Tidak hanya mendominasi dari penjualan album, namun hampir semua aplikasi streaming juga dikuasai oleh grup Kpop, salah satunya Spotify. Aplikasi ini merupakan sarana bagi musisi luar atau dalam negeri untuk menampilkan karya terbarunya. 

Hal ini tentu sangat menguntungkan kala sebuah grup Kpop makin meroket lagunya di layanan digital tersebut. Lantaran, semakin banyak orang yang melakukan streaming, maka semakin besar pula pendapatan yang idol Kpop hasilkan. 

Berbekal lagu yang diputar, para idol Kpop bisa menghasilkan pendapatan fantastis dari karya yang disuguhkan di aplikasi digital tersebut. Nah, baru-baru ini, Spotify mengungkap data 2020, beberapa idol Kpop yang memiliki jumlah streaming terbanyak. 

Lalu, siapa saja idol Kpop yang meraih pendapatan terbesar dari aplikasi Spotify? Berapakah penghasilannya? Cari tahu di bawah ini, Bela.  

1. BLACKPINK

Selain BLACKPINK, 7 Grup Kpop Ini Raih Pendapatan Terbesar di SpotifyWowkeren.com

Baru saja mengeluarkan lagu baru berjudul "Lovesick", grup besutan YG Entertainment ini menjadi grup perempuan yang berada di posisi teratas dengan penghasilan terbesar dari Spotify. 

Diketahui, BLACKPINK memiliki 28,84 juta pendengar bulanan di Spotify. Selain itu, BLACKPINK juga mempunyai jumlah streaming terbanyak sebesar 3,9 miliar streaming. Nggak heran, kalau BLACKPINK berhasil mengantongi pendapatan sebanyak US$6,70 juta, atau setara dengan Rp98,5 miliar pada tahun 2020 ini. 

2. TWICE

Selain BLACKPINK, 7 Grup Kpop Ini Raih Pendapatan Terbesar di SpotifyTwitter.com/jypetwice

Selanjutnya, ada grup perempuan dari JYP Entertaiment yang berhasil meraih pendapatan terbesar di Spotify. Bakal merilis album terbaru bertajuk "Eyes Wide Open", TWICE mempunyai jumlah streaming sebesar 1,82 miliar. 

Pengikut mereka di layanan Spotify juga mencapai 6,52 juta dengan pendengar sebanyak 4,96 juta setiap bulannya. Alhasil, pelantun lagu "Feel Special" ini mampu memperoleh penghasilan setengah dari pendapatan BLACKPINK, yakni US$3,97 juta di tahun 2020 ini. 

3. Red Velvet

Selain BLACKPINK, 7 Grup Kpop Ini Raih Pendapatan Terbesar di SpotifyTwitter.com/baejoohyunews

Masih dari agensi Big 3, grup perempuan asal SM Entertaiment ini juga masuk ke dalam daftar dengan pendapatan terbesar di Spotify, Lagu-lagu mereka yang easy listening sangat sering di-streaming oleh publik. 

Tak ayal, Red Velvet berhasil mendapatkan 1,22 miliar dari total streaming. Setiap bulannya, rata-rata pendengar Red Velvet sebanyak 4.44 juta. Dengan jumlah pendengar yang cukup banyak, grup yang digawangi oleh Irene ini, sukses meraih pendapatan sebesar US$2,35 juta. 

4. MAMAMOO

Selain BLACKPINK, 7 Grup Kpop Ini Raih Pendapatan Terbesar di SpotifyTwitter.com/archivemmmoo

Memiliki vokal yang menakjubkan, grup perempuan di bawah agensi Rainbow Bridge World berhasil menempati posisi keempat dengan pendepatan terbesar di Spotify. Tidak seperti grup idola perempuan pada umumnya, MAMAMOO mempunyai ciri khas tersendiri dari lagu hingga penampilannya di atas panggung. 

MAMAMOO meraih total streaming dengan angka cukup fantastis, yakni sebesar 574 milliar. Sementara, setiap bulan pendengarnya mencapai 3,20 juta. Nggak salah jika penghasilannya pun meraup keuntungan sebanyak US$1,42 juta di tahun 2020. 

5. BTS

Selain BLACKPINK, 7 Grup Kpop Ini Raih Pendapatan Terbesar di SpotifyPopcrush.com

Sedangkan dari grup laki-laki, BTS menjadi grup yang berhasil nangkring di peringkat pertama dan paling banyak di-streaming di Spotify dengan total streaming sebanyak 11,9 miliar. 

Selain itu, grup yang digawangi oleh RM ini juga memiliki pendengar bulanan mencapai 32.22 juta di Spotify. Berdasarkan data Spotify 2020, streaming rata-rata lagu BTS per hari sepanjang tahun 2019-2020, BTS telah menghasilkan pendapatan sebesar US$23.63 juta, atau setara dengan Rp347,2 miliar. Whew! 

6. EXO

Selain BLACKPINK, 7 Grup Kpop Ini Raih Pendapatan Terbesar di SpotifySoompi.com

Debut pada tahun 2012, popularitas EXO di dunia Kpop tidak dapat dianggap remeh. Grup asal SM Entertainment ini juga menjadi grup laki-laki yang berada di peringkat ke-2 yang paling banyak didengar lagunya di Spotify. 

EXO meraih total streaming sekitar 1,8 miliar. Sedangkan, pengikut EXO di Spotify rata-rata sebulannya meraih 3,44 juta. Keuntungan yang didapat nggak main-main, sepanjang 2019-2020, EXO mendapatkan sebesar US$2,26 juta dari Spotify. 

7. SEVENTEEN

Selain BLACKPINK, 7 Grup Kpop Ini Raih Pendapatan Terbesar di SpotifyKpopchart.net

Meski bukan berasal dari agensi besar, tapi grup besutan Pledis Entertainment sukses membuktikan kesuksesannya di musik Kpop. Dalam waktu lima tahun, SEVENTEEN berhasil menjadi grup laki-laki yang paling banyak didengar lagunya di Spotify. 

SEVENTEEN meraih total streaming sebanyak 1,0 miliar. Pelantun "Left & Right" ini juga memiliki 2,94 juta pendengar bulanan di Spotify. Dengan pendengar sebanyak itu, Vernon Cs berhasil menghasilkan pundi-pundi keuangan sebesar US$1,8 miliar. 

8. Bigbang

Selain BLACKPINK, 7 Grup Kpop Ini Raih Pendapatan Terbesar di SpotifyKoreaboo.com

Tetap menjadi ikonik sebagai grup generasi kedua yang masih bersinar, lagu-lagu Big Bang seolah tidak tergantikan oleh siapa pun. Musik yang pernah mereka hasilkan masih banyak didengar oleh penggemar di Spotify. 

Bernaung di YG Entertainment, Big Bang sukses meraih perhatian pendengar sebanyak 2.30 juta setiap bulannya di Spotify. Dari lagu yang didengar di Spotify, Big Bang masih memperoleh keuntungan sebanyak US$930.000 selama 2019 hingga 2020. 

Pantas rasanya jika musik Kpop kini mendominasi di seluruh dunia. Lagu-lagu mereka berhasil diterima oleh berbagai kalangan. Dari sekian banyak grup yang meraih pendapatan terbesar di Spotify, ada yang menjadi favoritmu nggak, Bela?

Baca Juga: Penuh Haru, 'BLACKPINK: Light Up The Sky' Bongkar Sisi Lain Member

Baca Juga: Selain BLACKPINK, Ini 5 Judul Film Dokumenter Artis Idolamu di Netflix

Baca Juga: Calon Miliarder Muda, BTS Masuk Pemegang Saham Terkaya di Korea