Kebanyakan orang tak menyadari jika mereka memiliki kebiasaan buruk yang selalu dilakukan di tempat kerja dan pada akhirnya akan berdampak pada kinerja di kantor. Meski tak pernah ada teguran dari atasan, ada baiknya kamu hilangkan kebiasaan-kebiasaan di bawah ini demi masa depan kariermu Bela!

Datang terlambat

Kebiasaan Buruk di Tempat Kerja yang Bisa Menghambat Kariermuunsplash.com/Mounzer Awad

Mau itu terlambat datang ke kantor atau terlambat saat meeting, kebiasaan buruk ini harus kamu hentikan. Karena pasalnya, keterlambatan yang terus menerus akan menurunkan produktivitas seseorang.

Multitasking

Kebiasaan Buruk di Tempat Kerja yang Bisa Menghambat Kariermuunsplash.com/STIL

Kalau selama ini kamu bangga karena mampu mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan, kamu salah besar. Beberapa penelitian menyebutkan, jika seseorang mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus, hal itu justru akan menurunkan produktivitasnya hingga 40 persen.

Membicarakan masalah pribadi

Kebiasaan Buruk di Tempat Kerja yang Bisa Menghambat Kariermuunsplash.com/David Lezcano

Jangan pernah bawa masalah pribadi kamu ke kantor atau malah menjadikannya alasan untuk tidak menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik. Percayalah, hal itu malah akan membuatmu kelihatan tidak profesional di mata atasan dan rekan kerja yang lain.

Bergosip atau membicarakan orang lain

Kebiasaan Buruk di Tempat Kerja yang Bisa Menghambat Kariermuunsplash.com/Ramiro Mendes

Khususnya wanita, sebagian besar pasti memandang jika membicarakan orang lain merupakan hal seri dan menyenangkan. Meski awalnya rekan kerjamu akan tertarik mendengarkannya, tapi lama-kelamaan mereka juga akan tak suka karena takut dijadikan topik pembicaraan juga.

Fasilitas kantor untuk pribadi

Kebiasaan Buruk di Tempat Kerja yang Bisa Menghambat Kariermuunsplash.com/rawpixel

Banyak karyawan yang terbiasa melakukan hal ini dengan dalih simbiosis mutualisme dengan perusahaan. Itu adalah pemikiran yang salah dan akan menguatkan kesan jika kamu tidak profesional. Jangan pernah lagi menggunakan komputer, printer, telepon, mobil kantor untuk kegiatan pribadimu ya.

Terus menerus melihat handphone

Kebiasaan Buruk di Tempat Kerja yang Bisa Menghambat Kariermuunsplash.com/EveryGirlBoss.com

Sebagian pekerja mengaku bahwa smart phone merupakan distraksi terbesar yang seringkali mengganggu produktivitas mereka di kantor. Semakin kamu tidak mampu jauh dari benda kecil itu, semakin sulit pula kamu menyelesaikan pekerjaan.

Mengeluhkan pekerjaan

Kebiasaan Buruk di Tempat Kerja yang Bisa Menghambat Kariermuunsplash.com/rawpixel

Jangan terus menerus mengatakan hal buruk tentang pekerjaan di depan rekan kerjamu. Hal tersebut akan membuatmu kelihatan tidak profesional dan kurang bersyukur atas apa yang kamu miliki. Kalau sampai atasanmu tahu, bisa-bisa kamu malah diberhentikan dari kantor lho.

Jadi, sudah tahu kebiasaan buruk mana yang harus kamu hilangkan lebih dulu Bela? Semoga belum terlambat untuk mengubahnya ya!

BACA JUGA : 5 Kebiasaan Sederhana Ini Membantumu Lebih Mudah Beradaptasi di Lingkungan Baru