Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Hwang Sunwoo, Atlet Renang yang Dapat Dukungan Jennie BLACKPINK

Remaja 18 tahun yang raih banyak rekor

Natasha Cecilia Anandita

Olimpiade Tokyo 2020 sedang berlangsung sejak 23 Juli 2021 lalu. Pemberitaan pun ramai memperbincangkan olimpiade istimewa karena harus diselenggarakan dalam masa pandemi COVID-19. Mulai dari informasi terkini perolehan medali, hingga tingkah kocak para atlet menghiasi pemberitaan di berbagai media massa.

Berjuang di kala pandemi, para atlet harus rela tidak ditemani dan disoraki para pendukung secara nyata di tempat pertandingan. Meski demikian, dukungan terus mengalir walau hanya secara virtual. Seperti pada atlet satu ini yang mendapat dukungan dari salah satu member girl group populer, Jennie BLACKPINK.

instagram.com/hwang.sunwoo

Hwang Sunwoo atlet renang asal Korea Selatan mendapat dukungan dari Jennie BLACKPINK melalui Instagram Story Jennie. Dalam uanggahan tersebut, Jennie mengunggah foto Olimpiade Tokyo yang menampilkan potret Hwang Sun Woo dan memberikan semangat.

"@hwang.sunwoo Aku juga mendukungmu. Atlet Hwang Sunwoo semangat!" tulis Jennie di akun @jennierubyjane pada unggahannya.

Hwang Sunwoo pun terkejut hingga tangannya gemetar karena mendapat dukungan dari sang idola. Sebelumnya, Yeji ITZY juga telah memberi dukungan pada Sunwoo. Wah, bagaimana, ya, sosok asli atlet satu ini yang banyak mendapat dukungan dari para member girl group. Berikut Popbela rangkum profil Hwang Sunwoo atlet renang yang dapat dukungan dari Jennie BLACKPINK ini.

Berbadan atletis dengan tinggi menjulang, Han Sunwoo masih berusia 18 tahun

instagram.com/hwang.sunwoo

Atlet Hwang Sun Woo masih muda, lho, Bela. Remaja berusia 18 tahun ini lahir pada 21 Mei 2003 di Suwon, Korea Selatan. Merupakan atlet renang nasional Korea Selatan, Sunwoo memiliki tinggi badan 186 cm dan berat 72 kg yang pastinya berbadan atletis. Sama seperti atlet nasional biasanya, Sunwoo bersekolah di Seoul Athletics High School.

Mulai berenang sejak usia 5 tahun

instagram.com/hwang.sunwoo

Dilatih oleh Lee Byung Ho (klub) dan Lee Jeong Hoon (nasional), Sunwoo mulai terjun dalam dunia renang sejak berusia 5 tahun. Hal itu dipengaruhi oleh orangtuanya yang suka berenang. Role model-nya dalam dunia renang adalah atlet nasional peraih emas olimpiade, Park Tae Hwan dan bahkan sering dipanggil Park Tae Hwan kedua.

Meski demikian, mengutip media Korea, Sunwoo sendiri memiliki kekuatan fisik dasar di bawah Park Tae Hwan dan tidak pernah berlatih dan belajar di luar negeri dengan pelatih profesional internasional, seperti Park Tae Hwan.

Bahkan, ia pernah mengaku bahwa di luar air dirinya tak bisa berlari cepat dan tidak bisa bermain sepak bola. Namun, mengingat usianya yang masih muda, tidak mustahil jika di waktu mendatang ia dapat menjadi atlet nasional dengan segudang prestasi yang dapat mengharumkan nama negaranya.

Hobi nonton video dan seorang fanboy

instagram.com/hwang.sunwoo

Dalam sebuah konten YouTube di kanal New Star Campaign Headquarter, Sunwoo menceritakan apa yang ia lakukan selama waktu senggangnya. Tak jauh dari dunia renang, ia mengatakan bahwa ia sering menonton video tentang renang di internet dan itu telah menjadi hobinya.

Ternyata selain hobi nonton video renang, Sunwoo juga adalah seorang fanboy. Ia pernah mengaku bahwa dirinya adalah penggemar ITZY dan BLACKPINK. Bahkan ia berharap dapat bertemu ITZY. Jadi fanboy sukses yang bikin iri penggemar lain, Sunwoo akhirnya mendapat dukungan dari idolanya, Yeji ITZY dan Jennie BLACKPINK melalui akun media sosial.

instagram.com/hwang.sunwoo

Selain itu, Sunwoo juga merupakan seorang penyayang binatang. Ia memiliki anjing peliharaan yang kerap kali ia ajak jalan-jalan. Dalam akun Instagramnya pun ia kerap membagikan fotonya bersama sang binatang kesayangan.

Pembawa bendera Korea Selatan di Olimpiade Tokyo 2020 dan berambisi bawa pulang medali

instagram.com/hwang.sunwoo

Bersama dengan pemain bola voli, Kim Yeon-Koung, Sunwoo terpilih sebagai pembawa bendera Republik Korea untuk upacara pembukaan Olimpiade 2020 di Tokyo. Ia pun berambisi untuk memenangkan medali di 200m dan mencapai final di 100m.

Pecahkan rekor terbaru

instagram.com/hwang.sunwoo

Pada 14 Mei 2021, Sunwoo masuk dalam atlet renang gaya bebas putra yang pernah memecahkan rekor baru nasional Korea 48,04 detik dalam gaya bebas 100m dan kemudian diikuti dengan Rekor Dunia Junior dalam gaya bebas 200m.

Sebelumnya, pada Februari 2021 ia menerima Penghargaan Atlet Terbaik di Penghargaan Olahraga Komite Olahraga dan Olimpiade Korea di Republik Korea. Kini dalam perjuangannya di Olimpiade Tokyo 2020, ia kembali memecahkan rekor baru.

instagram.com/hwang.sunwoo

Hwang Sun-woo, menempati urutan ke-5 di babak final nomor 100 meter gaya bebas putra dalam Olimpiade Tokyo. Prestasi itu adalah yang tertinggi dalam 69 tahun, yang pernah diraih oleh seorang atlet renang Asia. Ia mencatat waktu 47,82 detik di babak final nomor 100 meter gaya bebas putra, yang diadakan di Tokyo Aquatics Centre pada hari Kamis (29/07).

Walaupun gagal memperoleh medali, namun Sunwoo berhasil menorehkan rekor terbaik di Asia dalam 69 tahun terakhir, setelah rekor yang dibuat oleh perenang Jepang, Hiroshi Suzuki, saat meraih medali perak di Olimpiade Helsinki tahun 1952. Ia juga menjadi perenang Korea Selatan pertama dan perenang Asia kedua, yang maju ke babak final nomor 100 meter gaya bebas putra dalam ajang Olimpiade.

instagram.com/hwang.sunwoo

Dalam babak semi final yang diadakan pada hari Rabu (28/07), Sunwoo lagi-lagi memecahkan rekor Asia baru dan rekor yang diraihnya dalam Kejuaraan Dunia Renang Junior dengan catatan waktu 47,56 detik. Meski tak mendapatkan medali emas, tapi ia banjir pujian. Sang peraih mendali emas, Dressel, memuji kemampuan Sunwoo dan berkata bahwa dirinya di usia 18 tahun tidak sebaik Sunwoo yang saat ini berusia18 tahun.

instagram.com/kingsunwoo_o

Itulah profil Hwang Sunwoo, atlet renang Korea Selatan yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 dan mendapat dukungan dari Jennie BLACKPINK serta Yeji ITZY. Kamu terpesona, nggak, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life