Pada 3 September 2020, BTS yang bernaung di agensi Big Hit Entertainment baru saja dikukuhkan sebagai pemegang saham berkat kontribusi dan pencapaian mereka yang luar biasa di industri hiburan Korea Selatan. 

Keberhasilan BTS di masa kini membuat publik kembali mengingat beberapa idol Kpop yang juga diberi jabatan penting di masing-masing agensi, lantaran kesetiaan dan kontribusi yang diberikan kepada agensi. 

Jabatannya pun sangat berkelas dan memiliki peran cukup strategis di perusahaan, lho. Melansir dari Koreaboo.com, inilah daftar idol yang telah diangkat ke posisi terpenting di agensi mereka. Check this out, Bela!

1. BoA

Tak Hanya BTS, 5 Idol Kpop Ini Diberi Jabatan Penting di AgensinyaKoreaboo.com

Berkarier di dunia hiburan Korea bersama SM Entertainment sejak tahun 2000, mengantarkan solois perempuan ini ke tahta tertingginya di agensi tersebut. Perempuan multitalenta ini diangkat sebagai direktur kreatif di SM Entertainment. 

Meski nama BoA tidak didaftarkan secara resmi sebagai seorang direktur, namun dirinya mempunyai tugas penting di agensinya. Dirinya ditugasi sebagai penengah dalam menyelesaikan permasalahan komunikasi antara artis dengan manajer, serta karyawan agensi. 

Selain itu, ia juga dipercaya untuk melakukan konseling kesehatan mental kepada idol yang debut di usia muda agar mental mereka yang mudah bergejolak bisa teratasi dengan baik.

2. Eunkwang BTOB

Tak Hanya BTS, 5 Idol Kpop Ini Diberi Jabatan Penting di AgensinyaKoreanarea.com

Menjadi penghasil pundi-pundi keuangan di Cube Entertainment, pemimpin dari grup BTOB juga ditunjuk oleh agensi sebagai direktur. Ia masuk ke dalam jajaran dewan direksi perusahaan. 

Laki-laki yang baru menyelesaikan tugas wajib milternya ini mendapat peran untuk mengelola hak dan perlindungan artis, serta mengembangkan program baru untuk merawat artis dengan lebih baik. 

Ia juga diminta untuk membantu para artis di agensi dalam aspek kreativitas. Dari semua artis yang bernaung di Cube, Eunkwang berhasil menjadi idol pertama yang dipromosikan menjadi direktur di usia muda. 

3. 2PM

Tak Hanya BTS, 5 Idol Kpop Ini Diberi Jabatan Penting di AgensinyaSeoulbeats.com

Hampir sebelas tahun bernaung di JYP Entertainment, 2PM juga naik pangkat menjadi idol yang memiliki pengaruh di agensi mereka. Pada 2018 silam, JYP Entertainment mengumumkan jika 2PM didapuk sebagai direktur di perusahaan yang dibangun oleh Park Jinyoung ini. 

Kabar tersebut disampaikan setelah kelima anggota grup memperpanjang kontrak di perusahaan. Jabatan ini diberikan sebagai bentuk terima kasih atas kinerja yang memuaskan dan menjadi pemasok pendapatan terbesar di JYP Entertainment pada era kejayaan mereka. 

Ditunjuknya 2PM sebagai direktur, masing-masing anggota 2PM bertanggung jawab soal promosi perusahaan dan urusan eksternal. Namun sayangnya, Taecyeon yang memilih tidak memperpanjang kontrak, menjadi satu-satunya anggota yang tidak mendapat jabatan penting ini, tetapi masih menjadi bagian dari 2PM. 

4. Kangta

Tak Hanya BTS, 5 Idol Kpop Ini Diberi Jabatan Penting di AgensinyaAllkpop.com

Sebelum melahirkan deretan grup berkelas, SM Entertainment memiliki grup laki-laki senior bernama H.O.T. Salah satu anggotanya, Kangta didapuk masuk ke dalam direksi teratas agensi SM Entertainment pada tahun 2014. 

Bersama BoA, Kangta terpilih sebagai direktur non eksekutif di bagian kreatif. Ia juga berbagi kantor dengan rekan seagensinya, BoA dan aktor Kim Jong Min. Akankah grup SM lainnya mengikuti jejak senior mereka, masuk ke dalam dewan direksi?

5. Yunho TVXQ

Tak Hanya BTS, 5 Idol Kpop Ini Diberi Jabatan Penting di AgensinyaKpopping.com

Laki-laki yang tergabung di grup bersama Changmin ini, turut kebagian jabatan penting di SM Entertainment. Lebih dari 15 tahun, Yunho berkarya di agensi milik Lee Soo Man itu. Segudang prestasi pun diraihnya dan membesarkan nama agensi. 

Berkat pengalaman dan sikap disiplinnya dalam bermusik, SM Entertainment menunjuk Yunho untuk menempati posisi general manager. Ia bertanggung jawab atas kedisiplinan dan keteraturan kerja dari para idol dan trainee di agensinya. 

Nggak hanya karier bermusik saja yang cemerlang, tapi agensi pun sampai percaya memberi sebuah posisi krusial untuk para idol yang loyal dengan perusahaan. 

Kamu tahu, nggak, siapa idol lain yang memiliki jabatan penting di agensi, Bela?

Baca Juga: Puncaki Billboard Hot 100, BTS Ukir Sejarah Jadi Pemegang Saham

Baca Juga: Ingin Naik Jabatan? Berikut 10 Strategi Supaya Kariermu Meningkat

Baca Juga: Begini Cara Memimpin Teman Saat Baru Naik Jabatan