Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Agar Tidak Canggung, Ini Cara Adaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Bisa totalitas dan terlihat profesional

Rosita Meinita

Meskipun pekerjaan baru itu menyenangkan, terkadang proses adaptasinya bisa membuatmu kewalahan. Bahkan ketika kamu baru saja mendapatkan pekerjaan impian dan semuanya berjalan mulus, perubahan bisa menjadi tantangan lho, Bela!

Nah, adaptasi dengan lingkungan nggak hanya tentang pekerjaan, tetapi memahami bagaimana lingkungan tempat kerja hingga rekan-rekan kerja yang ada di sana.

Nah, agar kamu tidak canggung, ini cara adaptasi di lingkungan kerja baru.

1. Jangan ragu bertanya

freepik.com/ javi_indy

Karena kamu adalah orang baru, kamu bisa mulai untuk mengajukan pertanyaan kepada atasanmu atau divisi terkait. Mengajukan pertanyaan nggak membuatmu terlihat kurang oke, tetapi kamu akan lebih inovatif kedepannya.

Adaptasi di lingkungan kerja baru dengan hal ini juga menunjukkan bahwa kamu orang yang ingin berkembang ke depannya, juga dapat menyalurkan ide-ide kreatifmu.

Kamu bisa menanyakan hal ke orang yang tepat sesuai hal yang ingin kamu butuhkan. Misalnya kamu bisa menanyakan regulasi absen ke General Affair, klaim reimbursement ke Accounting dsb.

2. Carilah mentor

freepik.com/ senivpetro

Memiliki mentor dalam pekerjaan barumu dapat membuatmu semakin mudah untuk memulai pekerjaan barumu. Mentor bisa kamu dapatkan pada atasan, senior satu divisi denganmu, atau hanya rekan kerja yang ramah.

Mereka akan menjawab pertanyaan dan membantumu baik untuk jobdesk, prosedur standar dan budaya kerja di kantor itu yang tentunya membantumu melakukan adaptasi di lingkungan kerja baru.

3. Mulai mengenal rekan kerja

freepik.com/ ijeab

Di luar mentormu, kamu bisa mulai menemukan lebih banyak rekan kerja. Dengan cara ini kamu akan lebih terhubung dan menjadi bagian dari keluarga dalam perusahaan itu.

Jangan ragu dan malu untuk memperkenalkan dirimu terlebih dahulu, sering mengajak ngobrol saat istirahat ataupun makan siang bersama. Melakukan personal touch terhadap rekan kerja juga dianggap menjadi adaptasi di lingkungan kerja baru yang ampuh.

4. Fokus pada jobdesk-mu

freepik.com/ pereslavtseva

Kamu mulai bisa mengenali bagaimana ritme kerja dari pekerjaan yang kamu pegang. Mulai mencari tahu divisi-divisi mana saja yang terkait dalam suatu jobdesk, hingga mengeksplorasi hal potensial apa yang ingin diimplementasikan.

Jangan kaget pada suatu perubahan yang mungkin tiba-tiba terjadi. Kamu harus mempunyai beberapa plan untuk mencapai goals-mu.

5. Jaga diri sendiri

freepik.com/ tirachardz

Menjaga diri sendiri bisa dengan menjaga pola makan, tetap olahraga dan pola tidur yang teratur. Hal ini tentunya akan membuat kamu sehat dan lebih produktif dalam bekerja untuk adaptasi di lingkungan kerja baru. Kesehatan fisik dan mental sangat memengaruhi bagaimana performa ke depanmu.

Yuk, semangat bekerja di lingkungan baru ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life