Humblebragger adalah salah satu tipe karakter orang yang cukup tidak disukai. Tidak sampai mengganggu orang lain, sih. Meski demikian, setiap kali melihat kelakuan orang yang humble bragging, bawaannya langsung ilfeel dan malas bergaul dengannya. FYI, humblebragger adalah orang yang sebenarnya suka pamer, tapi menutupinya dengan keluhan, seolah dia tidak bangga atau malah keberatan dengan apa yang dipamerkan tersebut.

Sikap humble bragging ini biasa kita temukan di mana saja, di lingkungan pergaulan, lingkungan kerja, bahkan dunia maya. Misalnya ketika ada yang bilang “Aduh aku males deh, dideketin sama banyak cowok sekaligus gini,” atau “Kerjaanku sudah banyak, tapi tahu-tahu disuruh buat artikel untuk majalah National Geographic,” atau “Capek banget seharian ini langsung servis 2 mobil sekaligus.” Sebisa mungkin, kamu wajib menghindari sikap ini, Bela.

Humblebragger, Tipe Orang yang Paling Dibenci di Lingkungan Sosial

Maksudnya, jangan terlalu sering mengungkapkan semua kelebihan dan keunggulan yang kamu miliki. Bangga dengan apa yang dicapai memang bagus, tapi kalau terlalu sering menunjukkannya, artinya kamu haus perhatian dan pengakuan orang lain. Kalau kamu hanya mengungkapkannya sesekali, justru kelebihanmu itu lebih diakui dan terlihat lebih keren, daripada diumbar terus.

Humblebragger, Tipe Orang yang Paling Dibenci di Lingkungan Sosial

Siapa saja orang yang kamu ajak mengobrol saat itu? Siapa saja teman-temanmu di Facebook yang akan membaca postinganmu soal kelebihan dan harta yang kamu miliki? Jangan sampai apa yang kamu katakan atau tulis membuat mereka jadi rendah diri atau minder. Tidak perlulah membahas berapa banyak bisnis orangtua dan repotnya mereka di depan teman yang keuangannya pas-pasan. Hindari juga menyombongkan kesuksesanmu di depan orang yang masih bingung memulai kariernya.

Humblebragger, Tipe Orang yang Paling Dibenci di Lingkungan Sosial

Sesekali coba deh amati postingan media sosial teman-temanmu, atau perkataan mereka. Pasti kamu akan menemukan postingan tentang prestasi seseorang yang disampaikan dengan bahasa lebih sopan tanpa kesan sombong. Ada juga yang membuat status humble bragging. Pelajari keduanya agar kamu tahu bagaimana cara menulis status yang sopan tanpa terkesan sombong.

Humblebragger, Tipe Orang yang Paling Dibenci di Lingkungan Sosial

Kalau kamu sering mengamati orang yang kerap humble bragging, kamu dengan sendirinya akan menunjukkan sikap yang berbeda. Ini karena kamu tidak suka dengan orang itu, dan secara otomatis pikiranmu akan mencoba mengendalikan perilaku agar tidak bersikap sama.

Jadi humblebragger itu nggak enak, loh, Bela. Diam-diam orang lain akan membicarakan kejelekanmu dan menjadikanmu bahan candaan. Jangan sampai kamu mengalaminya, ya.

BACA JUGA: Teman Sekantor Menyebalkan? Hadapi dengan 3 Cara Ini​