Meskipun era globalisasi sudah maju dan semakin banyak orang open-minded, faktanya rasisme terhadap suatu ras, suku, dan agama masih saja kerap terjadi. Aksi rasisme ini juga diterima berbagai kalangan, tak terkecuali selebriti Hollywood.

Caleb Mclaughin, pemeran Lucas Sinclair dalam serial hits Netflix, Stranger Things, harus berhadapan atas perlakuan rasisme dari penggemarnya. Perlakuan ini terjadi pada dirinya ketika membintangi Stranger Things musim pertama, yang sangat memengaruhi dirinya hingga sekarang.

"Pada acara Meet and Greet pertamaku di Comic-Con, tak banyak yang mengantri di mejaku karena aku orang hitam. Bahkan di antaranya berkata, 'Oh, aku tak mau bertemu denganmu karena kamu jahat dengan Eleven [Millie Bobby Brown]."

Caleb menambahkan, bahkan sampai sekarang pun masih banyak yang enggan mendukungnya karena perbedaan warna kulitnya.

Aktor 'Stranger Things' Caleb McLaughin Dapat Rasisme dari PenggemarNetflix.net

Terkadang sangat sulit membicarakan rasisme yang aku rasakan kepada orang yang lain. Tetapi pada saat itu, aku merasa sangat tertekan akan perlakuan rasisme yang mempengaruhiku hingga sekarang," ungkapnya dalam wawancara di Heroes Comic Con Belgium convention.

Memulai kariernya ketika umur 14 tahun di serial Stranger Things, McLaughlin sering mempertanyakan dirinya,

"Mengapa aku paling sedikit disukai dibandingkan teman-temanku?" Padahal aku berada di acara (Stranger Things) yang sama dengan semuanya sejak musim 1."

Tetapi perlakuan buruk yang diterima McLaughlin pun membuat dirinya bangkit dan tetap pede dengan semua aspek, baik dari fisik, bakat, maupun kepribadiannya dalam dirinya.

"Karena itu aku berusaha untuk menyebarkan kebaikan dan cinta untuk semua orang dan aku tak akan membenci orang-orang yang sudah memperlakukanku dengan buruk," tutupnya dengan kata-kata menyejukkan, mengutip Variety.

Rasisme di antara selebriti Hollywood berkulit hitam lumrah terjadi

Aktor 'Stranger Things' Caleb McLaughin Dapat Rasisme dari Penggemarinstagram.com/hallebailey

Fenomena rasisme dari penggemar, lumrah terjadi di kalangan selebriti berkulit hitam. Tak lama ini, aktris pemeran live action Little Mermaid, Halle Bailey menerima gunjingan keji dari warganet.

Para warganet berkomentar bahwa dirinya tak pantas memerankan Ariel, bahkan menghancurkan image Ariel itu sendiri. Halle Bailey dianggap merusak imajinasi banyak orang akan Ariel si putri duyung berkulit putih dengan rambut merah dan bersuara ayu, seperti yang ditampilkan dalam versi kartunnya.

Kasus lainnya juga dialami oleh Moses Ingram, pemeran Reva Sevander dalam Obi-wan Kenobi yang dibanjiri pesan berbau pelecehan, rasisme, dan ancaman. Para internet troller ini memanggilnya dengan julukan "N-word" yang memiliki arti sangat menyinggung bagi orang berkulit hitam.

Aktor 'Stranger Things' Caleb McLaughin Dapat Rasisme dari PenggemarNau.ch

Atau kasus kematian pria keturunan Afrika-Amerika, George Floyd, pada 25 Mei 2020 lalu yang menimbulkan kecaman keras dari seluruh orang di dunia. Semua kalangan, baik selebritis, politikus, bahkan warga biasa pun mengutuk keras akan perilaku diskriminasi ras kulit hitam dan tindakan brutal oleh polisi bernama Derek Chauvin.

Semua orang berbondong-bondong mengecam kasus tersebut, dengan memanfaatkan media sosial untuk menyuarakan keadilan bagi orang berkulit hitam, hingga turun ke jalan dan menggaungkan gerakan kemanusiaan bertagar #BlackLivesMatter.

Kamu pun bisa ikut memerangi rasisme dengan memulainya dari hal sederhana, Bela. Misalnya dengan menjunjung keragaman dan perbedaan dari orang berbagai suku, agama, warna kulit dan budaya. Selain itu, kamu pun bisa menjadi pendengar yang baik bagi korban rasisme yang terjadi di sekitarmu, baik teman dan keluarga.

Mendengarkan cerita mereka tak hanya membuat para korban rasisme merasa dihargai, tetapi juga dapat menumbuhkan perilaku simpati kepada mereka.

Baca Juga: Ada Rich Brian, ini 5 Artis Asia yang Pernah Dituding Rasis

Baca Juga: 5 Seleb Hollywood Ini Tak Dapat Pekerjaan karena Isu Rasisme

Baca Juga: Dikritik Warganet, 5 Selebritas Ini Sempat Tersandung Kasus Rasisme