Hampir tiga tahun berlalu, penerimaan CPNS lama tidak lagi dibuka oleh pemerintah. Rekrutmen yang diincar oleh banyak orang tersebut memang menjanjikan masa tua yang cukup menggiurkan. Selain itu, kalau kamu adalah tipe orang yang ingin mengabdi kepada negara, kamu pantas untuk mencobanya seperti anak perempuan Presiden RI, Kahiyang Ayu, yang mengikuti tes CPNS pada tahun 2014 lalu. Walaupun penerimaan CPNS cukup lama sudah tidak ada, kini Bela bisa coba mengikuti penerimaan pegawai pemerintah namun dengan status non PNS di berbagai instansi pemerintah atau kementrian yang banyak dibuka, seperti PERUM PERURI, LAPAN, Badan Informasi Geospasial, Kemenko Perekonomian, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan lain-lain. Mungkin banyak yang bertanya mengapa yang dibuka untuk status non PNS? Simak alasan-alasan berikut ini dari pengalaman interview beberapa orang yang sudah diterima sebagai pegawai pemerintah non PNS di beberapa instansi pemerintah.

Kalau Benar Terjadi, Ini Alasannya Kenapa Pemerintah Rekrut Pegawai Non PNS

Kalau kamu bekerja sama dengan orang yang kelihatannya sudah berumur, namun masih semangat ‘45 dalam bekerja menjalankan tugas-tugasnya, kamu patut memberikan apresiasi yang tinggi kepada orang tersebut. Akan tetapi, faktanya kini di beberapa instansi pemerintah sebagian besar para PNS yang sudah berumur dan kurang produktif sehingga cukup mengganggu operasional. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan sebuah instansi membutuhkan tenaga pendukung untuk membantunya.

Kalau Benar Terjadi, Ini Alasannya Kenapa Pemerintah Rekrut Pegawai Non PNS

Baik perusahaan maupun instansi pemerintah menginginkan adanya sebuah kemajuan seiring dengan berkembangnya teknologi. Kemajuan tersebut bisa diperoleh dari gabungan ide para generasi muda dan pengalaman para generasi pendahulunya. Seperti yang Bela tahu dari poin sebelumnya, instansi pemerintah sebagian besar dihuni oleh PNS yang sudah berumur di mana beberapa dari mereka menganggap sudah tidak perlu lagi memberikan masukan atau ide-ide segar karena mereka kini bekerja hanya tinggal beberapa tahun lagi hingga masuk masa pensiun nanti.

Kalau Benar Terjadi, Ini Alasannya Kenapa Pemerintah Rekrut Pegawai Non PNS

Lulusan sekolah kedinasan memang banyak diincar bukan hanya oleh instansi pemerintah bahkan perusahaan swasta pun ikut mengincarnya. Mereka dinilai lebih berkompeten karena belajar sesuai bidang pekerjaan yang diminati dari awal masuk sekolah dan telah melalui beberapa seleksi yang ketat sebelum masuk sekolah kedinasan tersebut layaknya rekrutmen perusahaan besar. Selain itu, anggaran untuk PNS dan non PNS memang sudah disiapkan sebelumnya saat merancang APBN.

Well, terlepas dari alasan-alasan tersebut nggak ada salahnya untuk dicoba penerimaan pegawai pemerintah non PNS, hanya pertimbangan pilihannya adalah masa kerjanya saja antara kontrak atau tetap. Selain itu, benefit  yang didapat oleh pegawai kontrak dengan pegawai tetap jelas juga akan berbeda, terutama di beberapa tunjangannya. Namun kalau kamu memang pure ingin mengabdi kepada negara, hal tersebut nggak perlu jadi masalah.

 

BACA JUGA: Punya Karakter Pemalu? Contek Trik Singkat Saat Menghadapi Wawancara