Drama Korea, Anna yang dibintangi Suzy sebagai pemeran utama telah berakhir beberapa waktu lalu dan tayang resmi di Coupang Play. Selama penayangan, Anna menuai respon positif dari warganet Korea dan akting Suzy pun dikatakan berkembang di drama ini. 

Saking populer di Korea, Anna dikabarkan bakal dibuat versi panjang dari jumlah episode sebelumnya sebanyak 6 episode. Namun, Anna menghadapi perseteruan internal cukup serius antara sutradara dan Coupang Play pada 3 Agustus 2022.  

Sutradara drama Korea, Anna merasa dirugikan karena tindakan tanpa izin dari Coupang Play. Benarkah demikian? Melansir dari Joongang, cari tahu kebenarannya di sini.  

Coupang Play dituduh mengubah secara sepihak

Sutradara K-Drama 'Anna' dan Coupang Play Bersitegang, Ini FaktanyaJoongang.co.kr

Saat penayangan di Coupang Play, Anna berjumlah 6 episode. Padahal, seharusnya drama Korea tersebut berjumlah 8 episode. Pemangkasan dua episode di Anna membuat sang sutradara geram. 

"Coupang Play mengeditnya secara sepihak. Itu tidak hanya mengurangi durasi tayang, tetapi juga merusak narasi, pengeditan, dan nilai di drama tersebut," ujar Siwoo, perwakilan hukum Lee Joo Young.

Menurut perwakilan hukum Lee Joo Young, Siwoo menjelaskan bahwa Anna pertama kali dirilis di Coupang Play pada 24 Juni 2022 terdiri dari 6 episode dengan durasi 45-63 menit per episode. 

Padahal, file yang diselesaikan Lee Joo Young sebanyak 8 episode dengan durasi 45-61 menit per episode, serta skrip naskah yang disetujui oleh Coupang Play juga sebanyak 8 episode. 

Coupang Play mengabaikan permintaan sutradara

Sutradara K-Drama 'Anna' dan Coupang Play Bersitegang, Ini FaktanyaHancinema.net

Selain melakukan pemangkasan tanpa izin, Siwoo selaku perwakilan kuasa hukum dari Lee Joo Young menyampaikan bahwa Coupang Play tak mengindahkan permintaan kliennya.

"Sutradara Lee Young Lee tidak setuju untuk mencantumkan namanya di versi editan yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Jadi, ia meminta kepada pihak Coupang Play untuk menghapus namanya dari kredit di sutradara dan skenario, tetapi ditolak oleh mereka," ucap Siwoo ke media lokal Korea.

Lee Joo Young juga telah meminta Coupang Play untuk memperbaiki masalah ini melalui perantara ketiga, tetapi sejauh ini belum ada tanggapan apa pun dari mereka. Pengeditan sepihak Coupang Play di drama Korea, Anna belum pernah terjadi di industri perfilman mereka dan hal ini telah melanggar hak moral dari kliennya, sutradara Lee Joo Young. 

Lee Joo Young bersiap melakukan gugatan

Sutradara K-Drama 'Anna' dan Coupang Play Bersitegang, Ini FaktanyaJoongang.co.kr

Tampaknya, perseteruan internal antara sutradara dan Coupang Play cukup serius. Lee Joo Young masih menunggu permohonan maaf dari mereka kepada dirinya dan seluruh staf Anna atas pemangkasan dua episode, serta pengabaian permintaan buat menghapus namanya dari kredit. 

Jika ultimatum tersebut diabaikan Coupang Play, maka kuasa hukum Lee Joo Young tidak segan menempuh jalur hukum. Lee Joo Young adalah sutradara yang pernah menggarap film, A Single Rider pada 2017 dan Anna menjadi proyek drama pertama yang ditulis dan disutradarai oleh dirinya. 

Coupang Play memberikan tanggapan atas hal ini

Sutradara K-Drama 'Anna' dan Coupang Play Bersitegang, Ini FaktanyaHancinema.net

Kekecewaan yang dialami sang sutradara, akhirnya Coupang Play memberikan tanggapan dalam sebuah laporan yang dikutip dari Newsen.

"Kami mengungkapkan bahwa arah penyuntingan sutradara Lee Joo Young sangat berbeda dengan arah yang disepakati bersama baik Coupang Play, sutradara maupun perusahaan produksi," ucap perwakilan Coupang Play. 

Perwakilan Coupang Play menambahkan bahwa Lee Joo Young menolak untuk mengubah sesuai rencana mereka. Selain itu, Coupang Play mengungkapkan jika pemangkasan dan pengeditan yang dilakukan telah mendapat persetujuan perusahaan produksi. 

Mengatasi perseteruan internal ini, Coupang Play berencana merilis versi panjang drama Korea, Anna pada Agustus 2022. Namun, hasil akhir perilisan akan diumumkan setelah judical review selesai. 

Kedua belah pihak sudah saling memberikan tanggapan, nih. Semoga ada titik terang dan terselesaikan dengan baik, ya, Bela.

Baca Juga: Drama Korea 'Anna' Suzy Dihujat Warganet Tiongkok, Ini Penyebabnya

Baca Juga: Gelar Konferensi Pers, 5 Alasan Drama Korea 'Anna' Layak Ditonton

Baca Juga: Fakta 'Wonderland', Film Sci-Fi Korea yang Menggaet Suzy & Park Bo Gum