Tak bisa dipungkiri kita lebih banyak menghabiskan waktu berjam-jam dengan rekan kerja daripada orang lain bahkan keluarga. Coba bayangkan jika waktu sebanyak itu hanya dihabiskan dengan orang-orang yang saling tidak menyukai dan acuh. Pastinya suasana di kantor kamu akan sangat menjemukan dan menjengkelkan.​ Kita harus menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan dengan rekan kerja agar dapat bekerja secara kondusif. Kita memang tidak bisa mengubah sifat dan sikap rekan kerja di kantor, tapi kita bisa berusaha untuk lima cara untuk meningkatkan suasana nyaman dan menyenangkan bersama rekan kerja di kantor.

5 Cara Ciptakan Kenyamanan dengan Rekan Kerja di Kantor

Apapun yang kamu lakukan akan memiliki dampak pada pekerjaan orang lain. Penting untuk menjadi seseorang yang bisa diandalkan perkataannya. Jika kamu lalai, sikapmu akan sangat mempengaruhi kemampuan rekan kerjamu untuk menyelesaikan pekerjaannya. Jika kamu dapat diandalkan, kamu pastinya akan mempermudah pekerjaannya.  Apabila kamu bisa bekerja secara professional, kamu pasti akan mendapatkan kepercayaan dari atasan, rekan kerja, klien, dan pelanggan. Jika mereka mengandalkan kamu, itu akan menciptakan kenyamanan untuk mereka.

5 Cara Ciptakan Kenyamanan dengan Rekan Kerja di Kantor

Jangan takut dan sungkan untuk say hello atau chit-chat dengan rekan kerjamu. Jangan hanya say hello sebatas sapaan, misalnya “Selamat Pagi Karin?”, tapi biasakanlah bertanya lebih dari itu. Contohnya “Selamat pagi Karin, gimana film yang semalam kamu tonton, seru kan?” Tapi tetap kamu harus mengajukan pertanyaaan yang tepat. Intinya, kamu harus membuat rekan kerjamu merasa diperhatikan, dan membuat mereka terkesan. ​

5 Cara Ciptakan Kenyamanan dengan Rekan Kerja di Kantor

Tidak akan ada orang yang akan merasa nyaman 100 persen setiap waktu. Jika kamu merasa seseorang merasa tidak nyaman dan canggung, kamu dapat membatu mereka untuk merasa nyaman dan diterima di kantor. Untuk menjadi orang yang menyenangkan, terlebih dahulu kamu harus membuat orang lain merasa nyaman. Hal ini bisa dipelajari dan dipraktekan. Jika kamu meningkatkan sifat ini, kamu akan takjub ketika saat membuat orang lain merasa nyaman karenamu.​

5 Cara Ciptakan Kenyamanan dengan Rekan Kerja di Kantor

Percakapan adalah pertukaran cerita, masing-masing harus saling menunggu selesai untuk bertukar kisah atau pengalaman. Jangan memotong cerita mereka dengan opini kamu, tapi dengarkanlah dulu dan jadilah pendengar yang baik sehingga mereka akan merasa lebih dihargai dan lambat laun mereka akan suka berkomunikasi denganmu. Seorang pendengar yang baik akan banyak disukai orang.

5 Cara Ciptakan Kenyamanan dengan Rekan Kerja di Kantor

Hal sederhana namun sering dilupakan adalah mengingat nama rekan kerjamu.  Setiap orang pasti suka jika dia diingat namanya dan dipanggil dengan nama panggilan yang mereka sukai. Mulai dari sekarang, ingatlah nama-nama mereka dan perlakukan mereka dengan lebih baik lagi ya Bela!

Penulis: Azka Nurul Kamilah

BACA JUGA : 6 Tipe Rekan Kerja yang Harus Kamu Pahami Agar Betah di Kantor Baru