Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Ryu Jun Yeol, Aktor yang Berpacaran dengan Han So Hee

Sepak terjang Ryu Jun Yeol sebagai aktor Korea Selatan

Nindi Widya Wati

Ryu Jun Yeol sedang tersorot publik, karena kabar hubungannya dengan aktris Han So Hee. Kebenaran kabar kencan ini terbukti saat agensi sang aktor, C-Jes Studio, memberi konfirmasi. Bahkan, kini Dispatch telah membagikan beberapa foto liburan Ryu Jun Yeol dan Han So Hee, pada Senin (18/03/2024). 

Mencuatnya kabar tersebut, sontak membuat banyak orang ingin mengetahui sepak terjang Ryu Jun Yeol di dunia hiburan Korea Selatan. Sosok berdarah Suwon ini, memang menjadi aktor yang masuk dalam daftar aktor Chungmuro atau aktor kelas A yang bakat aktingnya patut diacungi jempol. Lantas, seperti apa perjalanan karier Ryu Jun Yeol? Yuk, simak informasinya berikut ini, Bela! 

Ryu Jun Yeol tempuh pendidikan Jurusan Film

Instagram.com / ryusdb

Ryu Jun Yeol lahir di Suwon, Korea Selatan pada 25 September 1986. Sebelum menggeluti dunia aktor, ia sempat menempuh pendidikan beasiswa di Jurusan Film, Universitas Suwon. Jun Yeol sembari kuliah, diketahui sempat melakoni pekerjaan paruh waktu sebagai pengantar pizza, buruh harian, hingga tutor sepulang kuliah.

Ryu Jun Yeol memulai karier aktor sejak tahun 2012

Instagram.com / ryusdb

Sedari muda, Ia terpantau sebagai orang pandai mengatur segala goals dalam hidupnya. Lantaran, terbukti pada tahun 2007, ia berani merampungkan wajib militer lebih dulu daripada memulai karier. Barulah, pada tahun 2012, Jun Yeol kemudian mulai berakting dalam film-film pendek dan produksi independen sebelum mendapat peran kecil dalam film INGtoogi: The Battle of Internet Trolls (2013). 

Ryu Jun Yeol makin tersohor lewat film Reply 1988

Instagram.com / ryusdb

Aktor yang berada di bawah naungan agensi C-Jes Entertainment ini, menarik perhatian publik pertama kali saat berperan sebagai Yang-ge di Socialphobia (2015). Barulah, kepiawaian aktingnya mendapat apresiasi penuh, melalui perannya menjadi Kim Jung-Hwan di seri televisi remaja Reply 1988 bersama Lee Hye-ri, Park Bo-gum, Go Kyung-pyo, dan Lee Dong-hwi.

Kemudian di tahun 2016, Ryu membintangi film bertema coming of age One Way Trip dan thriller kriminal No Tomorrow. Masih di tahun yang sama, ia mendapat peran utama pertamanya dalam komedi romantis Lucky Romance bersama Hwang Jung-eum.

Ryu Jun Yeol sabet Baeksang Arts Awards

Instagram.com / ryusdb

Berlanjut pada tahun 2017, Jun Yeol tampil dalam film kriminal politik The King yang membawanya memperoleh penghargaan Best New Actor di Baeksang Arts Awards, Pada tahun yang sama, ia tampil dalam film biografi A Taxi Driver yang menjadi film Korea terlaris tahun itu. Ryu juga muncul dalam film thriller legal Heart Blackened. 

Pada tahun 2018, Ryu tampil dalam film bertema drama Little Forest dan menjadi fokus utama dalam film aksi kriminal Believer. Pada tahun 2019, Ryu membintangi film aksi thriller Hit-and-Run Squad yang disutradarai oleh Han Jun-hee, film kejahatan Money dan film aksi sejarah The Battle: Roar to Victory yang disutradarai oleh Won Shin- yun.

Menginjak di tahun 2022, Ryu sempat bermain di film bergenre fantasi, Allenoid. Serta, merampungkan perannya di film The Night Owl yang menjadi film drama sejarah karya sutradara oleh Ahn Tae-jin. Jadi kabar cukup menggembirakan, saat kesuksesan film Anneloid pertama kini membawa Ryu kembali berperan di Anneloid 2, pada tahun 2024. 

Ryu Jun Yeol main variety show hingga jadi model video musik

Instagram.com / ryusdb

Selain menjadi aktor di drama hingga film, Ryu Jun Yeol juga sempat mendapat tawaran untuk mengisi acara variety show. Kita bisa melihat aksinya di Youth Over Flowers: Africa (2016), berdama Go Kyung-pyo, Park Bo-gum, hingga Ahn Jae-hong. 

Lalu, ia mengikuti acara Traveler di musim pertama bersama Lee Je-hoon dengan melakukan perjalanan ke Kuba. Kepopuleran nama Ryu Jun Yeol juga membawanya mendapat tawaran sebagai model musik video penyanyi Clazziqual Project, di lagu "Still I'm by Your Side" (2014). 

Penghargaan yang diboyong Ryu Jun Yeol

Instagram.com / ryusdb

Sebagai aktor yang hampir 12 tahun berkecimpung di dunia keartisan Korea Selatan, Ryu Jun Yeol sejauh ini telah memenagkan beberapa penghargaan sebagai berikut. 

  • Acara penghargaan KAFA FILMS di tahun 2015, sebagai pemenang kategori Rising Star lewat film Socialphobia.
  • Acara penghargaan Korea First Brand Awards (2016), kategori Special Award for Figure. 
  • Masih di tahun yang sama, lewat acara penghargaan 11th Max Movie Awards, Ryu menyabet penghargaan sebagai Best New Actor dan Rising Star. 
  • Berkat perannya di film Reply 1988, ia memenangkan penghargaan di acara 10th Korean Cable TV Awards, kategori Rising Star. Serta kategori Best New Actor di acara 52nd Baeksang Arts Awards. 
  • Masih lewat film Reply 1988, Ryu memboyong piala penghargaan 1st tvN10 Awards Made in tvN, sebagai Rising Star Award, Actor. Serta, di acara 1st Asia Artist Awards sebagai Best Rookie Award, Actor.  

Ryu Jun Yeol gemar berkunjung ke galeri seni

Instagram.com / ryusdb

Ryu Jun Yeol terpantau sebagai aktor yang cukup aktif bermain media sosial Instagram, hingga memiliki 3,5 juta pengikut. Lewat akun Instagram @ryusdb, ia membagikan beberapa kegiatannya kepada penggemar. Terlebih, ia sangat menyukai berkunjung ke galeri seni, seperti yang terbaru Jun Yeol sempat berkunjung ke Art Sonje Center, yang diunggah pada 4 Maret 2024 lalu.

Brand ternama yang gandeng Ryu Jun Yeol

Instagram.com / ryusdb

Tak hanya pandai berakting di layar kaca, Ryu Jun Yeol juga digandeng oleh beberapa brand ternama. Kalau menengok kabar terbaru, Jun Yeol sempat menghadiri 2023 Celebration with T1 & Polo Ralph Lauren, pada Desember tahun lalu. Bahkan, lewat koleksi Ralph Lauren, ia menghiasi majalah GQ Korea edisi Men of the Year 2023. 

Ryu Jun Yeol juga hadir dalam rangkaian acara Tiffany House of Icons. Ia tercatat pernah ikut dalam pemotretan majalah Arena yang menampilkan koleksi jam tangan brand kenamaan, IWC Schaffhausen. 

Ryu Jun Yeol tercatat rutin menyumbang ke organisasi lingkungan

Instagram.com / ryusdb

Di sisi lain, pada Desember 2018, Ryu dilaporkan telah menyumbang 10 juta won (sekitar $8.895) kepada Greenpeace, sebuah organisasi lingkungan non-pemerintah. Ia telah memberikan sumbangan secara rutin sejak 2016, termasuk untuk kampanye tertentu seperti kampanye Save the Arctic. 

Itulah, perjalanan karier Ryu Jun Yeol sebagai salah satu aktor ternama di dunia hiburan Korea Selatan. Ada lagi informasi yang kamu tahu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life