Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Fakta Choupette, Kucing Karl Lagerfeld yang Diundang Ke Met Gala

Gaya modisnya mengantar kariernya sebagai model

Natasha P.

Sosok legenda dunia fesyen, Karl Lagerfeld sudah berpulang sejak 2019 silam. Namun, nama dan jasanya di industri mode tetap harum dikenang masa. Kehidupan pribadinya selalu mencolok perhatian publik. Termasuk hubungan lengket dengan kucing kesayangannya, Choupette Lagerfeld.

Hubungan Choupette dan Karl sendiri sudah seperti anak-ayah. Sang maestro busana ini selalu mengajak Choupette kemana saja, termasuk acara-acara mode kelas atas. Momen kegemasan keduanya sering kali diabadikan dan tak pernah absen dari jepretan para fotografer.

Untuk menghormati jasa desainer besar tersebut, Met Gala 2023 mengusung tema "Karl Lagerfeld: A line of Beauty" dan turut mengundang Choupette sebagai tamu dalam acara amal fesyen prestisius ini. Sayangnya karena beberapa alasan, Choupette tak bisa datang pada acara tersebut.

Penasaran dengan kucing Birma berwarna putih ini? Inilah 9 fakta Choupette, kucing paling modis di dunia.

1. Hadiah Natal dari Baptiste Giaconi

Cinta pada pandangan pertama berakhir indah itu bukan dongeng belaka, Bela. Kisah pertemuan Choupette dan Karl adalah bukti nyatanya.

Sebelum diadopsi oleh Karl, Choupette merupakan kucing milik model asal Prancis, Baptiste Giaconi. Ketika berkunjung ke kediaman Giaconi, Karl langsung terpincut akan keanggunan kucing Birma kelahiran 15 Agustus 2011 ini.

Ia pun meminta Choupette untuk tinggal bersamanya. Melihat chemistry antara keduanya, Baptiste menghadiahkan Choupette kepada Karl pada saat Natal.

2. Memiliki 3 nama panggilan

Instagram.com/Choupettesdiary

Bukan copet atau khopet, nama Choupette dibaca "Shôu-pette", atau berarti "sayang" dalam bahasa Prancis. Karl sebagai sang empu juga memberikan tiga nama panggilan untuk kucing kesayangannya ini. Yakni Choupette, Princess Choupette, atau Miss Choupette.

Kalau diberi kesempatan bertemu, kamu mau memanggil Choupette dengan panggilan apa, nih?

3. Punya pengasuh pribadi

Sebagai hewan kesayangan sekaligus muse milik Karl Lagfried, Choupette turut kecipratan gaya hidup mewah dari sang pemilik. Ia sangat dimanja dan kehidupannya pun sangat terjamin.

Choupette juga mempunyai dua pelayanan khusus yang merawatnya saat Karl sudah tidak ada. Mereka adalah Françoise dan Marjoire, yang juga bertugas untuk memantau aktivitas dan mencatat jumlah makanan yang dikonsumsi Chouopette setiap hari.

Dalam waktu sembilan bulan, keduanya telah membuat catatan dokumentasi keseharian Choupette sebanyak hampir 600 halaman.

4. Punya sifat manja

Instagram.com/Choupettesdiary

Seperti tabiat kucing pada umumnya, Choupette sangat manja dan haus perhatian. Selain dengan Karl, ia juga sangat lengket dengan Françoise dan Marjoire. Putri manja ini pun tak bisa tidur sendiri dan harus ditemani oleh kedua pelayannya.

"Bahkan jika dia (Choupette) tidur, dia tidak ingin sendirian. Dia seperti perempuan cantik, seperti perempuan simpanan dengan pelayan pribadinya," kata Karl kepada CNBC beberapa waktu lalu.

Walau manja, Choupette memiliki perangai kalem dan anggun. Ia tak pernah mengeong apabila sedang menginginkan sesuatu.

5. Makan di meja makan

Instagram.com/choupettediary

Iya, kamu tidak salah baca, Bela. Merujuk dari InStyle, Karl memperlakukan Choupette dengan spesial layaknya seorang anak.

Selain terbiasa makan di meja bersama Karl, alat makan yang digunakan Choupette juga merupakan keluaran merek Goyard yang memiliki harga selangit. Sebagai informasi, Goyard adalah salah satu merek mode dan tas mahal yang banyak dipakai oleh kaum menengah atas.

Belum diketahui berapa harga yang ditetapkan Goyard untuk set alat makan mewah eksklusif ini. Tetapi jika merujuk pada pasaran tas merek mewah ini, diperkirakan harganya berkisar US$1,5 ribu - US$5 ribu. Gaji UMR can't relate!

6. Punya kekayaan sebesar Rp200 miliar

Instagram.com/choupettesdiaries

Bukan hanya hidup bergelimang kemewahan, Choupette juga mempunyai harta yang berlimpah. Sebelum menghembuskan napas pada 2019, Lagerfeld memberikan warisan besar pada Choupette sebanyak Rp69 miliar.

Kekayaan ini belum termasuk dari penghasilan pribadinya sebagai model untuk produk mode mewah. Jika ditotal, Choupette mengantongi kekayaan sebesar Rp 200 miliar.

Dilihat dari kesehariannya, kucing tajir ini juga mendapat perlakuan istimewa dan sering menerima hadiah berupa barang mewah. Bahkan, ulang tahun Choupette pun dirayakan di dalam jet pribadi.

7. Salah satu kucing paling terkenal di dunia

Rasanya gelar kucing paling terkenal di dunia pantas dianugerahkan pada Choupette. Mengikuti jejak modis sang pemilik, Choupette menjadi ilham bagi banyak desainer dan merek kelas atas dalam merancang karyanya.

Namanya semakin melangit setelah buku tentang dirinya diluncurkan pada 2014. Buku berjudul The Private Life of High Flying Cat ini berisikan keseharian Choupette serta gaya hidup yang dijalankannya.

8. Bekerja sebagai model

Vanity Fair

Kucing modis ini mempunyai pengikut sebesar 200 ribu orang di Instagram dan 45,4 ribu di Twitter.  Kepopulerannya ia manfaatkan untuk memperoleh penghasilan sendiri dengan bekerja sebagai model.

Selama kariernya di dunia olah pose, Choupette sudah menghiasi beberapa sampul majalah, termasuk Harper's Bazaar UK pada tahun 2013.
Ia juga pernah muncul di pemotretan bersama model Laetitia Casta dalam majalah V pada September 2012. Bahkan, ia berkolaborasi dengan Shu Uemura dalam merilis lini koleksi kapsul makeup pribadinya, 'Shupet'.

9. Lebih suka berdiam di rumah

Nama bukanlah sebuah penanda belaka. Tetapi juga berisikan doa bagi diri dan kehidupan sang pemilik nama.

Termasuk Princess Choupette yang memiliki kebiasaan layaknya putri kerajaan. Saking manjanya, Choupette memilih berdiam di dalam rumah ketimbang berjalan keluar dan bermain.

“Kucing itu selalu tinggal di rumah, dan ketika aku pergi, pelayan merawatnya.Ia seperti benda yang sangat halus; dia tidak pergi ke jalan, dan dia tidak pergi ke tempat lain. Dia adalah putri manja," ujar Karl Lagerfeld dalam sebuah wawancara.

Itulah fakta tentang Choupette, si kucing tajir milik Karl Lagerfeld yang berprofesi sebagai model. Kalau kucingmu, terkenal karena apa nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life