Sudah bukan rahasia lagi, bahwa mengembangkan jaringan atau networking seluas-luasnya merupakan hal penting dalam dunia pekerjaan. Hal ini ialah salah satu cara terbaik untuk mencari tahu tentang kesempatan kerja dan untuk meningkatkan karier profesional. Networking, bukan hanya sekadar menambah lingkaran pertemanan saja, tapi juga bisa menambah proyek sampingan bahkan pekerjaan yang lebih menjanjikan. Yuk, simak lima tips perluas networking berikut ini Bela!

Rajinlah memperbanyak kenalan dengan mengikuti workshop atau seminar

 
Begitu banyak pengusaha yang berhasil membangun jaringan bisnis cukup kuat, berawal dari sebuah perkenalan yang berujung menjadi rekan bisnis yang solid. Karena itulah, jangan sungkan mendatangi banyak acara seperti workshop atau seminar untuk memperbanyak kenalan. Sebab, di acara macam itu akan banyak sekali peserta dengan background atau profesi yang beragam. Memulai dengan obrolan singkat dan saling bertukar kontak ialah sebuah awal yang tepat.

Jangan pernah lupakan kartu namamu dan mulailah belajar mengingat nama orang

 
Yang perlu kamu camkan, keberadaan kartu nama ialah senjata utama dalam memperluas jaringan bisnis. Ketika kamu bertemu dengan rekan bisnis yang baru, jangan pernah lupa untuk memberikan kartu namamu. Meski nampak bagai hal sepele, tapi trik yang satu ini tak bisa kamu remehkan, sebab akan berdampak besar di kemudian hari. Identitas yang tercantum di situ akan memudahkan mereka untuk menghubungimu. Supaya calon relasi bisnismu terkesan, saat berbicara sebutlah nama mereka agar merasa terkesan.

Setelahnya, follow up perkenalan kalian dan tetaplah berhubungan

 
Setelah pulang dari sebuah atau beberapa event dan berhasil mendapatkan kenalan, jangan lantas diabaikan. Lakukan follow up dengan orang-orang yang sudah berinteraksi denganmu. Buat dirimu tetap berhubungan dengan mereka. Mulai dari pamitan dari acara tersebut, menanyakan kabar mereka di kemudian hari, atau melakukan follow up melalui beragam media sosial macam facebook, twitter ataupun LinkedIn. Pastikan profile online mu cukup menarik ya Bela.

Agar mereka mudah mengingatmu, buatlah dirimu unik dan berbeda

 
Ingatlah, kamu bukan satu-satunya orang di dunia ini yang sedang berusaha membangun jaringan atau networking. Itu sebabnya, kamu harus mulai memikirkan alasan kenapa orang lain perlu menjalin jejaring kerja denganmu. Mulai fokuslah mencari kekuatan diri dan pertimbangkan bagaimana hal itu akan membuatmu tampak menonjol dibanding yang lainnya. Kalau perlu, tulislah beberapa poin yang bisa jadi bahan untuk membuka komunikasi.

Terakhir dan yang paling penting, mulailah dari sekarang!

 
Dari semua tips networking, yang paling penting ialah mulai dari sekarang. Selain mengikuti beragam event, cobalah untuk bergabung dengan forum atau komunitas pengusaha yang ada di kotamu. Cara ini terbukti cukup efektif untuk membantumu membangun dan memperluas jaringan bisnis baru. Karena berada di sebuah forum akan memberimu banyak peluang untuk mengenal banyak pengusaha yang memiliki beragam jenis usaha. Mulailah rajin berkenalan dengan orang-orang baru dan jangan lupa perbarui profil online-mu.
 
Sudah siap membangun dan memperluas jaringan bisnismu Bela? Jadilah pribadi yang gigih atau persisten dan penuh percaya diri untuk memulai segala tips ini.

BACA JUGA : Saat Berkarier, Bentuk Citra Dirimu Melalui 5 Langkah Ini