Human Resource Development (HRD) adalah salah satu bagian penting dalam kelangsungan perusahaan  karena salah satu job desk-nya yaitu menyeleksi calon pelamar terutama perempuan yang akan bekerja di perusaahan tersebut. Maka dari itu, HRD sangat teliti dan hati-hati dalam menyeleksi calon pelamar di perusahaan apakah orang yang memenuhi kualifikasi pada posisi tertentu. Namun, sering kali kita sebagai perempuan melakukan kesalahan sehingga HRD pada perusahaan yang kita lamar merasa ragu akan kualitas yang kita miliki.

Nah, seperti apa sih kualitas yang dimiliki perempuan yang bakalan di lirik perusahaan? Di sini Popbela akan membahasnya pada point berikut. Intip yuk, Bela!

1. Ambisius

 
Perempuan yang memiliki ambisi besar tentunya akan diperhitungkan oleh HRD sebagai pegawai tetap. Perusahaan akan melirikmu dikarenakan kamu menghadiri wawancara kerja dengan persiapan yang matang. Persiapan matang itu biasanya meliputi ketertarikan kamu pada posisi yang kamu lamar atau kamu bisa mendemostrasikan goal atau pencapaian yang pernah kamu raih baik itu di organisasi atau sebagai relawan.

2. Rasa ingin tahu yang tinggi

 
Rasa ingin tahu yang tinggi juga menjadi salah satu penilaian yang di perhitungkan oleh perusahaan. Hal ini bisa diketahui melalu proses interview. Ketika HRD menanyakan apa saja yang kita ketahui tentang perusahaan tersebut, kamu bisa menjawabnya dengan jawaban yang berbobot seperti latar belakang client, sejarah dan kultur perusahaan, serta peran yang harus kamu jalani jika kamu diterima di perusahaan tersebut. Nah, untuk itu alangkah lebih baiknya jika sebelum proses interview kamu mempelajari latar belakang perusahaan yang kamu lamar ya!

3. Fast Learner

Kualitas Inilah yang Dilirik HRD Saat Wawancara Kerjaatraindoamor.com.br
Semangat belajar dan cepat menangkap peran dan job desk apa yang kamu jalani ketika kamu diterima di perusahaan tersebut. Poin ini yang sangat di cari-cari oleh setiap perusahaan saat melakukan proses interview. Interviewer biasanya memberikan poin tinggi dan rendah dan akan menilai kita bagaimana kita merespon poin dan tantangan yang diberikan. Apakah kita mempelajari sesuatu dan bagaimana kita dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya.

4. Rendah hati

Kualitas Inilah yang Dilirik HRD Saat Wawancara Kerja
ariabellamyauthor.wordpress.com 
Rendah hati dan memiliki sikap professional sangat diperlukan di dalam sebuah tim. Siap bertanggung jawab jika terjadinya sebuah kesalahan baik kecil maupun besar. Nah, biasanya pewawancara mengamati kita ketika kamu menekankan kata “kami” atau “saya” dan juga pewawancara juga menanyakan pencapaian apa yang sudah kita raih dan kesalahan apa yang sudah kita lakukan dalam tim, apa kamu tipe orang yang menyalahkan orang lain jika terjadinya kesalahan atau bukan.

Nah itu dia kriteria perempuan yang akan dilirik oleh HRD, sebelum interview jangan lupa persiapkan dirimu sebaik mungkin dan berdoa juga supaya dimudahkan oleh-Nya. Semangat ya, Bela!

Penulis : Aditya Octaviana

BACA JUGA: Menjadi Wanita Mandiri Penting Untuk Menguatkan Hubunganmu​