Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Pekerjaan Tidak Lazim di Jepang, Ada Rental Pacar dan Pencicip Cuka

Pekerjaan aneh dengan gaji hingga puluhan juta per bulan

Natasha P.

Sebagai bagian dari negara maju di Asia Timur, Jepang memiliki fase industri dan lingkungan kerja yang begitu cepat. Para pekerja di Jepang, baik ekpatriat maupun warga lokal, dituntut untuk selalu ambisius dan disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan.

Selain tersohor sebagai negara penghasil teknologi mutakhir, Jepang adalah negara penuh kreativitas yang memiliki sejuta ide untuk menciptakan berbagai inovasi unik dan tidak pernah terpikirkan oleh negara lain. Berangkat dari sini, banyak sekali pekerjaan unik dan menyeleneh dengan prinsip 'palugada' di Jepang.

Mulai dari jasa minta maaf hingga jasa keluarga palsu, ini dia 9 pekerjaan tak lazim di Jepang yang memiliki peminat cukup banyak.

1. Jasa keluarga palsu

Guidable

Meski uang tak bisa memberikan cinta dan kasih sayang sepenuhnya, namun di Jepang kamu bisa mewujudkan itu semua. Berdirinya Family Romance sebagai perusahaan yang menyediakan jasa sewa keluarga menjadi cara alternatif untuk mengurangi rasa kesepian, depresi, dan rendah diri di Jepang. Pekerjaan satu ini sangat diminati oleh orang-orang yang mendambakan dukugan moral dari keluarga yang penuh kehangatan dan kasih sayang.

Perusahaan yang didirikan oleh Ishii Yuichi ini menetapkan tarif jasa mulai dari 8 ribu yen atau sekitar Rp1 juta untuk sekali pertemuan.

2. Jasa peminta maaf

Tensai Indonesia

Maaf merupakan satu dari tiga kata ajaib yang menjadi kunci keberhasilan suatu komunikasi. Sayangnya, sebagian orang sulit untuk mengucapkan maaf, baik karena terbiasa atau gengsi semata.

Melihat fenomena ini lumrah terjadi di masyarakat, perusahaan di Jepang bernama Shazaiya Aiga Pro Agency pun berinisiasi menawarkan jasa permintaan maaf secara resmi atas nama pelanggan. Situs Japan Today menjelaskan bahwa perusahaan jasa unik ini menyediakan dua jenis layanan dengan harga yang variatif.

Untuk paket permintaan maaf melalui telepon atau email akan dikenakan biaya 10.000 yen atau sekitar Rp1,3 juta. Sedangkan pelanggan yang memilih paket permintaan maaf secara langsung perlu membayar tarif sebesar 25.000 yen atau sekitar Rp3 juta.

3. Pria tampan penyeka air mata

Dok. Internet

Menangis adalah salah satu cara untuk meluapkan emosi dan kesedihan yang telah mengendap lama di dalam hati. Menangis akan terasa lebih emosional dan comforting apabila ada seseorang yang menemani atau menyeka air mata kita.

Ide inilah yang meinginspirasi Hiroki Tekai untuk membangun bisnis Ikemeso Danshi atau laki-laki tampan penyeka air mata. Menariknya, pasar bisnis miliknya mencakup para perempuan lajang atau yang membutuhkan teman kencan.

Para perempuan bisa memilih berbagai tipe pria pelipur lara sesuai seleranya melalui website Ikemeso Official. Harga sewa untuk jasa ini yaitu 7.900 yen atau sekitar Rp1 juta.

4. Jasa pemberi pelukan

Oddity Central

Bukan hanya jasa penyeka air mata, di Jepang juga menyediakan jasa pemberi pelukan atau cuddling. Bisnis satu ini terbilang lumayan laris manis dan sangat diminati oleh kawula muda maupun orang dewasa. Hal ini tentu tak mengherankan lantaran banyak masyarakat Jepang yang menganut gaya hidup hikkikomori atau gaya hidup sendiri.

Untuk mengobati rasa kesepian dan tekanan sosial dari masyarakat membuat banyak orang Jepang memakai jasa pemberi pelukan. Sistem kerja jasa satu ini cukup simpel. Yaitu si pemberi jasa akan menemani dan memeluk kliennya saat tidur. Selain itu, klien juga bisa meminta jasa pemberi pelukan untuk bisa disewa sepanjang hari. Cocok buat kamu yang membutuhkan pelukan, nih!

5. Jasa pencium bau

FUN! Japan

Jepang merupakan negara yang memprioritaskan kualitas kebersihan dan kesehatan di atas segalanya. Sedari dini, masyarakat Jepang telah diajarkan untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Untuk menciptakan lingkungan yang nyaman Pemerintah Jepang dengan ketat menciptakan Undang-Undang Lingkungan dan Pengendalian Bau yang Mengganggu.

Dari peraturan inilah, muncul pekerjaan tidak lazim di Jepang yang secara resmi disebut Bad Smell Specialist. Meski terdengar nyeleneh, nyatanya sudah ada lebih dari 2.000 orang yang berprofesi menjadi spesialis pencium bau.

Meski terdengar mudah, nyatanya kamu wajib memiliki sertifikasi nasional untuk bisa melamar pekerjaan ini. Adapun tugas utama Bad Smell Specialist adalah mengidentifikasi sumber bau tak sedap serta mengatasi baunya demi keselamatan warga Jepang.

6. Rentaru Kareshi

Jetset.com

Sebelum menjadi side hustle populer di Indonesia, dulunya rental pacar atau Rentaru Kareshi dicetuskan pertama kali di Jepang. Jasa persewaan pacar ini banyak digunakan oleh masyarakat Jepang untuk mengatasi kesepian. Jasa satu ini juga bisa menjadi alternatif bagi siapa pun yang ingin mempunyai hubungan, namun takut untuk berkomitmen.

Namun perlu diketahui bahwa jasa rental pacar ini memiliki batasan yang hanya bisa memeluk dan berpegangan tangan saja. Sebuah fun fact, 40% masyarakat Jepang yang menggunakan jasa ini adalah para ibu rumah tangga.

7. Tamu pernikahan palsu

FUN! Japan

Pekerjaan ini cocok buat kamu yang membutuhkan uang tambahan tanpa perlu pengalaman mumpuni. Menariknya, jasa penyewaan tamu pernikahan palsu masih cukup diminati di Jepang. Jasa ini diperuntukkan bagi orang Jepang yang tidak memiliki teman untuk diundang ke pesta pernikahan.

Bukan cuma sekadar tamu pasif, kamu pun bisa request kepada pemilik jasa untuk berperan menjadi apa pun yang kamu inginkan. Para tamu palsu ini bisa dipesan untuk berperan menjadi mantan pacar, teman kantor, bos, atau teman sekolah. Tertarik mencobanya, Bela?

8. Pencicip cuka

Shun Gate

Jika di Eropa ada pencicip wine, maka beda halnya di Jepang dengan adanya profesi pencicip cuka. Memiliki nama resmi Vinegar Sommelier, pekerjaan ini mengharuskanmu untuk mencicipi, mengecek kekentalan, serta mengukur tingkat keasaman cuka itu sendiri.

Spesialis cuka pertama di Jepang adalah keluarga Mitsuyasu Uchibori yang merupakan produsen cuka terkemuka selama lebih 130 tahun di Gifu. Pengalaman keluarga ini dalam mencicip aneka jenis cuka sudah jauh dari kata mumpuni. Hidung dan langit-langit mulut mereka pun telah dilatih untuk bisa mendeteksi dan membedakan berbagai tingkat keasaman.

Meski terdengar nyeleneh, pencicip cuka ini termasuk salah satu profesi yang sangat dihormati di Jepang. Gaji para Sommelier ini pun sangat fantastis. Mereka dibayar sebesar US$5 juta atau sekitar Rp67 miliar per tahun. Spill info lokernya, please!

9. Pencicip makanan anjing

Japan News

Meski terdengar menjijikan, faktanya pekerjaan tidak lazim ini menjadi kunci kesuksesan suatu merek makanan anjing di pasaran. Sebagai pencicip, kamu perlu menganalisa semua aspek dari makanan hewan ras Canine tersebut. Mulai dari mencicipi rasa, mencium aroma, serta menilai tekstur makanan, serta memastikan cita rasa makanan dan gizi dari makanan anjing sudah pas atau belum.

Menghadapi risiko tinggi yang akan mempengaruhi kesehatan, para pencicip makanan anjing akan mendapat honor yang cukup tinggi dengan nominal 10.000 yen atau Rp1,3 juta per hari. Wow!

Bagaimana, tertarik untuk melamar pekerjaan di atas Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life