Dalam dunia pekerjaan, tak dapat dipungkiri bahwa wanita masih mengalami diskriminasi dari jumlah pendapatannya. Faktanya, kebanyakan pria menerima pendapatan lebih besar dari wanita, meskipun jabatannya sama. Tapi, bukan itu yang terjadi di salah satu negara maju dunia, yaitu Jepang, di mana wanita memeroleh pendapatan yang lebih besar dibandingkan dengan pria.

 
Dahulu, pendapatan pria di Jepang masih lebih tinggi dibanding wanita. Namun, beberapa waktu belakangan ini, karyawan wanitalah yang menempati posisi itu. Hal ini disebabkan oleh peningkatan jumlah wanita yang memasuki usia kerja sebanyak 15%. Kondisi inipun menyebabkan perubahan kecenderungan anak-anak di Jepang jadi lebih menghormati ibunya di rumah.
 
Alasan lainnya disebutkan bahwa urusan rumah tangga di Jepang lebih banyak dikelola oleh sang istri. Selain itu, wanita dalam rumah tangga di Jepang lebih memilih untuk berkarier. Nah, itu dia alasan-alasan mengapa saat ini pendapatan wanita di Jepang lebih besar daripada pendapatan pria. Kalau kamu mau merasakannya, mungkin kamu harus pindah ke Jepang dulu. Mau, Bela?

Ditulis oleh: Salsabil Nabila Afhani

BACA JUGA : Ini Dia 7 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi untuk Perempuan di Tahun 2016