Kuliah adalah masa-masa di mana waktu berlalu begitu cepat rasanya. Sepertinya baru kemarin kamu orientasi sebagai mahasiswa baru. Tiba-tiba kamu sudah masuk mahasiswa senior atau angkatan tua. Menginjak semester enam, rasanya campur aduk. Antara senang karena akhirnya bebanmu sebagai mahasiswa sudah hampir selesai, tapi juga takut akan apa yang menantimu di masa depan. Popbela mengerti nih, ketakutan-ketakutan yang melanda kamu si mahasiswa angkatan atas. Coba cek di bawah ini, apakah kamu juga merasakannya?

 

1. Tidak dapat kerja

Buatmu yang Duduk di Semester Akhir Kuliah, 5 Ketakutan Ini Pasti Sedang Menghantuimucollider.com

Kamu sudah bersusah payah selama kurang lebih empat tahun dan berjuang demi selembar kertas bertuliskan ijazah. Tapi di dunia kerja yang serba tak pasti, perjuanganmu selama ini belum tentu menjamin pekerjaan bagimu setelah lulus nanti. Kamu pun mendengar cerita-cerita dari saudara atau temanmu yang sudah lama lulus dengan nilai bagus tapi belum juga mendapat kerja. Jadi semakin merinding, deh.  

 

2. Tak punya uang

Buatmu yang Duduk di Semester Akhir Kuliah, 5 Ketakutan Ini Pasti Sedang Menghantuimublackfilm.com

Kalau tak dapat kerja, lalu dapat uang dari mana? Masa masih harus meminta pada orang tua? Padahal kan masih banyak kebutuhan dan keinginanmu. Apakah gajimu nanti akan cukup untuk memenuhi keperluanmu setiap bulannya? Bagaimana dengan tabunganmu? Selama ini kamu belum pernah membiasakan menabung karena masih dipasok oleh orang tua. Duh, pusing sekali pokoknya. 

 

3. Gagal membanggakan orang tua

Buatmu yang Duduk di Semester Akhir Kuliah, 5 Ketakutan Ini Pasti Sedang Menghantuimupopsugar.com

Walau dari luar tampaknya kamu santai dan memasang senyum ceria, dalam hati kamu sungguh cemas kalau gagal membuat orang tuamu bangga. Sementara teman-temanmu sudah bekerja di perusahaan besar dengan gaji dan posisi yang bikin kamu angkat topi, kamu sendiri masih menenteng-nenteng resume dan mondar-mandir wawancara kerja. Atau bahkan masih sering nongkrong di kampus dan setia menunggu dosen untuk bimbingan skripsi. 

 

4. Kehilangan teman-teman kuliah

Buatmu yang Duduk di Semester Akhir Kuliah, 5 Ketakutan Ini Pasti Sedang Menghantuimuetcfn.com

Empat tahun kamu berjuang dan menghabiskan waktu bersama teman-teman kuliah. Tapi setelah lulus nanti, kalian akan jalan masing-masing. Belum tentu kalian tetap bekerja dalam bidang yang sama sesuai dengan jurusan kalian. Belum tentu juga kalian bekerja di kota yang sama. Beberapa akan keluar kota atau bahkan keluar negeri. Setelah lepas dari bangku kuliah, kamu akan merasa kesepian. Jadi sedih, deh. 

 

5. Tidak siap dengan dunia nyata

Buatmu yang Duduk di Semester Akhir Kuliah, 5 Ketakutan Ini Pasti Sedang Menghantuimuforbes.com

Waktu kuliah, kamu bisa bangun agak siang dan masih sering pergi dengan teman-teman. Dapat jatah libur per semester pula. Tantangan yang kamu hadapi pun tak jauh dari presentasi, laporan, dan tugas-tugas kuliah. Tapi di luar sana, kenyataan yang akan kamu hadapi jauh berbeda dari saat ini. Kamu harus bekerja keras setiap hari, dengan gaji yang pas-pasan, menuruti bos yang banyak maunya, dan masih harus bayar sendiri tagihanmu. Belum lagi pertanyaan "Kapan menikah" akan semakin kuat dikumandangkan di telingamu. Kuatkah kamu menghadapi itu semua nanti? 

 

Walaupun sepertinya kehidupan setelah lulus kuliah itu menakutkan, Popbela yakin kamu pasti bisa melaluinya dengan baik. Justru di situlah serunya, kamu bebas memutuskan apa saja yang kamu mau ke depannya. Kamu juga masih muda dan penuh energi, berbagai kesempatan juga terbuka lebar untukmu. Yang penting, tetaplah bersikap positif dan hal-hal yang positif pun akan datang padamu!