Keberhasilan suatu drama bergantung pada kehadiran penulis naskahnya. Salah satu penulis naskah yang dikenal dari hasil karyanya yang realistis adalah Noh Hee Kyung.

Inspirasi karyanya didasarkan pada kehidupan sehari-hari. Selain itu, beberapa karya Noh Hee Kyung juga terinspirasi dari pengalaman hidupnya. Ia memiliki cara yang unik untuk menggambarkan sebuah kisah, sehingga menyentuh hati para pemirsa. 

Ada 'Our Blues', Ini Drama Korea Terbaik yang Ditulis Noh Hee Kyung kdramastuff.tumblr.com/

Hasil karyanya juga dianggap mampu meningkatkan kesadaran sosial. Pada tahun 2018, Noh Hee Kyung menerima Penghargaan Kesetaraan Gender dan disebut juri penghargaan sebagai penulis yang "mampu menunjukkan berbagai aspek kehidupan masyarakat melalui media secara realistis, melalui penggambaran kisah-kisah kaum minoritas yang kurang beruntung dan lemah secara sosial."

No Hee Kyung telah menghasilkan berbagai karya yang sukses diterima para pemirsa. Apa saja, ya, karya-karya terbaiknya?

1. Our Blues (2022)

Ada 'Our Blues', Ini Drama Korea Terbaik yang Ditulis Noh Hee Kyung pinkvilla.com

Our Blues telah tayang perdana di Netflix pada 9 April 2022. Drama berkonsep omnibus ini mengisahkan sekumpulan orang yang menetap di Pulau Jeju. Penonton akan disuguhkan kisah romantis, kisah persahabatan yang hangat, dan kehidupan keluarga yang indah. 

Mengusung genre romance-life-family, drama ini dibintangi sejumlah artis papan atas, seperti Lee Byung Hun, Shin Min Ah, Cha Seung Won, Lee Jung Eun, Uhm Jung Hwa, dan Han Ji Min.

https://www.youtube.com/embed/vSBIJQOLKoY

2. Live (2018)

Ada 'Our Blues', Ini Drama Korea Terbaik yang Ditulis Noh Hee Kyung instagram.com/masijacoke850714

Drama Noh Hee Kyung selanjutnya berjudul Live, yang menyuguhkan kisah suka dan duka para petugas kepolisian dalam menjalankan tugasnya. Mereka kerap merasakan kesedihan, kegembiraan, dan rasa sakit ketika menjunjung tinggi keadilan. 

Yeom Sang Soo (Lee Kwang Soo) merupakan sosok yang  tak sengaja bekerja menjadi perwira polisi untuk merebut hartanya yang hilang. Sayangnya, ia bernasib sial ketika menangani setiap kasus, termasuk memiliki konflik dengan atasan. 

Ia ditemani rekan kerjanya, Han Jung Oh (Jang Yu Mi), yang merupakan polisi wanita. Mereka bersama-sama mengalami masa sulit ketika bekerja menjadi polisi. Begitu pula yang terjadi pada pimpinan mereka, Oh Yang Chon (Bang Sung Woo), yang harus diturunkan pangkatnya dan bekerja bersama mereka.

https://www.youtube.com/embed/Erexc9-iStY

3. The Most Beautiful Goodbye (2017)

Ada 'Our Blues', Ini Drama Korea Terbaik yang Ditulis Noh Hee Kyung dok.TVING/The Most Beautiful Goodbye

The Most Beautiful Goodbye termasuk salah satu drama yang menguras air mata, meskipun hanya terdiri dari 4 episode. Kisah hidup seorang ibu yang baik dan penuh kasih dalam segala situasi digambarkan Noh Hee Kyung secara realistis.

Kisahnya diawali dari seorang wanita bernama Kim In Hee (Won Mi Kyung) yang didiagnosis kanker stadium akhir. Karena waktu hidupnya tidak lama lagi, ia pun menyiapkan perpisahan terindah untuk suami dan anak-anaknya.

https://www.youtube.com/embed/-xA19l5MHk8

4. Dear My Friends (2016)

Ada 'Our Blues', Ini Drama Korea Terbaik yang Ditulis Noh Hee Kyung kiss-asian.net

Dear My Friends berhasil menyabet penghargaan Best Drama dan Best Screenplay di Baeksang Arts Awards 2017, Best Screenplay di Korea Drama Awards 2016, dan Content Main Prize di tvN10 Awards 2016.

Kisahnya berpusat pada kehidupan para orang tua dan anak muda, dilukiskan Park Wan (Go Hyun Jung), yang bekerja sebagai penulis novel. Ia memiliki harapan untuk menulis novel tentang kehidupan mereka. 

Mulai dari perjalanan hidup mereka sejak muda, hingga pergumulan yang mereka hadapai ketika mencapai usia tua, setiap kisahnya digambarkan Park Wan dengan sangat realistis.

https://www.youtube.com/embed/T25DU6Mliw0

5. It's Okay, That's Love (2014)

Ada 'Our Blues', Ini Drama Korea Terbaik yang Ditulis Noh Hee Kyung asianwiki.com

It's Okay, That's Love mengangkat kisah cinta yang rumit antara seorang penulis novel dan DJ Radio populer bernama Jang Jae Yeol (Jo In Sung) dan seorang psikiater bernama Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin).  Mereka berdua menderita gangguan mental akibat trauma di masa lalu.

Jang Jae Yeol memiliki masa lalu yang kelam karena pernah dilecehkan waktu kecil. Ia juga menderita OCD dan skizofrenia. 

Usai bertemu dengan Ji Hae Soo yang juga menderita fobia seksual, ada banyak kejadian tak terduga di antara mereka berdua. Yang awalnya bermula dari penolakan, perlahan berubah menjadi saling membutuhkan satu sama lain.

https://www.youtube.com/embed/IM-6ZqJURcI

6. That Winter, The Wind Blows (2013)

Ada 'Our Blues', Ini Drama Korea Terbaik yang Ditulis Noh Hee Kyung dok.SBS/That Winter, The Wind Blows

That Winter, the Wind Blows merupakan salah satu drama yang populer di masanya karena mengusung genre melodrama romantis, yang berhasil menyentuh hati para penonton. 

Kisahnya berpusat pada pertemuan Oh Soo (Jo In Sung), yang berpura-pura jadi kakak Oh Young (Song Hye Kyo) untuk membayar semua hutangnya, karena kakaknya yang aslin telah meninggal dunia. 

Ia terpaksa menipu Oh Young yang tunatera karena Oh Soo yang asli, yang telah meninggal, dikejar-kejar oleh rentenir. Tanpa disadarinya, ia perlahan jatuh cinta kepada Oh Young.

https://www.youtube.com/embed/KsbrJVgQNZc

7. Padam Padam (2011)

Ada 'Our Blues', Ini Drama Korea Terbaik yang Ditulis Noh Hee Kyung dok.JTBC/Padam Padam

Drama ini mengangkat kisah romansa antara Yang Kang Cheol (Jung Woo Sung), seorang mantan napi dengan seorang dokter hewan, Jung Ji Nah (Han Ji Min). 

Ketika Yang Kang Cheol berada di penjara, ia dijatuhi hukuman hati karena tak sengaja membunuh sipir penjara. Di saat terakhir hidupnya, ia diberi kesempatan untuk kembali ke masa lalu dan mengubah keputusannya.

Ia pun mengubah keputusan terburuknya agar bisa dibebaskan. Setelah dibebaskan, ia bertemu Jung Ji Nah. Mereka akhirnya jatuh cinta. Sayangnya, momen kebahagiaan ini tidak berlangsung lama karena Kang Cheol menyadari kebenaran dibalik pembunuhan yang melibatkan paman Jung Ji Ah. 

https://www.youtube.com/embed/FWSqUML1xvk

8. The World That They Live In (2008)

Ada 'Our Blues', Ini Drama Korea Terbaik yang Ditulis Noh Hee Kyung dok.KBS/The World That They Live In
https://www.youtube.com/embed/TcFwuZTNv3s

The World That They Live In menjadi drama yang menggaet Song Hye Kyo setelah berakhirnya Full House (2004), sebagai salah satu drama terpopuler di masanya. Song Hye Kyo melakoni Ju Jun Young, produser amatir yang bekerja di industri yang didominasi para pria. 

Senior sekaligus mentornya, Jung Ji Oh (Hyun Bin) memberikan Ju Jun Young begitu banyak tugas, sehingga dirinya tertekan. Namun, kerja keras dan semangat Jun Young dalam bekerja meluluhkan hati Jung Ji Oh. 

Tak hanya menyuguhkan kisah romantis, Noh Hee Kyung dalam drama ini menggambarkan pekerjaan produser dan kru film di balik layar dengan begitu realistis. 

Itulah daftar drama terbaik yang ditulis oleh Noh Hee Kyung. Ia mampu menyajikan cerita yang begitu lekat dengan kehidupan masyarakat biasa. Apakah kamu sudah pernah nonton drama-drama di atas, Bela?

Baca Juga: Temukan 5 Fakta Menarik Serial 'Grid' dari Mata Sang Penulis Skenario

Baca Juga: 8 Penulis Naskah Terbaik Drama Korea, Karyanya Tak Mengecewakan!

Baca Juga: Lakukan Pelecehan Seksual, Ini 5 Hal Terkait Penulis Naskah 'Hometown'