Kasus Burning Sun yang melibatkan banyak publik figur Korea Selatan—termasuk Seungri—masih terus berlanjut. Pada 1 Juli 2021, Seungri menghadiri sidang ke-25 kasus Burning Sun yang diadakan di Pengadilan Militer Korea Selatan dengan agenda pembacaan dakwaan terhadap Seungri. 

Tak hanya mendengarkan dakwaan, tetapi Seungri juga menghadapi tuntutan besar yang bisa berdampak pada kariernya di dunia hiburan Korea Selatan. Selama persidangan, Seungri meneteskan air mata dan menjanjikan satu hal kepada fans setianya, serta BIGBANG. 

Kira-kira, janji apa yang diucapkan oleh Seungri selama persidangan kasus Burning Sun? Mungkinkah Seungri mengakui keterlibatannya terhadap kasus tersebut? Simak kebenarannya di bawah ini. 

Seungri didakwa dengan berbagai tuduhan

Teteskan Air Mata, Ini Janji Seungri Terkait Kasus Burning SunSoompi.com

Saat persidangan, Seungri didakwa atas sembilan tuduhan yang meliputi kejahatan ekonomi khusus, pelanggaran undang-undang sanitasi pangan, penggelapan, kejahatan seksual, perjudian, pembelian jasa protistusi, hasutan kekerasan khusus, hingga pelanggaran undang-undang valuta asing.

Namun, kuasa hukum Seungri berpendapat jika tuduhan yang dialamatkan kepada klien dibuat berdasarkan pada opini publik yang seharusnya dinilai melalui penyelidikan melalui bukti nyata. 

Seungri dituntut hukuman penjara

Teteskan Air Mata, Ini Janji Seungri Terkait Kasus Burning SunSoompi.com

Banyak tuduhan yang diterima Seungri dalam kasus Burning Sun, membuatnya harus bersiap menghadapi hukuman penjara disertai denda ratusan juta rupiah. Jaksa menuntut hukuman penjara lima tahun dan denda sebesar KRW 20 juta (setara Rp256 juta) berdasarkan keseriusan kejahatan yang diperbuat Seungri. 

Penuntut militer mengungkapkan, "Demi kepentingan ekonominya, ia menghibur investor asing dengan bantuan seksual dan mempertahankan persahabatan mereka melalui perjudian. Tidak hanya itu, ia juga mengoperasikan tempat hiburan dewasa tanpa izin selama dua tahun, menggelapkan dana perusahaan, menunjukkan kebiasaan berjudi dan mencari balas dendam pribadi. Semua itu merupakan kejahatan serius dan hukuman yang berat diperlukan." 

Seungri mengakui salah satu tuduhan

Teteskan Air Mata, Ini Janji Seungri Terkait Kasus Burning SunThejakartapost.com

Selama persidangan digelar, ada enam ponsel yang diserahkan oleh Seungri. Enam perempuan juga dipanggil untuk diselidiki mengenai pelecehan seksual yang dituduhkan ke Seungri. Dari berbagai tuduhan yang ditujukan kepadanya, Seungri membantah semua tuduhan tersebut.

Ia mengungkapkan jika dirinya tidak menyediakan perempuan dan merekam aktivitas seksual secara ilegal, seperti yang dibacakan dalam persidangan. Tetapi, ada satu tuduhan yang Seungri akui, yaitu pelanggaran undang-undang transaksi valuta asing. 

Seungri berjanji akan dilahirkan kembali

Teteskan Air Mata, Ini Janji Seungri Terkait Kasus Burning SunSoompi.com

Beratnya menghadapi persidangan kasus Burning Sun membuat Seungri tak kuasa menahan tangis. Saat pernyataan terakhir, Seungri berkata dengan terisak-isak, "Saya telah merenungkan diri selama tiga tahun terakhir ini, dan saya berjanji akan dilahirkan kembali dari ini. Saya meminta maaf telah menimbulkan kekhawatiran bagi orang-orang di negara ini. Saya juga meminta maaf kepada fans setia saya, keluarga saya, BIGBANG, dan YG Entertainment."

"Hukumannya belum selesai, tetapi saya telah melalui berbagai tes. Saya harus menanggung rasa malu karena rambut tubuh saya dikumpulkan di ruang terbuka. Meski begitu, saya telah terlibat dalam penyelidikan karena saya ingin mengungkapkan kebenaran lebih jelas daripada orang lain."  

Kabarnya, hukuman akhir untuk Seungri akan ditentukan pada sidang putusan yang ditentukan oleh pengadilan. Semoga hasil akhir kasus Burning Sun yang melibatkan Seungri, diputuskan secara adil dan ia bisa memenuhi janjinya kepada fans, ya, Bela.

Baca Juga: Akibat Seungri BIG BANG, Saham YG Entertainment Terkena Imbas Buruk

Baca Juga: Selain Kasus Prostitusi, Ini Sebab Seungri BIGBANG Pensiun Sepihak

Baca Juga: Himchan B.A.P Mencoba Akhiri Hidup, Ini 6 Fakta Kasus dan Kronologinya