Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Karier Menjanjikan, Ini 7 Tips Bekerja di Perusahaan Multinasional

Bisa kamu terapkan sejak masih di bangku kuliah

Audia Natasha Putri

Bekerja di perusahaan multinasional menjadi mimpi bagi para pekerja yang ingin memantapkan kariernya. Selain punya nama yang bergengsi, ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapat saat bekerja di perusahaan multinasional. Di antaranya adalah dereran benefit asuransi hingga kesejahteraan lainnya, gaji tinggi, dan jenjang karier yang menjanjikan.

Begitu juga dengan fasilitas khusus yang kiranya tidak dapat ditemukan di sembarang perusahaan. Termasuk berkesempatan untuk bekerja dan berkolaborasi bersama kolega dari negara lain. Bahkan jika perjalanan kariermu cukup cemerlang, kamu akan berkesempatan ditempatkan di cabang perusahaan yang berada di luar negeri.

Lantas, dibutuhkan persiapan matang sedari dini, bahkan saat masih mahasiswa. Berikut tips bekerja di perusahaan multinasional yang bisa kamu ikuti.

1. Maksimalkan pengalaman kerja

pexels.com

Memiliki pengalaman kerja yang selaras dengan visi dan misi perusahaan menjadi nilai plus bagi perusahaan multinasional untuk merekrut pegawai. Akan lebih bagus lagi jika pengalaman tersebut berkaitan dengan posisi yang dilamar.

Bagi kamu yang masih berkuliah, ini adalah kesempatan bagus untuk mempercantik CV dan resume-mu dengan mengikuti magang kerja atau volunteer komunitas yang kiranya bisa meningkatkan kemampuan soft skill & hard skill milikmu. Pengalaman tersebut menandakan keaktifanmu selama berkuliah, sekaligus menunjukkan bahwa kamu adalah bibit unggul yang dibutuhkan perusahaan.

2. Improve your english

Pexels.com/Vlada Karpovich

Tak bisa dipungkiri bahwa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang wajib dikuasai sebagai katalis yang memperluwes komunikasi dengan masyarakat global. Sebagai perusahaan yang berkembang di pasar internasional, perusahaan multinasional mewajibkan calon pegawai untuk fasih dalam berbahasa Inggris. Karena saat bekerja di sana, kamu akan berhadapan dengan klien atau kolega kerja dengan lintas budaya dan bahasa.

Terlebih, perusahaan ini mencoba hadir di berbagai kota di hampir seluruh penjuru dunia dan berkolaborasi dengan profesional dari negara lain. Hal inilah yang menjadikan perusahaan multinasional banyak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kesehariannya.

3. Pahami cara komunikasi lintas budaya

ThoughtCo

Setelah memenuhi syarat fasih berbahasa Inggris, tips berikutnya yang perlu kamu ikuti adalah nemperdalam kemampuan komunikasi dengan rekan kerja dari lintas budaya. Kenali latar belakang dan budaya mereka, sehingga kamu bisa menyampaikan maksud dengan tepat dan tak terjadi kesalapahpahaman.

Kamu bisa memulainya dengan belajar memahami serta menghargai kebiasaan dan perbedaan budaya. Selain itu, jadilah pendengar yang baik supaya kamu bisa paham sepenuhnya apa yang dibicarakan oleh rekan kerja atau klien dari luar negeri.

4. Percaya diri saja, ya!

freepik.com

Kepercayaan diri yang baik bisa membantumu dalam beradaptasi di lingkungan kerja dan mempermudah komunikasi dengan rekan kerja lintas divisi, bahkan dengan atasan sekalipun. Sifat yang satu ini sangat dibutuhkan oleh setiap karyawan, baik itu yang bekerja di sebuah perusahaan multinasional atau bukan.

Memadamkan rasa inferioritas di dalam diri, dapat mengurangi overthinking yang justru menghambatmu dalam melangkah maju. In the end, we make mistakes and we learn from our mistakes.

Dengan percaya diri, kamu bisa mengerjakan tugas dengan baik sesuai dengan skill yang sesuai. Alhasil, kamu akan lebih yakin atas kemampuan dirimu sendiri dan merasa capable untuk mengemban tugas yang lebih berat lagi.

5. Tak pernah lelah untuk belajar hal baru

unsplash.com/Mailchimp

Sebuah artikel di Forbes pernah membahas bahwa ada korelasi antara kemauan belajar dan kesuksesan. Sebagai manusia yang hidup di tengah era modernisasi, maka sudah sepatutnya kita perlu belajar hal baru. Bukan tanpa alasan, kebiasaan positif ini secara tak langsung membuat pengetahuan semakin luas dan mahir akan suatu keterampilan yang kiranya dibutuhkan perusahaan.

Misalnya saja adalah kemampuan problem solvingleadership, komunikasi, resistant, serta memahami teknis suatu pekerjaan yang kiranya bisa menunjang kesuksesan. Nah, bagi kamu ingin sukses kerja di perusahaan multinasional, maka kebiasaan ini perlu kamu terapkan mulai sekarang.

6. Kemampuan networking

Pexels.com/Jopwell

Kemampuan networking atau memperluas koneksi menjadi salah satu kunci kesuksesan supaya bisa bekerja di perusahaan multinasional. Kemampuan ini menbantumu untuk mengembang karier yang cemerlang.

Bukan cuma itu, kemampuan networking berperan penting yang membuatmu bisa mengenal banyak orang dan memperbesar peluang untuk belajar dan mendapatkan ilmu baru dari mereka.

7. Being open-minded

Unsplash.com/Mimi Thian

Mempunyai sikap open minded dapat membantumu untuk selalu berpikir luas dan terbuka terhadap banyak hal. Ini penting karena setiap harinya kita dihadapkan dengan pembaruan dalam hal inovasi, cara bersikap, bahkan cara berpikir. Sikap open-minded meliputi banyak hal. Mulai dari menghargai segala bentuk perbedaan pendapat, terbuka dengan pemikiran orang lain, percaya diri untuk mengemukakan pendapat dan pemikiran sendiri, serta berempati kepada orang lain.

Itu tadi tips yang bisa menjadi acuanmu untuk bisa bekerja di perusahaan multinasional. Semoga bermanfaat, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life