WhatsApp tak pernah kehabisan akal untuk menggelontorkan fitur yang dapat memudahkan para penggunanya. Mengutip CNN International, WhatsApp merilis fitur mengirim pesan ke nomor sendiri per Oktober 2022. Fitur ini telah rampung untuk semua pengguna WhatsApp beta di iOS maupun Android.

Bahkan fitur ini juga bisa dicoba oleh para pengguna WhatsApp beta di Indonesia. Meskipun fitur satu ini cukup sederhana, penemuan ini cukup jenius dan banyak kegunaan yang dapat kamu rasakan. Dengan chat ke nomor sendiri di WhatsApp, kamu dapat mengirimkan pesan dari dan ke nomor milikmu.

Kamu bisa mengirim berbagai pesan ke dalamnya, mulai dari notes, file, foto, bahkan video. Jadi, kamu tak perlu repot-repot lagi membuka notes untuk menyimpan catatan atau file milikmu. Sungguh efektif, bukan?

Cara memakai fitur mengirim pesan ke nomor sendiri

Fitur Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri Akan Hadir di IndonesiaUnsplash.com

Demi memudahkan untuk mengirim pesan ke nomor sendiri, banyak pada pengguna menggunakan laman Wa.me di browser laptop atau komputer. Setelah itu para pengguna akan men-scan kode yang ada di aplikasi WhatsApp di gawai untuk mengirimkan pesan.

Kini kamu tak perlu repot-repot lagi Bela. Menghimpun WABetaInfo, kini WhatsApp menyuguhkan opsi tersebut pada aplikasi WhatsApp Android versi beta 2.22.24.9,  beta 2.22.24.11 dan WhatsApp iOS ersi 22.23.74 untuk pengguna iOS.

Bagaimana caranya? Yuk, simak di bawah ini!

Fitur Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri Akan Hadir di IndonesiaKingdomTaurus.net
Fitur Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri Akan Hadir di IndonesiaDetik.com

1. Tekan ikon pesan WhatsApp yang berada di ujung kanan bawah. Di sana, terdapat beragam pilihan  mulai dari Grup baru, Kontak baru, hingga daftar kontak yang terdaftar di WhatsApp.

2. Di bagian bawah daftar kontak, akan muncul kontak dengan nomormu sendiri dengan keterangan "Kirim pesan ke diri sendiri"

3. Kamu bisa mengklik nama kontak milikmu lalu mengirim pesan. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa meneruskan (forward) pesan dari kontak lain ke nomormu sendiri. Caranya pun sama seperti pada umumnya meneruskan pesan di WhatsApp.

4.  Nantinya, nama kontak kalian akan terpampang di dalam daftar chat WhatsApp. 5. Perlu diingat bahwa semua pesan yang dikirim ke kontak kalian sendiri akan muncul di semua platform yang terhubung WhatsApp. Tentunya, pesan kalian akan terlindungi keamanannya oleh enkripsi end-to-end.

Awalnya fitur ini tak mengusung konsep WhatsApp multi-device (lebih dari satu perangkat). Namun, demi meningkatkan pengalaman pengguna, WhatsApp pun menarik kembali konsep tersebut dan kini semua pesan yang dikirim ke nomor akan bisa muncul di semua perangkat yang tersambung.

Perlu ditekankan, fitur ini baru tersedia untuk pengguna WhatsApp versi beta saja. Sampai berita ini rilis, fitur chat ke nomor sendiri belum bisa dipakai pada versi stabil WhatsApp.

Baca Juga: WhatsApp Update: Kini Ada Fitur Blur Foto Sebelum Dikirim 

Baca Juga: 7 Cara agar WhatsApp Terlihat Offline padahal Online Tanpa Aplikasi

Baca Juga: Jangan Panik Dulu, Lakukan Cara Ini Kalau WhatsApp Kamu Diretas!