Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Daftar Keterampilan yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2024

Keterampilan sosial juga paling dibutuhkan

Cynthia Claudia

Persaingan mencari pekerjaan semakin ketat setap tahun, sehingga para pelamar kerja harus meningkatkan keterampilannya agar semakin menonjol di antara yang lain. 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat juga membuka peluang untuk meningkatkan keterampilan baru. Banyak keterampilan yang diperlukan pada jaman yang semakin berkembang, karena keterampilan ini tidak dapat digantikan oleh mesin.

Menurut Forbes, berikut ini adalah daftar keterampilan yang paling dibutuhkan pada tahun 2024.

1. Keterampilan manajemen proyek

flexjobs.com

Daftar keterampilan pertama yang paling berharga pada tahun 2024 adalah keterampilan manajemen proyek. Kebutuhan akan individu yang memiliki keterampilan untuk menyatukan manusia, teknologi, dan keterampikan memecahkan masalah semakin meningkat.

Mereka diharapkan dapat mampu melakukan pengawasan tingkat tinggi, menetapkan tujuan strategis, dan memprioritaskan pekerjaan dan sumber daya. Keterampilan ini masih berada di luar kemampuan sebuah mesin.

Tanggung jawab seorang manager proyek cukup beragam, mulai dari pembuatan prototipe hingga penelitian, penjadwalan, pengujian, dan kepatuhan atau compliance.

2. Keterampilan berkomunikasi

Pexels/ Los Muertos Crew

Komunikasi yang efektif merupakan kunci keberhasilan sebuah organisasi atau bisnis. Kesempatan lebih banyak terbuka bagi mereka yang mampu menafsirkan hasil dari sebuah analisis data, dan mengomunikasikannya dalam bahasa yang mudah dipahami kepada siapa pun yang perlu mengambil tindakan.

Organisasi juga membutuhkan sebuah keterampilan yang memungkinkan manusia untuk 'berbicara; dengan mesin, untuk memberikan hasil yang terbaik.

3. Keterampilan perawatan kesehatan klinis

pexels.com/Thirdman

Dunia sedang menghadapi kekurangan tenaga profesional di bidang kesehatan. Mesin tidak dapat menggantikan profesi di bidang kesehatan,  karena mesin tidak memiliki kualitas yang dimiliki manusia, seperti kecerdasan emosional dan empati.

Profesi di bidang kesehatan dibayar dengan upah yang besar di negara-negara maju. Mereka dihargai karena profesinya mencerminkan keahlian dan pengalaman khusus.

4. Keterampilan data

Freepik.com/benzoix

Keterampilan data berhubungan dengan cara mengubah data menjadi sebuah nilai yang penting bagi kesuksesan sebuah bisnis. Keterampilan ini dibutuhkan untuk mengarahkan pengambilan keputusan, demi meningkatkan layanan kesehatan dan memajukan penelitian ilmiah.  

5. Keterampilan komputasi awan

freepik.com/rawpixel.com

Daftar keahlian selanjutnya yang paling berharga pada tahun 2024 adalah keterampilan komputasi awan (cloud coumputing skills).

Menurut Fortune Business Insights, pasar global untuk komputasi awan diperkirakan akan tumbuh dari $570 miliar hingga mendekati $2,5 triliun, antara tahun 2022-2030. 

Ini berarti akan ada peningkatan permintaan terhadap mereka yang memiliki keterampilan untuk membantu bisnis membangun jaringan cloud. Keterampilan komputasi awan akan tetap relevan dan kompetitif sepanjang tahun 2024 dan seterusnya.

6. Keterampilan sosial

oiana.com.br

Membangun hubungan dengan orang yang tepat dapat membantu kita mencapai tujuan, serta membantu pengembangan pribadi diri kita.

Keterampilan membangun ikatan berdasarkan kepercayaan dan tujuan bersama akan menjadi hal yang sangat berharga di tahun 2024, karena perkembangan teknologi membuka peluang baru untuk pertumbuhan bagi mereka yang siap untuk mengambil tindakan.

7. Keterampilan keamanan siber

Freepik.com/freepik

Daftar keahlian selanjutnya yang paling berharga pada tahun 2024 adalah keterampilan keamanan siber (cybersecurity skills).

Keamanan siber berhubungan dengan pelanggaran data, serangan dunia maya, dan upaya peretasan yang semakin meningkat setiap tahunnya. Bisnis atau organisasi yang gagal melindungi data pelanggannya dapat terancam masa depannya.

Sehingga, keterampilan dalam membangun keamanan dan ketahanan menjadi salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan pada tahun 2024.

Itulah daftar keahlian yang paling berharga pada tahun 2024. Kira-kira keterampilan yang mana, nih, yang perlu kamu tingkatkan di tahun ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life