10 Daftar Kasus Penembakan Sekolah Paling Tragis di Amerika Serikat

Kapan tragedi mengerikan ini berakhir?

10 Daftar Kasus Penembakan Sekolah Paling Tragis di Amerika Serikat

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Kasus penembakan sekolah kembali terjadi di Amerika Serikat pada Selasa (24/5/2022) waktu Amerika Serikat, tepatnya di wilayah Texas. Penembakan massal yang menewaskan 19 orang ini menjadi kasus paling mematikan di AS tahun ini, seperti dikatakan The New York Times.

Kasus ini tentu menambah panjang kasus penembakan sekolah di AS, yang telah terjadi sejak dua dekade yang lalu. Menurut The Conversation, peristiwa penembakan massal sekolah di AS ini pasalnya telah terjadi sejak tahun 1989, yang pertama kali menewaskan 5 siswa di sebuah sekolah di Stockton, California. 

10 Daftar Kasus Penembakan Sekolah Paling Tragis di Amerika Serikat

Amerika Serikat di antara berbagai negara maju lainnya, memang mencatat kasus pembunuhan terbesar dengan penggunaan senjata api. Sejak pandemi COVID-19 mulai terjadi pada 2020,  ada indikasi bahwa peristiwa penembakan semakin meningkat, menurut BBC.

Senjata api juga bahkan menjadi penyebab utama kematian anak-anak dan remaja AS pada tahun 2020, melebihi kecelakaan mobil, menurut data yang dirilis Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Berikut telah Popbela rangkum kasus penembakan massal di sekolah yang paling mematikan di Amerika Serikat dalam dua dekade terakhir.

1. Institut Politeknik Virginia, Virginia (2007)

Seorang mahasiswa dari Korea Selatan bernama Cho Seung Hui, menyerang kampus Institut Politeknik Virginia yang berlokasi di Blacksburg. Ia menewaskan sejumlah 32 mahasiswa dan seorang profesor di dalam kampus tersebut, dengan 33 orang lainnya mengalami luka-luka, sebelum akhirnya bunuh diri. 

Mahasiswa ini diduga mengidolakan para penemba  yang melakukan penembakan Columbine, sebelum peristiwa penembakan ini terjadi. Selama penembakan berlangsung, mereka mengirimkan sebuah video kepada pihak kepolisian, yang meneyebut para penembak tersebut sebagai 'martir'.

2. SD Sandy Hook, Connecticut (2012)

Penembakan massal di Sekolah Dasar Sandy Hook dilakukan oleh seorang pria berusia 20 tahun bernama Adam Lanza, yang diduga memiliki riwayat masalah kesehatan mental. Sebelum pria tersebut bunuh diri, ia menewaskan 20 anak berusia 6-7 tahun, serta 6 orang dewasa pada tanggal 14 Desember 2012.

Sebelum melakukan penembakan, pria ini diduga telah membunuh ibunya sendiri di Newtown, Connecticut.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here