Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Aplikasi yang Wajib Ada di Ponsel Saat Mudik Lebaran

Aplikasi penunjang mudik lebaran ada di sini

Nindi Widya Wati

Jika hendak melakukan mudik lebaran, kiranya kita perlu mempersiapkan banyak hal secara ekstra. Baik dari segi kesehatan fisik, transportasi yang digunakan, serta memperhatikan beberapa aplikasi yang ternyata kini sangat penting untuk berada di ponsel.

Aplikasi hadir karena dapat mempermudah dan menunjang selama perjalanan mudik. Mengingat, saat ini beberapa layanan publik lebih mudah dijangkau lewat aplikasi online. Lantas sebenarnya, apa saja aplikasi yang perlu diinstal di ponsel selama perjalanan mudik lebaran? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela.

1. SATUSEHAT

YouTube.com / Kementerian Kesehatan RI

Sekitar tiga tahun ke belakang saat Indonesia dilanda virus corona, banyak tempat layanan umum sampai moda transportasi mewajibkan masyarakat untuk memasang aplikasi PeduliLindungi. Adanya aplikasi ini, berfungsi untuk pelacakan kontak dan vaksinasi COVID-19 secara umum.

Maka sekarang, ketika pandemi dikabarkan sudah berakhir di Indonesia, aplikasi tersebut berganti nama menjadi SATUSEHAT. Aplikasi ini dikembangkan tidak hanya untuk merekam riwayat kesehatan terkait COVID-19, tetapi juga semua penyakit demi memantau kesehatan masyarakat. Aplikasi SATUSEHAT dinilai sangat penting, hingga menjadi salah satu syarat naik transportasi umum, seperti pesawat dan kereta api. 

2. Aplikasi navigasi

Pexels.com

Guna memudahkan rute perjalanan mudik, beberapa orang biasanya kerap mencari jalan alternatif dengan bantuan aplikasi peta Waze dan Google Maps. Tiap-tiap aplikasi memiliki keunggulan supaya pengguna bisa mendapatkan rute mudik terbaik. Bahkan, terdapat fitur akses secara offline yang bisa menghemat baterai ponsel atau ketika berada di lokasi yang sinyal seluler lemah.

3. Aplikasi pabrikan mobil

YouTube.com / hondaisme

Adanya pandemi COVID-19, membuat pabrikan mobil mengoptimalkan kanal digital untuk menjangkau konsumen. Maka, langkah memasang aplikasi pabrikan sesuai merek mobil dapat memberi kita panduan ketika mengalami gangguan di jalan.

Aplikasi tersebut ada antara lain Auto2000 Digiroom untuk merk Toyota, Honda e-Care, DaihatsuKu, Halo Suzuki, dan My Mitsubishi Motors ID. Keunggulan aplikasi pabrikan adalah konsumen bisa mendapatkan layanan purna jual resmi.

4. Aplikasi bengkel

YouTube.com / otoklix

Selanjutnya, para pemudik juga bisa memanfaatkan aplikasi bengkel mobil. Shop and Drive menyediakan jasa perbaikan yang bisa datang ke rumah atau lokasi yang ditentukan. Bahkan, lewat aplikasi Shop and Drive juga bisa untuk mencari suku cadang mobil.

Perusahaan lokal seperti Otoklix, memiliki aplikasi yang bisa menunjukkan lokasi bengkel terdekat dan booking tanpa harus datang langsung ke bengkel. Aplikasi lainnya, seperti Hepicar di Yogyakarta yang menyiapkan layanan montir dan perawatan mobil, seperti cuci, dan perbaikan AC mobil.

5. Aplikasi angkutan dan agen travel

YouTube.comb/ tiket.com

Kalau aplikasi angkutan umum dan agen perjalanan diperlukan untuk membeli tiket, seperti pesawat terbang, kereta, bus.Aplikasi yang menyediakan pemesanan tiket angkutan umum antara lain Traveloka, Tiket.com, Pegipegi, dan Mister Aladin. Agen perjalanan online juga dapat untuk memesan hotel dan tiket tempat wisata.

6. Aplikasi transaksi digital

Pexels.com

Beberapa tahun ini, pemerintah memang sedang gencar mengajak masyarakat Indonesia agar menjadi cashless society. Maka tak heran, kalau saat ini banyak layanan umum yang sudah mengutamakan pembayaran secara online, baik melalui aplikasi e-wallet ataupun mobile banking.

Transaksi digital dapat memudahkan kita selama memenuhi kebutuhan mudik nanti, seperti untuk membeli pulsa atau mengisi saldo kartu e-toll. Ada beragam aplikasi transaksi digital yang dapat digunakan di Indonesia, contohnya e-wallet GOPAY, OVO, Shopeepay, DANA, LinkAja. Serta mobile banking seperti, BRImo, BCA Mobile Banking, Livin by Mandiri, dan banyak lainnya.

Demikianlah, rekomendasi aplikasi yang dapat kamu instal agar bisa memenuhi kebutuhan selama mudik lebaran. Semoga selamat sampai tujuan, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Working Life