Tahun 2019, Arthdal Chronicles menjadi drama Korea dengan total biaya produksi mencapai 50 miliar won (sekitar Rp578 miliar) saat itu. Drama tersebut berkisah tentang perebutan kekuasaan di tanah Arthdal yang dibintangi Song Joong Ki dan Kim Ji Won.  

Pada musim pertama, drama tersebut sempat diwarnai kontroversi. Tetapi, penggemar masih berharap Arthdal Chronicles dapat berlanjut ke musim kedua karena akhir kisahnya menggantung. 

Rumor mengenai musim kedua Arthdal Chronicles sudah ada sejak tahun 2020. Namun, tak kunjung dikonfirmasi oleh tim produksi dan baru terjawab di tahun 2022. Tim produksi mengonfirmasi bahwa Arthdal Chronicles akan berlanjut ke musim kedua.  

Lantas, kapan Arthdal Chronicles season 2 ditayangkan? Apakah Song Joong Ki kembali bergabung di musim kedua? Sebelum resmi ditayangkan, intip fakta serunya di bawah ini. 

1. Persiapan syuting telah dimulai tahun ini

Siap Diproduksi, 7 Fakta Mengenai 'Arthdal Chronicles' Season 2Hancinema.net

Pada 21 Februari 2022, seorang perwakilan dari Studio Dragon memberitahu kepada beberapa media Korea Selatan bahwa Arthdal Chronicles dipastikan berlanjut ke musim kedua. Tim produksi drama juga tengah mempersiapkan proses syuting di tahun ini. 

2. Digarap oleh sutradara The Great Battle

Siap Diproduksi, 7 Fakta Mengenai 'Arthdal Chronicles' Season 2Koreanfilms.or.kr

Pada musim pertama, Arthdal Chronicles digarap oleh Kim Won Seok dan ditulis oleh Kim Young Hyun dan Park Sang Yeon. Namun, di musim kedua, ada sedikit perubahan dari tim produksi. Sutradara Kim Won Seok digantikan oleh Kim Kwang Sik yang akan menggarap Arthdal Chronicles musim ke-2.

Ia merupakan sosok sutradara kenamaan Korea Selatan, yang pernah menggarap filmThe Great Battle. Sementara, penulisan naskah untuk Arthdal Chronicles 2 tetap bekerja sama dengan Kim Young Hyun dan Park Sang Yeon. 

3. Jang Dong Gun bergabung di musim kedua

Siap Diproduksi, 7 Fakta Mengenai 'Arthdal Chronicles' Season 2Soompi.com

Pada musim pertama, beberapa aktor-aktris kenamaan Korea Selatan mengisi Arthdal Chronicles seperti Song Joong Ki, Kim Ji Won, Jang Dong Gun, hingga Kim Ok Bin. Mereka memainkan peran penting dan diharapkan kembali bergabung di musim kedua.

Namun, Studio Dragon selaku perusahaan produksi dari Arthdal Chronicles season 2 mengungkapkan bahwa Jang Dong Gun memiliki kemungkinan cukup besar bergabung di musim kedua. 

4. Biaya produksi ditaksir mencapai ratusan miliar

Siap Diproduksi, 7 Fakta Mengenai 'Arthdal Chronicles' Season 2Hancinema.net

Musim pertama, biaya produksi Arthdal Chronicles per episode menelan biaya sekitar 3 miliar won dan total produksi mencapai 50 miliar won (sekitar Rp578 miliar) di tahun 2019.  

Sedangkan untuk musim kedua, tim produksi mengalokasikan dana sebesar 10 miliar won (setara Rp120 miliar). Skala waktu dan pengambilan set yang ditampilkan di Arthdal Chronicles musim pertama semuanya diperkirakan berlanjut hingga musim kedua. 

5. Tim produksi masih berdiskusi dengan pemeran utama lainnya.

Siap Diproduksi, 7 Fakta Mengenai 'Arthdal Chronicles' Season 2Hancinema.net

Penampilan Jang Dong Gun sebagai Ta Gon di Arthdal Chronicles season 2 dikonfirmasi oleh pihak Blue Dragon kemungkinan besar akan muncul. Namun, untuk pemeran lainnya di musim kedua belum dikonfirmasi oleh tim produksi, karena masih dalam tahap diskusi.  

6. Diproduksi dalam berbagai format

Siap Diproduksi, 7 Fakta Mengenai 'Arthdal Chronicles' Season 2Allkpop.com

Sebelumnya pada 2021 lalu, ada rumor bahwa tim produksi akan memperluas penayangan Arthdal Chronicles di seluruh dunia dalam berbagai format, seperti video game dan webtoon. Rumor tersebut dibenarkan dengan kolaborasi antara Studio Dragon dan YLab untuk mengembangkan Arthdal Chronicles dalam versi webtoon.  

7. Dijadwalkan tayang tahun depan

Siap Diproduksi, 7 Fakta Mengenai 'Arthdal Chronicles' Season 2Pinterest.com

Proses syuting Arthdal Chronicles telah direncanakan berlangsung di tahun 2022 dan naskah drama dalam proses pembuatan. Jika tidak ada kendala, maka Arthdal Chronicles season 2 dijadwalkan tayang pada tahun 2023.

Namun, untuk hari dan bulan penayangan Arthdal Chronicles season 2 belum dikonfirmasi secara detail oleh tim produksi. Penggemar juga masih berharap Song Joong Ki dan Kim Ji Won kembali bergabung di musim kedua. 

Siap menantikan kelanjutkan kisah Arthdal Chronicles season 2, Bela? Semoga Song Joong Ki dan Kim Ji Won ikut bergabung, ya. 

Baca Juga: 8 Daftar Drama Song Joong Ki Sebagai Pemeran Utama dan Cameo 

Baca Juga: Deretan Gaya Kasual yang Bisa Ditiru dari Kim Ji Won

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat 'Thirty-Nine' Akan Jadi Drama Korea Favorit Terbaru