Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film Hollywood dengan Pendapatan Tertinggi Tahun 2023

'Barbie' menempati posisi pertama

Aisyah Banowati

Bela, 2023 sebentar lagi akan berakhir. Sepanjang tahun, ada ratusan judul film baru yang mewarnai bioskop juga platform OTT. Baik film karya dalam negeri, Bollywood, maupun Hollywood yang telah tayang, beberapa di antaranya ada yang meraup untung sampai milyaran dolar Amerika. 

Secara sederhana, pendapatan sebuah film dapat dihitung dari seberapa banyak penonton yang membeli tiket di bioskop. Lewat artikel ini POPBELA telah merangkum sepuluh film Hollywood dengan pendapatan tertinggi tahun 2023. Ada apa saja? Berikut daftarnya.

1. Barbie - US$1,442 miliar

Penayangan film yang disutradarai oleh Greta Gerwig ini bukan hanya ditunggu-tunggu seluruh negeri namun juga berhasil menjadi box office. Barbie sukses menjadi film terlaris yang diarahkan oleh sutradara perempuan hanya dalam empat pekan penayangannya. 

Ketenaran yang diterima Barbie sejalan dengan keuntungan fantastis yang diterima. Terutama bagi produser sekaligus pemeran utama, Margot Robbie, diperkirakan aktris berusia 33 tahun tersebut menerima pendapatan lebih dari Rp767,3 miliar. 

2. The Super Mario Bros. Movie - US$1,36 miliar

Tayang di paruh pertama tahun ini, The Super Mario Bros. Movie berhasil menjadi film pertama yang meraup US$1 miliar secara global di tahun 2023. Film ini merupakan adaptasi dari gim Nintendo Super Mario dengan Chris Pratt yang dipercaya untuk mengisi suara Mario. 

Karakter Princess Peach sendiri diisi oleh Anya Taylor-Joy, Luigi oleh Charlie Day, Bowser oleh Jack Black, Toad oleh Michael Key, hingga Donkey Kong oleh Seth Rogen. Tak kalah mengejutkan, Charles Martinet sebagai pengisi asli suara Mario juga muncul sebagai cameo.

3. Oppenheimer - US$953,3 juta

Punya jadwal tayang yang bersamaan dengan film Barbie, istilah ‘Barbenheimer’ pun mencuat di media sosial. Oppenheimer sendiri merupakan film biopik dari ilmuan fisika pembuat bom atom yang disutradarai oleh Christopher Nolan. 

Selain Cillian Murphy yang berperan sebagai J.R Oppenheimer, aktor Robert Downey Jr., Emily Blunt, hingga Matt Damon juga turut serta digandeng untuk bermain dalam film ini. Pada akhirnya, Oppenheimer berhasil menjadi film biopik terlaris sepanjang masa mengalahkan Bohemian Rhapsody.

4. Guardians of the Galaxy Vol. 3 - US$845,6 juta

Film penutup dari trilogi Guardians of the Galaxy ini menghabiskan anggaran sebesar US$250 juta. Meski belum dapat mengalahkan pendapatan film sebelumnya, Guardians of the Galaxy Vol. 3 berhasil masuk dalam urutan keempat dalam daftar ini. 

Dalam film ketiganya ini, produksi berfokus pada asal muasal Rocket Raccoon yang berkaitan dengan para Guardians di Counter Earth sekaligus sosok High Revolutionary. Muncul juga berang-berang bernama Lylla yang namanya telah disebut sejak film pertamanya tayang.

5. Fast X - US$714,1 juta

Produksi terbaru dari waralaba Fast and Furious, Fast X, berhasil mengantongi pendapatan mencapai US$714,1 juta. Selain wajah lama yang kembali muncul, Fast X menghadirkan Jason Momoa sebagai Dante Reyes yang akan menjadi musuh baru Dominic Toretto (Vin Diesel).

Meski telah menggelontorkan dana yang cukup besar untuk produksi Fast X yang mencapai US$340 juta, namun pada kenyataannya waralaba milik Vin Diesel ini disebut hanya memberi keuntungan yang sedikit untuk Universal Pictures, sebab tak mencapai target yang ditetapkan.

6. Spider-Man: Across the Spider-Verse - US$690,5 juta

Film animasi yang dari superhero laba-laba ini merupakan sekuel dari Spider-Man: Into the Spider-Verse yang tayang di tahun 2018. Film ini disutradarai oleh Joaquim Dos Santos bersama Kemp Powers dan Justin K. Thompson.

Pada waktu penayangannya—pada paruh kedua tahun ini—Spider-Man: Across the Spider-Verse berhasil mengalahkan pesaingnya yakni Elemental: Forces of Nature yang mengumpulkan US$495,9 juta dan The Flash dengan total pendapatan US$267,2 juta.

7. The Little Mermaid - US$569,6 juta

Meski sebelum penayangannya film ini mendapat kritik keras di media sosial, namun pada akhirnya The Little Mermaid berhasil mengantongi pendapatan yang memuaskan. Remake yang dibintangi oleh Halle Bailey sebagai Ariel ini cukup menggemparkan saat trailernya tayang. 

Kontroversi diawali sebab pemilihan aktor yang dirasa tidak sesuai dengan gambaran tokoh putri duyung yang telah ditunjukkan oleh Disney selama ini. Namun, performa dan vokal yang ditunjukkan Halle Bailey berhasil menyihir penonton saat The Little Mermaid tayang. 

8. Mission: Impossible - Dead Reckoning Part One - US$567,5 juta

Lagi-lagi pendapatan ‘rendah’ didapat oleh waralaba besar, kali ini Mission Impossible. Masih dibintangi oleh Tom Cruise, Mission: Impossible - Dead Reckoning Part One mencetak pendapatan terendah sejak Mission: Impossible III (2006). 

Tak terelakan jika film ini mengalami pembengkakan anggaran, menghabiskan sejumlah US$220 juta, yang salah satunya disebabkan karena penundaan produksi akibat COVID. Ditambah dengan kesalahan pemilihan waktu tayang membuat pendapatan film ini terasa kurang. 

Kabarnya, bahkan IMAX sempat membujuk Paramount agar mempertimbangkan kembali tanggal perilisan Mission: Impossible - Dead Reckoning Part One yang berdekatan dengan Oppenheimer

Meski tak mencapai target pendapatan, nyatanya film ini berada pada urutan kedelapan dalam daftar sepuluh besar film dengan pendapatan tertinggi tahun ini.

9. Elemental - US$495,9 juta

Karya terbaru dari Pixar, Elemental, berhasil menjadi tontonan ramah anak yang cocok ditonton bersama keluarga. Animasi yang cantik, lelucon yang ringan, dan akhir yang bahagia membuat tak sedikit orang beranggapan jika Elemental layaknya titik kebangkitan Pixar pasca pandemi. 

Untuk produksi film ini Pixar menggelontorkan dana mencapai US$200 juta. Besarnya anggaran disebabkan banyaknya sumber daya terkait untuk memproduksi film ini. Dana ini belum termasuk biaya pemasaran, hanya mencakup pengembangan dan produksi. Beruntung, Pixar berhasil menghadapi krisis dengan meraup pendapatan lebih dari US$400 juta.

10. Ant-Man and the Wasp: Quantumania - US$476,1 juta

Aksi Scott Lang, Cassie Lang, dan Kang dalam Ant-Man and the Wasp: Quantumania menjadi pembuka untuk fase kelima MCU. Sayangnya, film ini mencatat persentase penurunan terbesar sepanjang sejarah MCU pada penayangan pekan pertama dan keduanya. 

Film pertama dari superhero Ant-Man ini tayang di tahun 2015 kemudian berlanjut ke film kedua setelah tiga tahun. Selama tiga kali penayangannya, karakter Ant-Man masih terus dipercayakan pada Paul Rudd. Ditambah, kali ini, Cassie Lang sudah dewasa dan diperankan oleh Kathryn Newton.

Itulah 10 film Hollywood dengan pendapatan tertinggi di tahun 2023. Beberapa di antaranya berasal dari waralaba besar yang sayangnya dianggap kurang memuaskan dari segi pendapatan meski telah menghasilkan keuntungan. 

Meski demikian, pada umumnya, untuk dapat dikatakan sukses setidaknya sebuah film harus meraup keuntungan dua kali lipat dari anggaran yang telah digunakan. Jadi, dari sepuluh film di atas, ada judul favorit kamu nggak, nih?

IDN Media Channels

Latest from Working Life