Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Jurusan di UGM yang Sepi Peminat 2024 dan Prospek Kariernya

Kamu siap jadi Gadjah Mada Muda selanjutnya?

Zikra Mulia Irawati

Kamu sedang mencari jurusan di UGM yang sepi peminat untuk daftar kuliah tahun ini? Pas banget, Popbela akan membuat daftarnya. Jurusan-jurusan tersebut bisa kamu pilih saat mengikuti SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes), dan jalur mandiri.

Ada tujuh jurusan di Universitas Gadjah Mada yang berasal dari rumpun keilmuan Saintek dan Soshum dalam daftar ini. Ketujuhnya menggaet peminat kurang dari 200 orang pada SNBT tahun lalu. Kalau kamu memilihnya, bukan tak mungkin kesempatan menjadi Gadjah Mada Muda alias Gamada terbuka lebar.

Penasaran ada jurusan apa saja?

1. S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

pkp.faperta.ugm.ac.id

Jumlah peminat SNBT 2023: 126
Daya tampung 2024: SNBP 12, SNBT 12, Mandiri 26
Rumpun keilmuan: Saintek

Mahasiswa S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian punya potensi berkarier di bidang yang berhubungan dengan komunikasi dan penyebaran informasi pertanian setelah lulus.

Selama kuliah, mereka akan mempelajari bidang penyuluhan dan komunikasi yang meliputi pengelolahan di tingkat petani dengan pemahaman kondisi masyarakat desa, serta pengembangan penyebaran informasi pertanian.

Selain berkarier sebagai konsultan komunikasi pertanian secara mandiri, mereka juga berkesempatan untuk bekerja di sejumlah instansi seperti Kementrian Pertanian, Kementrian Kehutanan, Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Bulog, perusahaan media, hingga perbankan.

2. S-1 Proteksi Tanaman

proteksi.faperta.ugm.ac.id

Jumlah peminat SNBT 2023: 134
Daya tampung 2024: SNBP 23, SNBT 23, Mandiri 29
Rumpun keilmuan: Saintek

Hama tumbuhan merupakan faktor yang kerap membuat petani merugi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, UGM menyediakan jurusan S-1 Proteksi Tanaman.

Mahasiswa akan diajari soal pengelolahan dan penyakit hama tumbuhan berdasarkan pada prinsip Pengendalian Hama Tanaman (PHT) selama masa studi. Tujuannya, ilmu ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung sistem produksi pertanian yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Dengan bekal ilmu tersebut, lulusan jurusan ini bisa bekerja di lembaga-lembaga pemerintah, seperti Kementrian Pertanian, Kementrian Riset dan teknologi, LIPI, Bappeda, dan Badan Karantina Nasional. Selain itu, mereka juga bisa melamar di perusahaan-perusahaan BUMN hingga perusahaan swasta nasional dan internasional.

3. S-1 Fisika

fisika.fmipa.ugm.ac.id

Jumlah peminat SNBT 2023: 152
Daya tampung 2024: SNBP 21, SNBT 21, Mandiri 28
Rumpun keilmuan: Saintek

S-1 Fisika mempelajari aspek konseptual fenomena alam dengan cabang ilmu Mekanika Klasik, Mekanika Kuantum, Fisika Statistik, Elektrodinamika, Teori Relativitas, dan Kosmologi. Kalau menjadi fisikawan adalah impian masa kecil kamu yang terpendam, jurusan sepi peminat di UGM yang satu ini bisa jadi pilihan.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai tenaga pendidik, peneliti, konsultan, pegawai pemerintahan, hingga wirausahawan. Lulusan ini bisa berkontribusi kepada masyarakat lewat instansi pemerintah seperti Badan Pusat Statistik, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Bappeda.

4. D-4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol

trik.sv.ugm.ac.id

Jumlah peminat SNBT 2023: 156
Daya tampung 2024: SNBP 22, SNBT 22, Mandiri 28
Rumpun keilmuan: Saintek

Mahasiswa D-4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi Dan Kontrol dirancang untuk menjadi ahli di bidang Instrumentasi dan Kontrol. Mahasiswa akan dibekali dengan kompetensi unggulan dalam perancangan, pengoperasian, dan perbaikan suatu sistem Instrumentasi, Metrologi, Kontrol, Otomasi, dan Robotika di Industri.

Berbeda dengan S-1, jenjang D-4 akan lebih banyak mengajak mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang sudah didapat di kelas. Oleh karena itu, jurusan ini ditunjang dengan fasilitas terbaik, seperti tenaga pendidik kompeten, laboratorium per bidang, hingga kesempatan pertukaran pelajar ke Jepang.

Setelah lulus, mahasiswa dari jurusan ini punya kesempatan berkarier di lembaga penelitian, perusahaan BUMN, hingga perusahaan swasta. Jika kamu suka berwirausaha, kamu juga bisa mengembangkan bisnis di bidang Instrumentasi dan Kontrol.

5. S-1 Bahasa dan Sastra Perancis

sastraprancis.fib.ugm.ac.i

Jumlah peminat SNBT 2023: 164
Daya tampung 2024: SNBP 14, SNBT 14, Mandiri 17
Rumpun keilmuan: Soshum

Kamu menyukai hal-hal tentang negara Prancis? Jika jawabannya iya, kamu pasti bakal cocok jadi mahasiswa S-1 Bahasa Dan Sastra Perancis UGM. Jurusan ini mengajakmu untuk menguasai ilmu bahasa, sastra dan budaya Prancis. Bahkan, kamu punya kesempatan menjadi anggota Francophone.

Setelah lulus, prospek karier jurusan ini bisa dibilang cukup luas. Tak cuma sebagai penerjemah atau guru bahasa, kamu bisa bekerja di Kementrian Luar Negeri, industri pariwisata, media massa, kantor kedutaan, hingga perusahan swasta. 

6. S-1 Mikrobiologi Pertanian

mikro.faperta.ugm.ac.id

Jumlah peminat SNBT 2023: 164
Daya tampung 2024: SNBP 11, SNBT 11, Mandiri 13
Rumpun keilmuan: Saintek

Industri pertanian ternyata juga bisa dikembangkan dengan berbasis mikroorganisme, lho! Oleh karena itu, UGM menawarkan jurusan S-1 Mikrobiologi Pertanian agar para calon ahli di bidang ini bisa mengembangkannya dengan tetap berprinsip ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Cakupan industri yang bisa digeluti lulusan jurusan ini setelah lulus pun terbilang luas, mulai dari perkebunan, perikanan, pertambangan, pakan, pangan, obat tradisional, sampai bahan kimia. Mereka pun bisa berkarier sebagai peneliti atau bergabung di instansi pemerintahan seperti Kementrian Pertanian, Kementrian Riset dan Teknologi, Kementrian Lingkungan Hidup, BPOM, dan Bappeda.

7. S-1 Manajemen Sumberdaya Akuatik (Manajemen Sumber Daya Perikanan)

Jumlah peminat SNBT 2023: 167
Daya tampung 2024: SNBP 23, SNBT 23, Mandiri 29
Rumpun keilmuan: Saintek

Sebagai negara maritim, Indonesia butuh banyak tenaga ahli di bidang perikanan. S-1 Manajemen Sumberdaya Akuatik (Manajemen Sumber Daya Perikanan) merupakan jurusan di UGM yang mempelajari pengelolaan perairan dan perikanan. Mereka juga diajari cara mengendalikan tingkat pemanfaatan sumber daya hayati perairan secara rasional dan lestari untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Setelah lulus, mahasiswa dari jurusan ini bisa berkontribusi untuk masyarakat melalui lembaga pemerintahan, seperti Kementrian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Kehutanan, Kementrian Perindustrian dan Perdagangan, Kementrian Riset dan Teknologi, Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Bappeda. Namun, mereka juga bisa bekerja di bidang yang sama melalui NGO, perusahaan BUMN, dan perusahaan swasta.

Sepi peminat bukan berarti jurusan tersebut punya kualitas yang buruk, ya, Bela. Sebaliknya, kamu malah punya kesempatan yang sedikit lebih lebar untuk menjadi mahasiswa UGM dengan memilih jurusan-jurusan tersebut. Yuk, tentukan pilihanmu dari sekarang!

IDN Media Channels

Latest from Working Life