Memiliki Sumber Minyak Berlimpah, Ini 7 Negara Muslim Terkaya di Dunia

Banyak sultan bergelimang harta di negara-negara tersebut

Memiliki Sumber Minyak Berlimpah, Ini 7 Negara Muslim Terkaya di Dunia

Islam merupakan agama terbesar kedua di dunia dengan jumlah pemeluknya sebesar 1,91 miliar per tahun 2022 dan tersebar luas di seluruh dunia. Di Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara nomor satu dengan populasi penduduk Muslim sebesar 87,2% dari seluruhnya.

Sedangkan negara dengan pemeluk muslim terbanyak lainnya meliputi, Afghanistan, Albania, Turki, Brunei Darussalam, Arab Saudi, dan Mesir. Meski sama-sama bermayoritas penduduk Muslim, deretan negara ini mempunyai perbedaan dari segi ekonomi, kesejahteraan penduduk, dan sumber pendapatan.

Perekonomian negara Muslim yang di Jazirah Arab seperti di Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab dinilai lebih maju. Ini karena tingginya sumber pendapatan negara tersebut dipengaruhi oleh tingkat produksi sumber daya minyak bumi dan gas alam yang cukup pesat.

Lantas, di mana saja negara mayoritas muslim terkaya dunia?

1. Qatar

Memiliki Sumber Minyak Berlimpah, Ini 7 Negara Muslim Terkaya di Dunia

Qatar memasuki nomor pertama negara muslim terkaya di dunia. Walaupun negara ini cukup kecil dengan luas 11,571 km persegi dengan populasi 2,6 juta jiwa per tahun 2023. Tetapi Qatar menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat di dunia.

Negara yang pernah menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022 ini memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar US$ 100.037 per kapita pada tahun 2021. Sumber pendapatan utama Qatar berasal dari ekspor dari gas alam, minyak, dan petrokimia.

2. Kuwait

Lagi, daftar negara di Jazirah Arab yang masuk dalam list negara mayoritas muslim terkaya di dunia. Adalah Kuwait yang dikelilingi dengan dataran gurun pasir dengan bukit-bukit kecil dengan jumlah penduduk 3,5 juta jiwa.

Lajunya ekonomi Kuwait ditopang oleh industri perkapalan, jasa keuangan dan cadangan minyak dan gas alam nelimpah. Menurut OPEC per 2018, Kuwait menyimpan cadangan minyak alam sebesar 96,8 miliar barel atau 10% dari cadangan minyak dunia di seluruh dunia. Kekayaan ini belum termasuk cadangan gas alam sebesar 1,498 triliun meter kubik.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here