Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Cakra Khan, Musisi Bersuara Khas yang Ikut America's Got Talent

Kembangkan sayap ke kancah Internasional

Nabila Damaan

Kabar mengejutkan sekaligus menyenangkan datang dari musisi Indonesia, Cakra Khan. Pelantun “Kekasih Bayangan” ini terpantau terdaftar sebagai salah satu peserta ajang pencarian bakat America's Got Talent musim ke-17.

Hal tersebut diungkapkan langsung Cakra Khan lewat unggahan swa fotonya dengan latar belakang tirai merah dan sebuah papan bertuliskan America's Got Talent.

“Bismillah ❤️ mohon doanya semuanya semoga diberi kelancaran 🙏🏼 nyuhunkeun piduana ka sadayana 🙏🏼 Tong hilap ke nonton nyaaaa ❤️,” tulisnya dalam caption.

Cakra Khan sendiri adalah musisi Indonesia yang dikenal dengan suaranya yang khas. Lantas seperti apa sosok Cakra Khan? Bagaimana mana perjalanannya hingga bisa menjadi penyanyi sukses di Indonesia? Simak profil Cakra Khan di bawah ini, yuk!

1. Biodata singkat Cakra Khan

instagram.com/cakra.khan

Cakra Konta Paryaman atau kita mengenalnya dengan nama Cakra Khan adalah seorang penyanyi yang berasal dari Pangandaran, Jawa Barat. Musisi berdarah Sunda ini lahir 27 Februari 1992. Mencintai musik sejak kecil, Cakra Khan merupakan alumni dari Sekolah Tinggi Musik Bandung.

2. Perjalanan karier seorang Cakra Khan

instagram.com/cakra.khan

Musisi pemilik suara serak-serak basah ini sudah sangat menyukai bernyanyi sejak duduk di taman kanak-kanak, cita-citanya untuk menjadi seorang penyanyi akhirnya terkabul. Cakra Khan menjadi salah satu penyanyi yang terkenal di Indonesia.

Nggak terpaut pada satu genre saja, Cakra dikenal sebagai penyanyi yang mampu bernyanyi dengan berbagai genre seperti pop, dangdut hingga keroncong, Bela.

Memulai karier musiknya di tahun 2012. Namanya langsung populer setelah melantunkan lagu “Harus Berpisah” ditahun yang sama. Menyusul kesuksesan karyanya, setiap tahun Cakra Khan selalu menelurkan karya-karya populer, seperti "Setelah Kau Tiada" (2013), "Mengingat Dia" (2014), dan "Kekasih Bayangan" (2017).

2. Pernah jadi pengisi acara hajatan hingga mengamen

instagram.com/cakra.khan

Siapa sangka musisi yang telah memenangkan banyak penghargaan musik ini, sebelumnya pernah menjadi pengisi acara di pesta hajatan hingga pernah menjadi pengamen jalanan, lho.

Hal tersebut dilakukan Cakra sebagai kecintaan terhadap musik. Dalam sebelum wawancara, Cakra kecil suka sekali bernyanyi di acara pernikahan, meskipun sebenarnya ia nggak diundang di acara tersebut. Lantas ia berhasil mendapatkan bayaran pertamanya di usia 7 tahun sebesar Rp2 ribu. 

Seiring waktu Cakra mulai mengasah kemampuan bermusiknya dengan menyanyi dari cafe ke cafe. Bahkan ia juga sempat mengamen bersama teman-temannya saat bulan Ramadan.

4. Nggak lolos audisi Indonesia Idol

instagram.com/cakra.khan

Perjalanan karier Cakra Khan memang nggak semulus yang kita kira. Mulai dari mengisi acara pernikahan hingga menjadi pengamen pernah ia jalani. Menariknya lagi, di tahun 2010 Cakra juga pernah mencoba peruntungan dengan mengikuti audisi ajang pencarian bakat, Indonesia Idol. 

Sayangnya, keberuntungan tidak berpihak padanya. Ia ditolak oleh juri bahkan sebelum lagu yang ia nyanyikan saat audisi selesai dinyanyikan. Diketahui, Cakra Khan kala itu menyanyikan lagu  "I Believe I Can Fly".

Belum juga menyelesaikan lagu, Cakra diberhentikan oleh juri karena suara serak-serak basah yang dimilikinya dianggap aneh. Karakter suara yang serak-serak basah dan terdengar berat, justru dinilai juri bahwa ia sedang sakit saat mengikuti audisi. "Suara kamu kenapa? Lagi sakit?," tutur Cakra dalam sebuah video yang unggah Henry & You Channel (30/03/2021).

5. Kolaborasi dengan musisi luar hingga jadi juri ajang pencarian bakat

instagram.com/cakra.khan

Sukses meniti karier sebagai musisi, Cakra Khan juga kerap melakukan kolaborasi dengan musisi luar negeri. Hingga saat ini terhitung sudah 4 kali ia berkolaborasi dengan musisi dari luar negeri.

Cakra pernah berkolaborasi dengan Indyana dan Justin Strikes yang kemudian menghasilkan sebuah single dengan genre EDM berjudul "Heavy Dreamer". Di tahun yang sama 2016, ia  kembali mengeluarkan lagu EDM hasil kolaborasi dengan DJ Dash Berlin dengan lagu "Dream Big"  yang dinyanyikan bersama Syahrini. 

Nggak hanya itu, ia juga berkolaborasi dengan musisi dari negara tetangga, Malaysia Siti Nurhaliza dengan lagu “seluruh Nafas Ini” di tahun 2014 dan Hael Husaini di tahun 2021.

Pernah gagal dalam audisi pencarian ajang pencarian bakat, Cakra Khan malah didapuk menjadi juri sebuah ajang pencarian bakat, Pop Academy pada babak Top 15. Hebatnya lagi, Cakra juga pernah ditunjuk menjadi juri dalam ajang pencarian bakat di Malaysia dengan kontestan yang nggak hanya berasal dari satu tempat, melainkan dari berbagai negara, lho.

6. Karya-karya dan penghargaan yang dicapai Cakra Khan

instagram.com/cakra.khan

Hingga saat ini Cakra sudah menghasilkan sejumlah karya, termasuk album. Untuk single sendiri ia sudah memiliki 16 hit, yaitu:

  1. "Harus Terpisah"
  2. "Setelah Kau Tiada"
  3. "Opera Tuhan"
  4. "Seluruh Cinta" (ft. Siti Nurhaliza)
  5. "Kau Memilih Dia"
  6. "Mencari Cinta Sejati"
  7. "Kekasih Bayangan"
  8. "Jangan Mudah Putus Asa" (OST. Guru Ngaji)
  9. "Kemenangan"
  10. "Adalah Aku"
  11. "Terlanjur Cinta" (ft. Hael Husaini)
  12. "Naudzubillah" (ft. Ucie Sucita, Afifah, & Rial)
  13. "Tanpa Batas Waktu (Cover)"
  14. "Salah Tapi Baik"
  15. "Hal Hebat”
  16. "Kepada Hati"

Sedangkan album, Cakra kini sudah memiliki satu album studio bertajuk Cakra Khan, satu album Ost. Rudy Habibie, dan 5 album kompilasi, seperti We Love Disney, The Best Nada Kita, Energy of Asia: Official Album of Asian Games 2018, My Beautiful Songs, dan Masterpiece Maia Estianty.

Sejumlah penghargaan pun pernah diraih oleh Cakra Khan, seperti:

  1. 100% Sendewe dari 100% Ampuh Awards 2013
  2. Pendatang Baru Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia 2013
  3. Penyanyi Solo Pria Pop Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia 2013
  4. Karya Produksi Lagu Pop Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia 2013
  5. Vokal Terbaik Artis Baru Lelaki Anugerah Planet Muzik 2013
  6. Lagu Terbaik Indonesia Anugerah Planet Muzik 2013 & 2014
  7. Lagu Serantau Terbaik Anugerah Planet Muzik 2013 & 2014
  8. Kolaborasi Terbaik Anugerah Planet Muzik 2015
  9. Penyanyi Favorit dari Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards 2013

7. Ikut America’s Got Talent ke-17

instagram.com/cakra.khan

Seperti yang kita ketahui, Cakra terdaftar sebagai salah satu peserta ajang pencarian bakat America's Got Talent musim ke-17. Dalam siaran langsung dilakukan di Instagram pribadinya Cakra pun membeberkan motivasi mengikuti audisi ajang pencarian bakat tersebut. 

"Saya ingin berkembang, simple. Saya nggak mentingin gengsi, sudah jadi Cakra Khan atau segala macam. Memang prinsip saya dari pertama kali ke industri, selagi ada kesempatan untuk lebih baik lagi dan berkembang lagi, saya akan ambil. Nnggak ada gengsi," kata Cakra Khan.

Selain itu, ia juga ikut ajang pencarian bakat bergengsi ini untuk memepersembahkannya kepada almarhum sang ayahanda yang sangat menginginkan Cakra berada di acara tersebut, Bela.

Itulah sekilah profil dari Cakra Khan. Kita doakan semoga Cakra bisa mewakili Indonesia di ajang America's Got Talent, ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life