Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Laris Manis, 8 Idol Aktor dengan Akting yang Dipuja

Dari Choi Siwon hingga Kang Minhyuk

Ajenk Rama

Dunia hiburan Korea Selatan menciptakan banyak aktor dari bintang idola. Tak sekadar tampan, tetapi mereka juga memiliki kualitas dalam berakting. Ibarat dari panggung ke layar kaca, mereka terus mengembangkan sayapnya di dunia seni peran. 

Awalnya, mereka diragukan kemampuan aktingnya karena berasal dari kalangan bintang idola. Namun, stigma tersebut terbantahkan saat akting mereka mendapatkan perhatian dan respon positif dari publik. 

Meski tak lagi muda, mereka masih laris manis dengan berbagai proyek akting. Siapa saja mereka? Ini dia deretan idol aktor yang terlahir dengan bakat akting yang mendapat pujian penonton.

1. Lee Junho

Koreaboo.com

Salah satu anggota 2PM, Lee Junho dikenal sebagai aktor yang mampu berbicara dengan mikroekspresi, terutama bagian mata. Idol aktor kelahiran 90-an ini sangat multitalenta dan terus mengembangkan bakatnya di dunia hiburan Korea. 

Lee Junho memiliki banyak daya tarik sebagai seorang entertainer Korea. Selain penyanyi, Ia juga seorang penulis lagu, komposer, penari, dan solois. Walau mempunyai segudang aktivitas, tapi Junho selalu totalitas dalam berakting. 

Ia juga pernah memamerkan kemampuan aktingnya dengan tidak membatasi diri pada suatu genre. Mulai dari melakoni peran pelacur pria Joseon di Homme Fatale, sampai direktur bucin di King the Land

Sebelum King the Land usai, Lee Junho masih sempat merilis lagu solo jepang berjudul "Can I" jelang konser di Jepang. Dari sosok bintang idola di atas panggung, Ia telah menjelma menjadi aktor papan atas Korea. 

2. Im Siwan

Kdramastars.com

Untuk penggemar grup generasi kedua, nama Im Siwan pasti familiar. Yup, Ia merupakan salah satu anggota ZE:A. Semenjak grupnya tak aktif, Ia mencoba peruntungan dengan menjajal terjun ke dunia seni peran Korea Selatan. 

Stigma negatif memang melekat di diri seorang bintang idola yang beralih ke aktor. Tetapi, hal ini berbeda dengan Im Siwan. Bakat aktingnya mulai dilirik ketika sejumlah judul drama yang dibintangi sukses di pasaran. Sebut saja, Misaeng, The Moon that Embracing the Sun, Run On, hingga Summer Strike.  

Di drama Korea, Run On, Ia menuai atensi karena karakter laki-laki yang diperankan paling green flag. Namun, Im Siwan tidak ingin terus berada di zona nyaman. Ia mencoba peran villain di beberapa proyek akting, seperti Unlocked dan Emergency Declaration. 

Terbaru, Ia masuk dalam daftar pemain di serial Netflix, Squid Game 2. Rasanya, tak salah menganggap Im Siwan sebagai idol aktor dengan kualitas akting cemerlang. Benar nggak, nih?

3. Kang Minhyuk

Kpopping.com

Belum lama ini, Kang Minhyuk menjadi buah bibir di media sosial. Hal ini karena peran Han Jung Kyung, seorang CEO dingin yang jatuh hati kepada Seo A-ri di serial Netflix, Celebrity. Sebelum merintis kariernya di dunia akting, Kang Minhyuk adalah seorang drummer dari band K-pop generasi kedua, yaitu CN.Blue. 

Sebenarnya, Kang Minhyuk sudah berakting sejak 2011 di drama Korea lawas, Heartstring bersama rekan satu band-nya, yaitu Yonghwa. Setelah itu, ia menerima banyak tawaran proyek akting. Salah satunya yang berkesan di hati penggemar adalah perannya sebagai Han Chan Young di drama Korea, The Heirs bersama Lee Min Ho, Krystal Jung, Kim Woo Bin, dan Park Shin Hye. 

Tak hanya bermain drum dan berakting, tetapi idol aktor ini juga hobi bernyanyi. Ia pernah mengisi OST untuk Heartstring berjudul "Star." Di luar aktivitasnya sebagai publik figur, Ia juga menulis buku, Not Everything Is Like That dan aktif membagikan humor recehnya di Instagram dan TiktTok miliknya, lho. 

4. D.O

Soompi.com

Jangan tertipu dengan visual polosnya, D.O tidak hanya berkualitas di atas panggung, tapi ia juga mumpuni di bidang akting. Ia memulai debut kecil di layar kaca sebagai pemeran pendukung di It's Okay, That's Love. 

Penampilan dinginnya sebagai psikopat di Hello Monster juga memberi kesan mendalam. Berbagai karakter sudah pernah D.O lakoni. Sebagai apresiasi atas bakat aktingnya yang memukau, Ia memenangkan beberapa penghargaan bergengsi. Salah satunya Best New Actor di Blue Dragon Awards untuk perannya di My Annoying Brother. Sekali lagi, D.O telah membuktikan bahwa akting idol aktor tak kalah hebat dari aktor lainnya. 

5. Park Hyung Sik

Hancinema.net

Jika seseorang menggambarkan Park Hyung Sik dalam satu kata, itu mungkin easygoing. Pesona polos dan humorisnya membuat sang idol aktor ini dijuluki sebagai master rom-com di berbagai drama yang dibintanginya. 

Park Hyung Sik sendiri mengaku bahwa ia menantang dirinya untuk debut sebagai aktor saat masih bergabung di grup K-pop, ZE:A. Sama seperti rekan setimnya, Im Siwan, bakat akting Park Hyung Sik sama hebatnya. 

Ia pernah satu frame dengan Kang Min Hyuk di drama Korea, The Heirs sebagai teman dari karakter Kim Woo Bin. Setelah itu, aktingnya menuai sorotan pasca memerankan karakter CEO menyenangkan di Strong Woman Do Bong Soon bersama Park Bo Young. Karier aktingnya terus mengalir hingga bisa beradu peran dengan Han So Hee di drama Korea, Soundtrack 1

Tampaknya, tidak satu pun karakter yang diperankan oleh Park Hyung Sik mengecewakan. Saat ini, Ia telah mengubah stigma negatif idol aktor yang bermodalkan tampang menjadi aktor berbakat. 

6. Taecyeon

Hancinema.net

Dapat dikatakan, pertumbuhan Taecyeon dari rapper dan penyanyi di 2PM bersama Lee Junho sangat signifikan. Sebelum resmi bergabung di agensi khusus aktor, Taecyeon telah lebih dulu menjajal dunia akting melalui drama korea musikal, Dream High

Saat itu, Ia memerankan karakter yang sangat cocok dengannya, yaitu Jin Guk, seorang siswa pemberontak, namun berbakat. Kemunculan di Dream High membuat Taecyeon laris manis di dunia seni peran. 

Dari satu peran ke peran lainnya pernah Taecyeon lakoni. Hanya saja, peran tersebut tak membuat namanya bersinar di kancah per-drakor-an. Baru setelah memainkan lakon Jang Joon Woo di Vincenzo, bakat aktingnya melesat.

Demi fokus berakting, Taecyeon hengkang dari JYP Entertainment ke 51K Entertainment. Pantas saja, kemampuan aktingnya semakin bersinar. Saat ini, sang idol aktor itu lagi sibuk bermain di drama terbaru, Heartbeat. 

7. Kim Myungsoo

Hancinema.net

Bernama asli Kim Myungsoo, lebih dahulu dikenal dengan nama panggung L dan menjadi bagian dari grup K-pop generasi kedua bentukan Woolim Entertaiment, yaitu INFINITE. Ia pertama kali debut akting di serial drama Jepang, Jiu - Special Investigation Team sebagai Jiu. 

Laki-laki berusia 31 tahun itu kembali dalam drama Korea, Shut Up Flower Boy Band sebagai anak band, Lee Hyun Woo. Kendati sudah memiliki nama besar di dunia hiburan dengan nama L, sang idol aktor itu lebih memilih nama asli saat berprofesi sebagai aktor. 

Memang tidak instan, tapi kerja kerasnya terbayarkan saat perannya sebagai Lee Sun di The Emperor: Owner of the Mask diganjar penghargaan, Most Popular Actor dan Best Fighting Spirit Award dalam MBC Drama Awards 2017. 

Kini, Myungsoo tampil di layar kaca bersama Yeonwoo, Sungyeol 'INFINITE', dan Choi Jin Hyuk dalam drama Korea, Numbers

8. Choi Siwon

pinkvilla.com

Sempurna adalah kata yang tepat untuk menggambarkan Choi Siwon. Sebagai Super Junior, Ia telah memiliki sejumlah drama dan film Korea. Salah satu yang membekas di hati penonton adalah karakter Kim Shin Hyuk di She Was Pretty. 

Sementara di Revolusioner Love, aktor kelahiran 1986 itu berlakon sebagai Byun Hyuk, seorang anak konglomerat generasi ketiga yang senang bikin onar. Bakat komedinya di beberapa drama Korea membuat Siwon dijuluki sebagai idol aktor berkualitas di genre rom-com.

Idol aktor satu ini memang hobi sekali melawak. Lihat saja konten-konten Siwon di TikTok dan Instagram sangat mencermin dirinya sebagai entertainer sejati. Sepakat nggak, nih?

Ternyata, daftar idol aktor yang laris manis, didominasi oleh idol aktor generasi kedua, nih. Ada sosok favoritmu?

IDN Media Channels

Latest from Working Life