Hari ini, Senin (4/7/2022) pendaftaran beasiswa (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) LPDP tahap 2  resmi dibuka. Pada tahap 2 ini, jadwal perkuliahan paling cepat berlangsung 23 Januari 2022. Kamu juga bisa mendaftar di universitas-universitas dalam negeri maupun luar negeri.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan Magister S2 dan Doktoral S3, kamu bisa melakukan registrasi LPDP tahap 2 secara online dengan melengkapi berkas atau dokumen yang diminta.

Melansir laman resmi LPDP,  menginfokan semua calon mahasiswa yang ingin kuliah dengan beasiswa LPDP Kemenkeu bisa mendaftar di laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Lewat beasiswa LPDP, Kemenkeu menyediakan pembiayaan pendidikan untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi.

Beasiswa LPDP terdiri dari 3, yakni Beasiswa Afirmasi, Targeted, dan Umum.

Beasiswa Afirmasi terbagi dalan beberapa kategori, yakni beasiswa afirmasi dalam dan luar negeri, beasiswa Putra Putri Papua, Daerah Afirmasi, Penyandang Disabilitas, dan beasiswa Prasejahtera.
Sedangkan beasiswa Umum terbagi atas beasiswa reguler dalam dan luar negeri serta beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD).

Apa itu beasiswa LPDP?

Simak Cara Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2, Sudah Resmi Dibuka!LPDP Indonesia

LPDP merupakan lembaga pengelola dana abadi untuk mendanai beasiswa yang dinaungi dan pengawasan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Lalu siapa saja yang bisa mendaftar beasiswa LPDP? Beasiswa reguler LPDP menerima semua kalangan, dari masyarakat umum, CPNS/PNS, anggota TNI dan Polri. 

Untuk bisa mendaftar beasiswa LPDP, kamu wajib sudah menyelesaikan pendidikan S1 (Sarjana) ataupun D4 (sarjana terapan). Mengutip laman resmi LPDP Kemenkeu, pemerintah dan DPR RI pada tahun 2010 melalui UU Nomor 2 tahun 2010 tentang APBN-P 2010, menyepakati bahwa sebagian dana dari alokasi dana fungsi pendidikan dalam APBN-P tersebut dijadikan sebagai Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN).

Simak Cara Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2, Sudah Resmi Dibuka!Unsplash.com/Albany Capture

Nantinya, Badan Layanan Umum (BLU) akan mengelola dana LPDP dengan mekanisme pengelolaan dana abadi (endowment fund). 

Program beasiswa LPDP terdiri dari dua yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga. Sampai saat ini, belum ada program beasiswa LPDP untuk sarjana (S1) ataupun sarjana terapan (D4).

Masa studi untuk program Magister LPDP adalah 2 tahun dan untuk program Doktor 4 tahun. Pemegang beasiswa akan dikenakan penalti apabila tidak dapat menyelesaikan kuliah dalam waktu yang ditentukan atau melebihi masa waktu tersebut.

Cakupan Beasiswa LPDP

Simak Cara Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2, Sudah Resmi Dibuka!Pexels.com/Emily Ranquist

Menariknya, peserta program Beasiswa Reguler LPDP 2022 akan mendapatkan berbagai fasilitas mulai dari biaya pendidikan hingga biaya penunjang. Lalu apa saja fasilitas yang diterima peserta LPDP? Yuk simak di bawah ini!

Biaya Pendidikan:

  • Biaya Pendaftaran
  • Biaya SPP/Tuition Fee
  • Tunjangan Buku
  • Biaya Penelitian
  • Tesis/Disertasi
  • Biaya Seminar Internasional
  • Biaya Publikasi Jurnal Internasional

Biaya Pendukung

  • Transportasi
  • Aplikasi Visa/Residence Permit
  • Asuransi Kesehatan
  • Biaya Hidup Bulanan
  • Biaya Kedatangan
  • Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan)
  • Tunjangan keluarga (khusus Doktor)

Cara mendaftar Beasiswa LPDP tahap 2

Simak Cara Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2, Sudah Resmi Dibuka!Pinterest.com/Furious Photography

Menurut informasi dari laman resmi beasiswa LPDP, ada 2 persyaratan mendaftar beasiswa reguler LPDP, yaitu syarat umum dan syarat reguler. Untuk persyaratannya, kamu bisa melihat langsung di laman resmi LPDP. 

Untuk mendaftar beasiswa LPDP 2022, maka bisa mengikuti beberapa cara sebagai berikut ini:

1. Mendaftar secara online pada situs pendaftaran beasiswa LPDP, yakni https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.

3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

4. Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis dibuat/diterbitkan pada tahun 2022 (informasi detail terkait dokumen dapat dilihat pada booklet atau buku panduan masing-masing program).

Proses seleksi beasiswa LPDP 2022 menyesuaikan kondisi serta kebijakan dari pemerintah terkait pandemi COVID-19. Dengan kondisi tersebut, nantinya proses seleksi bisa dilakukan secara online atau offline dan bisa juga gabungan antara keduanya (hybrid).

Jadwal Proses Alur Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2

Simak Cara Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2, Sudah Resmi Dibuka!Dokumentasi LPDP

Terdapat beberapa proses alur pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2. Berikut jadwal proses alur pendaftaran LPDP tahap 2 mengutip laman resmi LPDP Kemenkeu.

1. Pendaftaran beasiswa: 4 Juli sampai 5 Agustus 2022

2. Seleksi Administrasi: 8-19 Agustus 2022.

3. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 22 Agustus 2022.

4. Seleksi bakat skolastik: 29 Agustus 2022 sampai 10 September 2022.

5. Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik: 15 September 2022.

6. Seleksi substansi: 26 September sampai 4 November 2022.

7. Pengumuman hasil seleksi substansi: 11 November 2022.

Pendidikan sangatlah penting bagi diri kita. Selain menambah wawasan, pendidikan membuat kita dapat berkontribusi kepada negara dan memajukan bangsa. Apa kamu tertarik Bela?

Baca Juga: Glow & Lovely Buka Kesempatan Beasiswa untuk Perempuan, Ini Caranya!

Baca Juga: Siapa Sangka, 5 Artis Idola Kpop Ini Meneruskan Jenjang Pendidikan S2

Baca Juga: Deretan Artis Muda Ini Pilih Cuti Karier Demi Pendidikan