Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Langsung Mengilap, Ini 6 Cara Efektif Membersihkan Kerak Kamar Mandi

Bisa pakai bahan-bahan alami yang mudah dicari

Cynthia Claudia

Membersihkan kamar mandi merupakan sebuah tantangan tersendiri pagi para pemilik rumah, terutama jika keramik di kamar mandi mulai berkerak dan menguning.

Permasalahan ini wajar terjadi karena area kamar mandi yang sangat lembap dibandingkan ruangan lainnya, dan biasanya ruangannya tertutup.

Sebenarnya ada berbagai cara yang efektik untuk membersihkan kerak di keramik kamar mandi agar kembali bersih dan kinclong. Kebersihan dan estetika kamar mandi akan kembali terjaga jika pembersihannya sempurna.

Berikut ini telah Popbela rangkum cara efektif membersihkan kerak kamar mandi.

1. Bersihkan dengan cuka

Unsplash.com

Cara efektif membersihkan kerak kamar mandi yang pertama adalah menggunakan cuka. Bahan alami seperti cuka juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan area kamar mandi yang sering terkena air dan lembap.

Kamu bisa menuangkan cuka ke dalam area kamar mandi sebelum digosok, didiamkan, dan dibilas dengan air bersih.

Selain itu, jika ingin membersihkan kepala shower yang bentuknya bulat, kamu bisa menuangkan cuka ke dalam pastik dan ikatkan plastik tersebut ke kepala shower. Diamkan agak lama sekitar 1-2 jam hingga cukanya meresap dan bersihkan dengan cara digosok agar keraknya bisa terangkat.

2. Bersihkan dengan baking soda

thespruce.com

Selain cuka, kamu juga bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan kerak di kamar mandi. Caranya juga cukup mudah, kamu tinggal menaburkan baking soda ke area yang berkerak dan diamkan selama 30 menit sampai baking soda-nya meresap. 

Setelah meresap, gosok area yang bergerak menggunakan alat gosok yang agak kasar sehingga keraknya bisa terangkat. Lalu bilas menggunakan air hangat.

3. Bersihkan dengan perasan lemon

pexels.com

Lemon juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan area kamar mandi yang berkerak. Ini karena asam dari lemon memiliki sifat pembersih.

Kamu cukup menggunakan perasan air lemon untuk membersihkan kerak kamar mandi. Peras lemon ke area kamar mandi yang berkerak, lalu siapkan alat gosok yang agak keras untuk menggosok area tersebut. Bilas dengan air bersih.

4. Bersihkan dengan taburan asam sitrat

shopee.co.id

Cara efektif membersihkan kerak kamar mandi yang selanjutnya adalah menggunakan asam sitrat, sebuah bahan kimia yang biasanya digunakan untuk keperluan rumah tangga. 

Membersihkan kerak kamar mandi dengan asam sitrat memerlukan bahan-bahan lainnya seperti detergen/ sabun cuci piring. Pembersihannya juga harus dilakukan berkali-kali agar maksimal.

Berikut ini adalah cara pembersihannya:

  1. Siapkan batu apung dan air sabun/ deterjen untuk menggosok keramik kamar mandi
  2. Bilas keramiknya sampai air sabun/ deterjen hilang
  3. Taburkan butiran asam sitrat ke  bagian yang berkerak ketika keramiknya masih basah
  4. Diamkan selama 1 jam
  5. Gosok kembali keramiknya lalu bilas dengan air

5. Bersihkan dengan perasan jeruk nipis

pexels.com

Selain menggunakan asam sitrat, kamu juga bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk membersihkan kamar mandi. Selain kerak di kamar mandi, bahan alami ini juga efektif membersihkan segala permukaan di kamar mandi yang sering terkena air. 

Untuk membersihkan keraknya, kamu tinggal menuangkan air perasan jeruk nipis pada bagian keramik yang berkerak. Lalu kamu perlu menggosok area yang berkerak selagi masih basah sampai kering. 

6. Bersihkan dengan cairan pembersih

Unsplash.com/Kelly Sikema

Cara efektif membersihkan kerak kamar mandi yang terakhir adalah menggunakan cairan pembersih yang biasanya dijual di supermarket untuk membersihkan berbagai area di kamar mandi.

Petunjuk penggunaannya biasanya sudah dirincikan di produknya. Kamu tinggal menuangkan cairan pembersih pada area yang berkerak, dan gosok area tersebut.

Diamkan selama 10-15 menit dan bilas kembali dengan air bersih. Keraknya kemudian akan terangkat.

Itulah cara efektif membersihkan kerak kamar mandi, dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah dicari. Jadi sekarang tidak perlu kerepotan lagi membersihkan kamar mandi.

IDN Media Channels

Latest from Working Life