Semakin ke mari, waktu istirahat berkualitas yang dimiliki para wanita karier nampaknya makin berkurang. Bekerja dari pagi hingga menjelang malam, pulang masih harus mengurusi rumah tangga, belum lagi jika memiliki usaha sampingan yang juga menuntut perhatian. Ketika waktu istirahat hanya sedikit, yang paling terkena dampaknya adalah produktifitas dalam bekerja keesokan harinya. Apakah kamu sering mengalaminya, Bela? Agar masalah kurang tidur malam harinya tidak terlalu mengganggu aktivitasmu di hari berikutnya, lakukan tujuh cara ini ya!

Segeralah bangun dan jangan memperpanjang waktu tidurmu

 
Orang yang sedang kelelahan dan memang kurang istirahat, ketika bangun di pagi hari akan merasa ingin menambah jam tidur lagi dan lagi. Mungkin hal ini terdengar wajar, namun penelitian mengungkapkan bahwa menambah waktu tidur setelah kamu terbangun, tidak akan membuat rasa lelahmu hilang. Hal ini justru akan memperparah rasa malasmu.

Segera kategorikan dan tentukan tugas-tugas yang harus kamu selesaikan

 
Jangan langsung beranjak menuju kamar mandi dan bersiap-siap untuk pergi ke kantor. Luangkan waktu barang sejenak untuk duduk dan berpikir mengenai berapa banyak beban pekerjaanmu di hari itu. Karena kondisi tubuhmu sedang tidak maksimal, lebih baik kamu kategorikan tugas-tugas apa saja yang bisa lebih dulu kamu selesaikan. Buat urutan dari yang paling mudah, sedang, hingga paling sulit.

Jangan remehkan sarapan, pastikan hal ini sudah jadi kebiasaan

 
Sarapan itu tak boleh diremehkan, karena dapat memberi energi pada tubuh untuk menjaga agar tetap produktif. Ingat, sarapan tak selalu identik dengan menu berat seperti nasi, tapi bahkan roti dan teh pun sudah bisa disebut sarapan. Beberapa penelitian juga menyebutkan, kalau sarapan satu jam setelah bangun pagi akan berguna untuk meningkatkan mood seseorang. Kalau mood-mu bagus, bukankah kamu akan lebih semangat dan produktif?

Jangan hanya duduk diam di balik meja, rajin-rajinlah bergerak

 
Tubuh selalu memerlukan pergerakan yang banyak untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga agar tetap bugar. Olahraga ringan akan berguna untuk menopang rutinitas pekerjaanmu seharian. Melakukannya di kantor pun tak ada salahnya. Kamu bisa mengangkat beban berupa buku-buku misalnya, squat dengan menggunakan kursi kantor, dan beragam cara lainnya.

Kalau memang serius ingin produktif, jauhkan dirimu dari distraksi

 
Semakin sedikit istirahatmu, maka akan semakin lelah tubuh dan pikiranmu, semakin besar pula potensimu untuk terdistraksi ketika bekerja. Jauhkan diri dari hal-hal yang dapat memecah fokus dan konsentrasimu dalam bekerja, seperti ponsel misalnya. Singkirkan sejenak dari atas meja kerjamu dan putus koneksi internet ketika kamu memang sedang tidak membutuhkannya. Bukankah media sosial seringkali amat mengganggu?

Jangan ragu untuk keluar dari kantor, sekadar menikmati hangatnya matahari

 
Ketika rasa lelah tak bisa dibendung lagi, jangan ragu untuk keluar kantor dan merasakan sinar matahari. Jangan pula menggunakan kacamata hitam, karena penelitian menyebut bahwa cahaya matahari bisa sangat membantumu agar produktif dalam bekerja. Percayalah, selain sinar matahari, udara segar dan suasana di luar, akan membantu meringankan rasa lelahmu akibat kurang istirahat.

Kalau memungkinkan, luangkan sedikit saja waktu untuk tidur siang

 
Tak bisa dipungkiri, biar bagaimanapun tubuh yang sedang kelelahan sangat membutuhkan istirahat. Saat jam istirahat siang, gunakan waktu 15-20 menit untuk tidur siang. Hal ini penting demi mengembalikan tenaga dan kebugaran tubuhmu lagi. Tidur siang terbukti mampu mengembalikan energi dan produktivitasmu hingga dua kali lipat lho. Kamu berminat?

Tujuh cara di atas akan membantu menjaga produktifitasmu dalam bekerja meski sedang kelelahan akibat kurang tidur. Tapi, yang harus kamu camkan Bela, akan sangat baik kalau kamu punya waktu yang cukup untuk istrahat agar tenagamu selalu fresh dan mood-mu selalu dalam kondisi baik.

 

BACA JUGA : 6 Kebiasaan Buruk yang Menjadikanmu Kurang Produktif