuhkan smartphone-mu untuk mengakses akun media sosialmu, tetapkan berapa lama waktu yang akan kamu habiskan di media sosialmu tersebut. 

3. Pulang Kantor Enaknya Ngapain, Ya? 6 Hal Ini Terbukti Paling Baik untukmu!

Proses membersihkan diri dan ganti baju ada dampak psikologisnya lho, Bela. Secara tidak sadar otakmu ikut membersihkan diri dari berbagai masalah dan pekerjaan di kantor. Apalagi saat kamu sudah berganti baju rumah yang nyaman dan lembut. Pikiranmu pun akan terasa lebih rileks. 

4. Pulang Kantor Enaknya Ngapain, Ya? 6 Hal Ini Terbukti Paling Baik untukmu!

Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi diri sendiri setiap malam. Apakah kamu sudah membuat orang lain tersenyum hari ini? Atau kamu justru menyakiti hati orang lain? Puaskah kamu dengan kinerjamu hari ini? Bagaimana caranya supaya bisa meningkatkan performamu besok? Kebiasaan ini akan melatih kamu agar lebih peka mengenali masalah dan mencari jalan keluarnya. 

5. Pulang Kantor Enaknya Ngapain, Ya? 6 Hal Ini Terbukti Paling Baik untukmu!

Misalnya menonton film, membaca majalah atau buku, melihat-lihat YouTube, browsing berbagai artikel yang bermanfaat, atau sekadar bermain game. Pokoknya lakukanlah sesuatu yang benar-benar kamu sukai. Tapi pastikan kamu tidak terjaga sampai terlalu larut karena terlalu asyik mencari hiburan, ya. Harimu masih panjang besok. 

6. Pulang Kantor Enaknya Ngapain, Ya? 6 Hal Ini Terbukti Paling Baik untukmu!

Kalau kamu baru memilah-milah baju yang akan kamu pakai ke kantor atau kampus di pagi hari, kamu hanya akan gelagapan dan pakai baju seadanya. Lebih baik kamu siapkan dulu baju untuk esok hari di malamnya, lengkap dengan sepatu dan aksesorisnya. 

Apakah kamu sudah melakukan enam hal tersebut setiap harinya? Atau ada rutinitas lain yang biasanya kamu tambahkan? Ceritakan dong pada Popbela apa saja yang biasanya kamu lakukan sepulang kerja di bagian komentar. Popbela ingin dengar kebiasaanmu si cewek super! 

 

BACA JUGA: Kamu yang Introvert Bisa Sukses Kalau Bekerja di Bidang Ini