Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Tips Hemat Baterai HP Selama Berpergian Jauh, Awet Sampai Tujuan

Simpel namun bermanfaat

Natasha P.

Ketika berpergian jauh, sewajarnya saja kita akan merasakan jenuh. Berpaku diam di mobil atau transportasi publik dalam waktu lama sampai tempat tujuan. Lantas, menonton film, berselancar di media sosial di gawai dan HP, bisa menjadi solusi ampuh untuk menghilangkan kegabutan. Sayangnya, aktivitas tersebut justru membuat baterai ponsel cepat boros jika dilakukan terus menerus.

Namun tak perlu risau, Popbela telah merangkum 9 tips menghemat baterai selama berpergian jauh yang bisa kamu coba, di bawah ini.

1. Turunkan tingkat kecerahan layar

CNET

Selain menyilaukan mata, tingkat kecerahan layar yang tinggi juga dapat menguras daya baterai secara perlahan. Untuk itu, penting sekali untuk menurunkan tingkat kecerahan HP ketika sedang berpergian jarak jauh. Kamu bisa mengaturnya secara manual dengan menekan bagian menu bar atas gawai.

Semakin hemat baterai, jangan lupa untuk menyalakan mode Power Saving untuk membatasi secara otomatis pemakaian aplikasi. Terlebih yang dapat melahap banyak daya dalam jumlah berlebih. Fitur ini juga dapat membuat baterai ponselmu tetap sehat dan berumur panjang.

2. Mematikan fitur konektivitas

Slash Coding

Fitur konektivitas pada gawai memang sangat membantu mobilitas para kaum modern. Teknologi canggih ini tentu mempermudah bagi mereka yang bekerja atau berkomunikasi jarak jauh. Adapun daftar fitur konektivitas yang sering dipakai adalah NFC, GPS, WiFi, Hotspot.

Namun, menyalakan fitur konektivitas dalam waktu lama dapat menyedot banyak energi pada baterai. Apalagi jika kamu berada di wilayah susah sinyal. Sistem konektivitas akan menggenjot daya baterai lebih ekstra dalam mencari jaringan seluler untuk menyambungkan sinyal ke ponsel.

3. Mengurangi penggunaan aplikasi berat

pexels.com

Memang, berada di perjalanan jauh membuatmu merasa cepat bosan. Maka itu, banyak orang mengatasi problema itu dengan menonton film atau drama, bermain gim, hingga berselancar di media sosial.

Namun, aplikasi streaming video atau aplikasi game merupakan aplikasi berat yang memakai banyak daya baterai ponsel. Untuk menghemat penggunaan baterai ponsel, sebaiknya kurangi penggunaan aplikasi tersebut. Kamu juga bisa mengaturnya melalui fitur “Battery & performance” yang ada di smartphone.

4. Nonatifkan fitur notifikasi

9to5google

Nah, kesalahan sepele penyebab baterai boros ini seringkali tak disadari para pengguna gawai. Fitur notifikasi yang seringkali membuat risih para pengguna, karena membutuhkan daya lebih untuk mengirimkan pemberitahuan ke ponsel.

Pertahankan fitur notifikasi aplikasi penting yang sekiranya dibutuhkan untuk berkomunikasi. Misalnya seperti WhatsApp, Facebook, LINE, atau Instagram. Untuk menjaga baterai tetap awet, matikan notifikasi aplikasi daring yang jarang dipakai.

Caranya adalah dengan membuka “Pengaturan” > “Notifikasi & Pusat Kontrol” > pilih “Notifikasi Aplikasi” > Geser toggle ke kiri untuk mematikan notifikasi di aplikasi yang tak begitu penting.

5. Menonaktifkan penggunaan data latar belakang

pexels.com

Keluhan ini seringkali dihadapi para pengguna Android. Adanya aplikasi di latar belakang tetap menguras data seluler, walaupun kamu sedang tak membukanya. Hal ini membuat aplikasi tersebut tetap bekerja dan membuat daya baterai cepat habis.

Segera matikan penggunaan data di latar belakang di HP Android dengan cara berikut ini:

  1. ‌Buka “Pengaturan”‌
  2. Pilih menu “Aplikasi” dan klik aplikasi yang ingin dinonaktifkan ‌
  3. Tekan opsi “Penggunaan Data” dan geser toggle ke kiri untuk menonaktifkan.

6. Mengupdate sistem operasi atau aplikasi ponsel

Pexels.com

Tahan keinginanmu untuk memperbarui aplikasi atau sistem operasi (OS) ke versi terbaru jika ingin baterai ponselmu tetap awet.

Pasalnya, penambahan fitur baru dan perbaikan bug dalam pembaharuan OS dan aplikasi membuat kinerja ponsel semakin meningkat. Sehingga, daya baterai pun semakin boros dan cepat habis. Sebaiknya, lakukan perbaruan sistem operasi sebelum melakukan perjalanan panjang.

7. Nyalakan mode "Sleep"

Appleinsider.com

Trik jitu lainnya adalah melihat aplikasi mana saja yang menghabiskan banyak baterai, lalu ubah statusnya menjadi "tidur" atau "Sleep". Dengan mengaktifkan mode "tidur",  aplikasi yang mengonsumsi daya baterai secara signifikan akan menghentikan update dan notifikasi untuk sementara waktu.

Sehingga, kinerja ponsel pintar pun lebih enteng dan baterai pun jadi lebih hemat.

8. Setting lockscreen menjadi dalam waktu singkat

9to5Google

Menyalakan layar smartphone dalan waktu lama membutuhkan daya baterai cukup banyak. Akan dari itu, setting waktu penguncian layar atau lockscreen otomatis yang singkat untuk menghemat penggunaan layar gawai.

Kamu bisa menentukan waktu penguncian sesuai kehendak. Namun disarankan untuk mengatur waktu penguncian selama 1 menit agar baterai awet lebih lama. Caranya pilih “Pengaturan” > pilih “Tampilan selalu aktif & layar kunci”.

9. Aktifkan mode pesawat dan mode gelap

Digital trends

Menyalakan flight mode atau mode pesawat dapat mematikan jaringan data, yang terkadang menguras daya baterai. Apalagi jika kamu berada di lokasi yang sulit sinyal. Walau begitu, kamu masih bisa menggunakan wi-fi dan NFC ketika mode pesawat tetap aktif.

Nantinya, kamu tak begitu sering memainkan ponsel, kecuali memakainya saat kondisi penting. Begitu juga dengan mode gelap atau dark mode yang dapat menurunkan tingkat kecerahan layar ponsel pintar.

Menggunakan fitur ini dapat mengurangi penggunaan daya dan kinerja smartphone pun menjadi tak begitu berat.

Itulah 9 tips untuk menghemat baterai HP yang bisa kamu coba ketika berencana atau sedang berpergian jauh. Semoga bermanfaat dan perjalananmu selamat sampai tujuan, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life