Pada tanggal 2 Desember 2021 kemarin, telah digelar Asia Artist Awards (AAA) 2021 di KBS Arena Hall, Seoul. AAA merupakan ajang penghargaan untuk mengapresiasi musisi Asia di bidang musik hingga film sejak tahun 2016.

Sederetan penghargaan turut dibagikan ke para pemenang yang terdiri dari aktor, aktris, hingga musisi Korea Selatan. Namun, yang paling ditunggu-tunggu adalah para pemenang penghargaan 'daesang' atau penghargaan utama. 

Ada sembilan penghargaan 'daesang' yang dibagikan kepada para pemenang tahun ini: Song of the Year, Actor of the Year, TV Actor of the Year, Film Actor of the Year, Album of the Year, Trot of the Year, Performance of the Year, Singer of the Year, and Stage of the Year.

BTS tahun ini kembali menyabet Song of The Year untuk "Butter". Meskipun absen dalam acaranya, namun mereka membagikan pidato ucapan syukur yang disiarkan melalui sebuah video. Berikut adalah isi pidato yang dibagikan BTS dan para pememang penghargaan 'daesang' lainnya. 

BTS: Song of the Year

Pidato Pemenang 'Daesang' Asia Artist Awards 2021, Ada BTSbillboard.com

Song of the Year untuk "Butter" kembali dimenangkan BTS untuk kedua kalinya. Mereka tidak hadir dalam acara AAA 2021 tahun ini karena sedang menggelar konser 'Permission to Dance' di SoFi Stadium, Los Angeles, Amerika Serikat. 

Meskipun tidak hadir, mereka tetap membagikan pidato ucapan syukur yang disiarkan melalui video, dan berkata, "Terima kasih telah memilih 'Butter' sebagai lagu terbaik tahun ini. Kami berterima kasih kepada para penggemar karena telah mencintai kami. Kami berharap 'Butter' tetap menjadi lagu yang menetap dalam ingatan kalian untuk waktu yang lama. Masih ada satu bulan lagi di tahun 2021, kami berharap kalian mengakhiri tahun ini dengan baik."

https://www.youtube.com/embed/NHNlTPZzwco

Stray Kids: Performance of the Year

Pidato Pemenang 'Daesang' Asia Artist Awards 2021, Ada BTSsoompi.com

Stray Kids, yang belum lama ini merilis album terbaru edisi liburan natal, berhasil menyabet Performance of the Year. Mereka berbagi, “Merupakan sebuah kehormatan bagi kami, dan kami bersyukur telah menerima penghargaan yang sangat luar biasa ini di AAA. Terima kasih kepada keluarga agensi kami, para anggota, dan para penggemar."

Kami akan menjadi Stray Kids yang terus bekerja keras. Untuk menanggung beban penghargaan ini, kami akan terus menunjukkan kinerja yang baik dan memberikan pengaruh yang positif kepada dunia,"  tambahnya.

https://www.youtube.com/embed/8yanUvsH8IY

NCT 127: Album of the Year

Pidato Pemenang 'Daesang' Asia Artist Awards 2021, Ada BTSsoompi.com

NCT 127 berhasil menyabet Album of the Year untuk albumnya yang berjudul Sticker. Salah satu anggotanya yang bernama Doyoung, juga berhasil menyabet AAA Focus (Actor).  Doyoung menerima penghargaan atas nama kelompoknya dan berkata,

Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Lee Soo Man, seluruh keluarga, dan staf kami di SM. Menurut saya, 'Album of the Year' merupakan penghargaan yang sangat luar biasa. Sebagai penyanyi, kami mampu menerima penghargaan yang berarti ini karena dukungan para penggemar, yang telah meluangkan waktu dan upayanya untuk membagikan cinta kepada kami."

Saya pikir, kami harus membalas cinta mereka melalui pengeluaran album dan penampilan yang baik. Kami bakal menjadi NCT 127 yang mampu membuktikan mengapa orang-orang begitu mencintai kami,” ujar Doyoung.

https://www.youtube.com/embed/Dq6u-fl8Rgk

Lee Jung Jae: Actor of the Year

Pidato Pemenang 'Daesang' Asia Artist Awards 2021, Ada BTSsoompi.com

Lee Jung Jae, yang menyabet Actor of The Year, membagikan, “Terima kasih telah memberikan saya penghargaan yang sangat luar biasa. Saya pikir, kesuksesan 'Squid Game' merupakan keajaiban. Saya ingin membagikan sebuah kehormatan ini dengan seluruh aktor dan staf yang telah bekerja keras dengan saya, bersama dengan para penonton di seluruh dunia.”

https://www.youtube.com/embed/L6HGP2urVJE

Lee Seung Gi: TV Actor of the Year

Pidato Pemenang 'Daesang' Asia Artist Awards 2021, Ada BTSsoompi.com

Lee Seung Gi, yang berhasil menyabet TV Actor of the Year berkata, “Saya pikir, alasan mengapa saya mendapat banyak umpan balik yang baik dalam 'Mouse' adalah karena para aktor yang telah bekerja keras dengan saya. Saya mulai debut pada tahun 2004 , dan telah berjalan di jalur seorang aktor sampai sekarang. Saya memiliki beberapa penyesalan, namun saya tetap berterima kasih kepada para penggemar yang telah mendukung saya selama ini.”

https://www.youtube.com/embed/bhO4vxXqCoY

Yoo Ah In: Film Actor of the Year

Pidato Pemenang 'Daesang' Asia Artist Awards 2021, Ada BTShttps://www.soompi.com/

Yoo Ah In, yang berhasil menyabet Film Actor of the Year, berkata, “Saya berpartisipasi dalam film skala kecil yang berjudul 'Voice of Silence,' namun  menerima penghargaan begitu besar. Saya akan terus bekerja keras, sebagai aktor yang mampu menjadi titik kunci sebuah film, dan menunjukkan daya tarik karakter saya di layar kaca.”

SEVENTEEN: Singer of the Year

Pidato Pemenang 'Daesang' Asia Artist Awards 2021, Ada BTShttps://www.soompi.com/

SEVENTEEN tahun ini berhasil menyabet Singer of the Year, dan berbagi, “Kami dengan sangat tulus begitu senang menjadi sebuah tim yang menerima begitu banyak cinta dan memberikan begitu banyak cinta kepada banyak orang selama masa-masa promosi lagu kami. Kami tidak akan menerima ini begitu saja, dan akan terus berusaha menjadi tim yang bisa mempromosikan lagu-lagu dengan baik.

https://www.youtube.com/embed/SwtOR87f2MI

Lim Young Woong: Trot of the Year

Pidato Pemenang 'Daesang' Asia Artist Awards 2021, Ada BTShttps://www.soompi.com/

Trot disebut sebagai jenis 'dangdut korea' yang populer di kalangan generasi tua di Korea Selatan. Ada sederetan lagu jenis trot yang dibawakan sekumpulan musisi populer. 

Penyanyi trot Lim Young Woong salah satunya, yang berhasil menyabet Trot of the Year untuk kedua kalinya. Ia berkata, “Hari ini adalah hari yang bahagia. Merupakan suatu kehormatan untuk diundang, apalagi telah memenangkan empat penghargaan. Maka, saya dengan tulus berterima kasih kepada keluarga Heroes Generation [nama penggemar Lim Young Woong]."

"Selain saya, ada lebih banyak orang di luar sana yang telah mengabdikan dirinya untuk mempromosikan musik trot. Saya merepresentasikan mereka sebagai pemenang yang menerima penghargaan ini. Saya berharap kalian tetap bahagia dan sehat.” tambahnya.

aespa: Stage of the Year

Pidato Pemenang 'Daesang' Asia Artist Awards 2021, Ada BTShttps://www.soompi.com/
https://www.youtube.com/embed/5YDZnDVsisI

aespa, yang berhasil menyabet Stage of the Year, berbagi,“Untuk MY [nama penggemar aespa] yang kami cintai, kami berhasil menerima penghargaan! Sudah setahun kami debut, namun berkat kalian, kami mampu menerima penghargaan. Karena kami telah menerima begitu banyak cinta, kami akan menjadi aespa yang terus bekerja keras, dengan memiliki rasa tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan tekanan.”

Mereka juga turut membagikan ucapan syukur kepada para staf agensi, dan Winter menambahkan, "Kami bersyukur dan merasa terhormat telah beralih dari penghargaan Artis Pendatang Baru Terbaik ke penghargaan Daesang sekarang.

Itulah pidato pemenang penghargaan 'daesang' Asia Artist Awards 2021 yang dibagikan di acaranya kemarin. Apakah musisi atau artis favoritmu berhasil memenangkan perhargaan, Bela? 

Baca Juga: Daftar Pemenang Asia Artist Awards 2021: Kim Seon Ho Hingga BTS

Baca Juga: Ada Tim 'CenCha', 7 Momen Seru di Blue Dragon Film Awards 2021

Baca Juga: Lengkap Ada 86 Kategori! Ini Daftar Nominasi Grammy Awards 2022