7 Cara Mengatasi Burnout Belajar, Utamakan Manajemen Waktu

Klik artikel ini kalau kamu sedang burnout belajar

7 Cara Mengatasi Burnout Belajar, Utamakan Manajemen Waktu

Burnout merupakan keadaan fisik dan mental yang kelelahan akibat stres, jenuh, dan beban kerja yang berat. Kondisi burnout sangat memengaruhi aktivitas sehari-hari, baik dalam bekerja, belajar, bahkan hobi atau kebiasaan. Apabila kamu merasa cemas, demotivasi, susah fokus, ini menandakan bahwa kamu mengalami burnout.

Untuk kamu yang sedang menimba ilmu, burnout tentunya menjadi hambatan tersendiri dalam mempelajari hal baru. Maka dari itu, cara mengatasi burnout belajar di bawah ini bisa membantu kamu untuk lebih fokus untuk menerima pelajaran dengan baik.

Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Menentukan prioritas

7 Cara Mengatasi Burnout Belajar, Utamakan Manajemen Waktu

Setiap harinya, kita dihadapkan dengan banyak kegiatan dan rutinitas. Supaya tidak kewalahan dalam mengerjakannya, kamu perlu menentukan skala prioritas. Mulailah mengerjakan pekerjaan yang menjadi prioritas utama terlebih dahulu.

Begitu halnya dengan belajar. Untuk mengatasi burnout belajar, jika sempat, kamu bisa belajar di pagi hari setelah mandi. Nggak perlu lama-lama kok, kamu bisa memulainya selama 15-20 menit untuk me-refresh ilmu yang dipelajari. Hasilnya, kamu tidak akan menganggap belajar sebagai suatu kewajiban, melainkan sebagai rutinitas.

2. Manajemen waktu yang baik

Kunci utama dalam menentukan skala prioritas adalah dengan manajemen waktu yang baik. Hindari mengerjakan banyak tugas sekaligus dalam satu waktu atau multitasking. Karena cara ini justru membuatmu cepat lelah dan menjerumuskanmu pada keadaan burnout.

Untuk mengatur time management, kamu bisa mulai dengan membuat to-do list. Misalnya saja, mulai belajar setelah kamu menyelesaikan pekerjaan atau tugas dahulu. Hal ini bisa membuat kamu lebih fokus dalam menyerap ilmu yang dipelajari. Soal prioritas pekerjaan atau tugas, kamu bisa membuat jadwal atau memasang alarm untuk mengerjakan tugas setiap harinya.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here